Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Video Facebook di Situs WordPress

Facebook adalah salah satu platform media sosial paling populer di web, bersama dengan jutaan pengguna aktif berpartisipasi di dalamnya setiap hari. Karena popularitas dan pengguna yang sangat besar, maka semakin banyak pengguna WordPress menghubungkan situs Web mereka dengan Facebook dengan tujuan mencapai pemasaran melalui Facebook yang sukses untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Seperti contoh dengan menambahkan tombol Facebook, embedding posting Facebook dan menciptakan halaman arau page Facebook khusus.

Pada tutorial ini, saya ingin menunjukkan cara lain untuk mengintegrasikan facebook dengan situs WordPress Anda dengan menambahkan video Facebook ke situs WordPress.

Baca : Cara Menambahkan Login dengan Facebook di WordPress

Memasang Video Facebook di WordPress

Pertama-tama, Anda harus menargetkan video Facebook yang ingin Anda pasang ke situs WordPress Anda, dan copy alamat link-nya.

Kemudian, Anda harus mengunjungi situs facebook disini untuk mengenerate url menjadi script untuk di pasang di WordPress. Anda dapat mempaster di URL Video. Sebelum menghasilkan kode, Anda perlu mengatur lebar video untuk sepenuhnya memenuhi keseluruhan desain halaman web Anda. Kemudian, klik tombol “Get Code”.

cara embed video facebook wordpress

Sekarang, Anda akan melihat jendela pop-up muncul dengan dua kotak kode yang diperlukan untuk dimasukkan ke situs WordPress Anda dengan cara yang berbeda.

code embed video facebook wordpress

1. JavaScript SDK

Coding hal dipamerkan ke dalam kotak pertama perlu disisipkan ke dalam bagian header dari situs Anda tepat setelah pembukaan tag “body”. Di sini, Anda dapat melakukannya melalui dua metode.

Memodifikasi Kode via WordPress Admin

WordPress memberikan banyak kebebasan untuk mengedit file tema Anda. Untuk ini, Anda hanya perlu login ke dashboard WordPress Anda dan klik Appearance » Editor. Kemudian, lihat beberapa link di sebelah kana, Anda harus memilih file header.php dan klik, paste kode setelah tag “body”.

Gunakan Plugin

Jika Anda tidak suka dengan mengedit file website Anda di editor, Anda dapat memilih untuk menggunakan plugin Insert Header and Footer. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin tersebut, Anda hanya perlu masuk ke menu Settings » Insert Header and Footer. Kemudian, masukkan code dari video embed facebook tadi ke dalam bidang kosong “Script in Header”.

2. Embed Code Facebook Video ke WordPress

Kotak kedua dari code yang ditampilkan dapat langsung disisipkan ke posting blog Anda, halaman web dan bahkan widget sidebar, ini merupakan pilihan yang sebaiknya Anda copy. Bahkan, ini bagian dari coding yang juga berisi pengaturan umum dari URL absolute video embed, lebar, serta judul video dan tanggal diposting. Namun, Anda juga dapat menambahkan atribut berikut secara manual ke dalam code tersebut.

  • Jika Anda ingin video Facebook Anda yang akan dipamerkan dalam modus layar penuh, Anda dapat memasukkan baris: data-allowfullscreen = “true”.
  • Jika Anda ingin video otomatis berputar ketika halaman web di buka, Anda dapat memasukkan baris: data-autoplay = “true”.

Catatan khusus

Bagian pertama dari kode yaitu JavaScript SDK hanya dapat disisipkan satu kali saja. Oleh karena itu, pada saat Anda embedding video Facebook, silahkan copy code pada kotak kedua dan taruh code tersebut dibagian posting, halaman ataupun widget dari situs Anda.

Baca : Cara Memasang Komentar Facebook di WordPress

Dua Cara Sederhana Alternatif :

Pilihan 1

Jika Anda melihat video Facebook dengan memasukkan alamat link-nya ke address bar, Anda dapat menemukan tombol “Video Embed”. Setelah mengklik, Anda akan melihat pilihan code yang perlu disisipkan pada setiap lokasi yang Anda inginkan dalam halaman Anda, posting dan sidebar.

Tanpa diragukan lagi, metode ini jauh lebih menghemat waktu daripada sebelumnya, tetapi dapat menyebabkan konsumsi bandwidth lebih ketika loading video.

Pilihan 2

Jika video ini dibagi oleh pengguna Facebook lain tetapi Anda tidak, Anda terlebih dahulu dapat membagikannya ulang pada profil Facebook Anda. Kemudian, Anda hanya perlu menanamkan posting Facebook ini khusus ke situs WordPress Anda.

Kelemahan dari opsi ini adalah bahwa Anda tidak dapat menampilkan video murni pada posting Anda. Juga, metode ini tidak mengizinkan Anda untuk menanamkan video ke dalam sidebar halaman web Anda.

Baca : Cara Pasang Embed Status Facebook pada WordPress

Berikut diatas adalah beberapa cara untuk memasang video embed facebook ke situs WordPress, semoga tutorial diatas bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress AccessPress Store Responsive Free

AccessPress Store adalah Theme WordPress Responsive gratis yang bekerja dengan indah dengan plugin toko...

Alasan Kenapa Harus Gunakan WordPress Versi Terbaru

Wordpress merupakan CMS yang sangat sering melakukan update untuk versi terbaru daripada CMS lainnya....

Close