Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Beberapa blogger baru yang sedang belajar SEO tentu akan mencari beberapa metode SEO yang akan diterapkan pada blog nya agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, salah satunya adalah mencari pengaturan URL yang paling SEO friendly atau ramah terhadap mesin pencari seperti google.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan struktur URL permalink yang paling SEO friendly di WordPress. Jika Anda pengguna baru dan menggunakan WordPress terbaru untuk blog Anda maka secara default URL yang digunakan sudah SEO friendly, berbeda jika Anda menggunakan WordPress versi lama yang struktur permalink masih sangat tidak SEO Friendly. Tapi meskipun begitu saya akan menjelaskan beberapa hal tentang struktur permalink WordPress secara lengkap disini.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Apa yang dimaksud dengan URL SEO Friendly?

Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu URL SEO Friendly sebelum membahas lebih lengkap mengenai permalinks WordPress.

url seo wordpress

URL SEO Friendly adalah URL yang berisikan kata kunci yang menjelaskan isi artikel, dan URL mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari. URL yang cantik atau yang sering kita baca prety link juga meningkatkan kesempatan artikel Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di search engine (mesin pencari).

Contoh URL SEO Friendly:

https://www.centerklik.com/struktur-url-seo-friendly-wordpress/

Sedangkan dibawah ini adalah merupakan contoh dari URL yang sangat tidak SEO Friendly:

https://www.centerklik.com/?p=143

Perlu Anda ketahui bahwa pada versi terbaru WordPress yaitu sejak update  versi 4.2 secara default akan menggunakan struktrur permalinks yang paling SEO friendly yang mengambil URL dari nama judul postingan Anda. Jadi pengguna WordPress terbaru tidak perlu lagi mengatur setingan permalink di WordPress. Memang pada WordPress versi lama dulu secara default tidak menggunakan pengaturan struktur URL yang SEO friendly seperti saat ini, namun diharuskan untuk memilih sendiri pengaturan tersebut.

Baca : Cara Settings SEO by Yoast di Post WordPress

Pengaturan URL Permalinks di WordPress

Di WordPress, pengaturan URL link disebut Permalinks (link permanen). Anda akan melihat beberapa pilihan struktur permalink dan struktur URL yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

struktur url seo friendly permalink wordpress

Untuk masuk ke halaman pengaturan permalink WordPress, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke menu Settings » Permalinks di daerah admin WordPress Anda. Dan Anda akan melihat halaman pengaturan seperti dibawah ini.

  • Plain
    https://www.centerklik.com/?p=123
  • Day and name
    https://www.centerklik.com/2016/01/22/sample-post/
  • Month and name
    http://www.centterklik.com/2016/01/sample-post/
  • Numeric
    https://www.centerklik.com/archives/123
  • Post name
    https://www.centerklik.com/sample-post/
  • Custom Structure
    Pilih Sturktur URL menggunakan tags.

Dan berikut adalah penjelasan lengkap mengenai struktur URL diatas :

Pilihan pertama yang disebut “plain” digunakan sebagai default struktur WordPress URL sebelum versi 4.2. Dan pilihan ini bukanlah merupakan pilihan URL SEO Friendly.

Pilihan “Day and Name” dan “Month and Name”, pilihan ini agak SEO friendly karena memiliki nama post di dalamnya. Namun, dengan adanya tanggal, URL menjadi terlalu panjang. Selain itu jika artikel Anda sudah usang dan ingin Anda update maka dengan merubah tanggal terbaru akan beresiko merubah link dan ini sangat beresiko karena link lama Anda akan mati.

Namun jika blog atau website Anda adalah situs berita atau yang mengupdate konten secara berkala, maka menggunakan salah satu dari kedua pengaturan ini adalah pilihan yang baik, karena dengan menunjukkan tanggal di URL Anda itu akan memberitahu penggunjung bahwa artikel Anda baru dan ini tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Pilihan “Post Name” adalah pilihan yang paling SEO friendly karena URL terlihat pendek dan cantik. Dan ini adalah struktur URL yang digunakan oleh centerklik.

Dulu Centerklik menggunakan struktur permalink kustom yang menambahkan nama kategori bersama dengan nama post dalam URL. Dan ini dahulu memang pilihan URL terbaik, namun setelah berkembangnya WordPress membawa pengaturan default permalink “Post Name” itu berarti ini adalah setingan terbaik untuk URL yang SEO friendly dan saya menggantinya karena URL dengan memasukkan kategori terlihat tidak bagus dan terlalu panjang.

Membuat Struktur URL Kustom dengan Tags

Dibawah ini adalah beberapa tags yang bisa Anda gunakan untuk pengaturan permalink blog Anda, Namun pilihan terbaik tetap seperti yang sudah saya jelaskan diatas yaitu cukup menggunakan “Post name”. Namun jika Anda ingin melakukan kustom URL Anda bisa menggunakan daftar tags resmi dari WordPress seperti dibawah ini :

  • %year% – Menampilkan tahun, 4 digit, contoh 2016.
  • %monthnum% – Menampilkan bulan, contoh 05
  • %day% – Menampilkan tanggal, contoh 28
  • %hour% – Menampilkan jam, contoh 15
  • %minute% – Menampilkan menit, contoh 43
  • %second% – Menampilkan detik, contoh 33
  • %postname% – Menampilkan judul post (post slug )
  • %post_id% – Menampilkan ID unik dari post, contoh 423
  • %category% – Menampilkan nama (category slug).
  • %author% – Menampilkan nama author.

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan struktur URL di WordPress, jangan lupa untuk mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan konfigurasi yang sudah Anda pilih. Dan sekarang URL Anda sudah berubah menjadi URL sesuai dengan struktur yang Anda pilih.

Peringatan:

Jangan mengganti URL Anda jika sudah dalam keadaan SEO Friendly untuk diganti menjadi kustom, karena hal tersebut akan menjadikan Anda kehilangan peringkat pencarian. Namun jika hal tersebut sangat harus dilakukan Anda harus melakukan redirect ke URL yang tepat. Dan jika artikel Anda saling terhubung dengan artikel lain dalam postingan maka Anda juga harus menggantinya. Anda bisa mengganti URL dalam post, halaman, dan gambar secara bersamaan dengan plugin Velvet Blues. Untuk cara penggunaanya dapat Anda baca di artikel Cara Merubah URL Link Konten WordPress Dengan Cepat dan jangan lupa untuk menginstall plugin 301 Redirect agar URL otomatis di arahkan ke URL terbaru.

Diatas adalah penggunaan format URL yang saya sarankan dan SEO Friendly, dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • bahrudin

    thanks bro

  • Abas

    kalau ada bulan tahun bagus gak, saya mesti pake bulan tahun. html soalnya baru pindah hosting dari blogger ke wordpres self hosting untuk mengurangi error not found bagaimana menurut admin center clik ?

    • nggak apa”gan gunain bulan tahun, nyesuain settingan di awal aja daripada kena not found url yang dah ke index.

  • heri

    saya maunya kaya gini nih
    /%category%/%postname%/

    tapi dari awal saya udah terlanjur make yang ini:
    /%postname%/
    nah permalink itukan semua udah nyakut di google kalo misalkan saya rubah permalink nanti semua postingan saya ikut berubah dong ?
    nanti di googlewrbmaster malah banyak yang 404?

    • ya tetep gunain yang awal aja gan. /%postname%/ itu juga dah SEO Friendly.

  • Buat juga sub kategori di menu post kategori. misal kategori CMS, bikin sub kategori WordPress. Nanti akan muncul URL sperti centerklik

Must Read...!
Theme WordPress Boston Responsive Free

Boston adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mengusung desain minimalis elegan yang dirancang untuk...

Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster Tools

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan...

Close