How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memilih Font Tepat Untuk Website Bisnis Anda

Memilih font untuk header dan font untuk body dengan tepat benar-benar penting bagi keseluruhan desain website bisnis anda. Meskipun tipografi sering diabaikan, namun memilih jenis huruf yang tepat dapat membuat perbedaan besar untuk kinerja halaman web. Memilih font yang sesuai secara substansial akan meningkatkan daya tarik website dan akan menarik lebih banyak pelanggan anda.

Mengapa Memilih Font itu Penting?

Dalam bisnis online anda tentunya selain memaparkan gambar anda juga menyajikan tulisan, maka dari itu pemilihan font yang tepat adalah keharusan. Berikut beberapa alasan kenapa Font begitu penting untuk situs anda :

  • Dapat mempengaruhi merek
  • Refleks pada pembacaan yang baik
  • Menarik pengunjung
  • Memperkuat pengalaman pengguna
  • Membantu navigasi situs
  • Memastikan keamanan web dan visibilitas di semua browser dan perangkat

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa pedoman umum memilih jenis huruf yang tepat untuk setiap website profesional:

Baca : Cara Memasang google fonts di wordpress

1. Keterbacaan

Tidak ada gunanya dalam menciptakan konten yang besar jika tidak dapat dengan mudah dikonsumsi oleh pengunjung situs anda. Sebuah tipografi yang terpilih dengan baik adalah salah satu langkah paling penting dalam arah ini. Pastikan font yang anda pilih cukup terbaca. Semakin sederhana semakin baik.

Font Rumit mungkin terlihat lebih menarik dan elegan tapi font dengan model seperti itu tidak cocok untuk dipasang dibagian body, pilihlah font yang sederhana tapi mudah untuk dibaca akan menjadi langkah bijaksana untuk mengesankan dan mempertahankan pengunjung anda berlama-lama di situs anda. Hindari naskah atau tipografi dekoratif jika anda tidak ingin pengunjung anda segera meninggalkan situs anda.

Untuk pemilihan ukuran font, banyak situs memilih font dalam kisaran 10px – 12px. Untuk mencapai pembacaan yang optimal dengan menggunakan ukuran font minimal 14px- 16px lebih dianjurkan. Ketika anda ingin memutuskan berapa ukuran font untuk judul anda, pilihlah ukuran yang besar dan jelas, hal itu untuk membedakan antar judul dan isi.

2. Kombinasi

Sebagian besar desainer profesional menggunakan dua tipografi: satu untuk bagian body dan satu Title atau judul. Alasan menggunakan lebih dari satu adalah agar menghindari kesan monoton dan meningkatkan efek visual tetapi juga untuk meningkatkan hirarki konten dan membuatnya lebih jelas. Meskipun jumlah font yang dipilih itu terserah anda, tapi alangkah baiknya jika anda cukup menggunakan dua atau tiga font.

Ketika mengambil sepasang font, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah bagaimana kedua font bekerja sama. “Apakah mereka cukup mirip?”, “Mungkin terlalu mirip?”, “Apakah mereka bentrok?”, “Apakah mereka terlalu berbeda?”, “Apakah mereka saling melengkapi?”. Coba mereka semua jika diperlukan dan mengeksplorasi semua alternatif yang mungkin. Itulah cara yang paling efektif untuk mengetahui kombinasi yang paling kuat untuk halaman Web Anda.

Sebuah contoh yang baik adalah memilih Strong Sans-Serif untuk judul utama, dan Serif sederhana untuk lainnya. itu adalah cara sederhana dan terlihat melengkapi.

3. Familiar dengan Font Utama

Ada empat kategori utama font yang perlu Anda ketahui:

Serif Font : Font ini datang dengan tanda garis kecil yang menghiasi ujungnya. Font Serif dapat digunakan untuk blok yang lebih besar dari body. Font ini mempunyai karakter yang lebih jelas dan lebih mudah dibaca di layar. Font Serif memberikan tampilan yang lebih formal, berkelas dan konservatif. Font Serif baik digunakan untuk pers tradisional, buku cetak, majalah dan surat kabar. Contoh Font Serif adalah seperti Time new Roman, Georgia.

Font sans-serif : Font ini sederhana dan mudah, Font ini merupakan bagian dari Serif Font, namun dengan namanya terdapat San yang artinya adalah tanpa, maka Font sans-serif ini tidak memiliki garis kecil di ujunga huruf. Font juga dapat digunakan untuk blok yang lebih besar dari body. Untuk Font ini terlihat lebih modern, mereka dianggap sebagai lebih informal, rapi dan menyenangkan. Tidak ada keraguan Font Sans-serif biasanya digunakan untuk headline koran digital, blog dan konten text situs.

font serif sans serifFont Dekoratif : Font ini biasanya bertujuan untuk digunakan sebagai judul dan headline, dan kadang-kadang juga digunakan untuk sejumlah kecil teks yang perlu untuk terlihat dan menarik perhatian. Memberikan perasaan penting, aksen dan orisinalitas, font dekoratif sempurna dan cocok untuk kartu ucapan, logo dan poster.

Script Fonts : Font ini seperti tulisan tangan dan sebagian besar digunakan dalam undangan resmi, kutipan, logo, judul. Pilihan untuk menyorot teks tetapi sulit untuk dibaca jika disampaikan dalam jumlah besar. Script font menyampaikan sikap pribadi, kreatif dan artistik.

Infographic ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas dari perasaan umum bahwa font yang berbeda digunakan untuk membangkitkan dalam pengguna:

font for business
 Tips Bermanfaat:

  • Ketika memilih font untuk teks bagian body, biasanya yang terbaik adalah dengan memilih font Serif atau Font Sans-serif.
  • Menurut beberapa ahli tipografi font sans-serif lebih baik untuk di baca di media online karena kualitas resolusi layar lebih buruk daripada untuk media cetak. Dengan perbaikan yang cepat dari teknologi digital, Serif font menjadi lebih mudah dibaca dalam format digital.
  • Setelah anda memutuskan pilihan terbaik untuk font website anda. Pilih satu warna untuk teks bagian body dan tetap konsisten. Menggunakan beberapa warna teks terlihat amatir dan tidak cukup profesional. Semakin tinggi warna kontras, text akan lebih terlihat. Memilih jenis warna hitam pada background putih atau berwarna merupakan salah satu solusi yang harus dicoba.
  • Jarak yang tepat antara huruf sangat penting untuk pengunjung anda dapat membaca konten dengan lancar dan jelas.
  • Dan selalu ingatlah bahwa versi browser terbaru yang terus berubah aturan. Demi keamanan, pilihlah font yang telah terbukti bekerja dengan baik di semua browser.

Memilih font yang menekankan konten terbaik dan menghormati identitas merek anda bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini lebih dari insting dan tidak ada formula rahasia untuk membuat pilihan yang tepat. Itu semua tergantung pada perasaan umum desain anda, bagaimana anda menyajikan konten kepada pengunjung anda dan diterima baik oleh pengunjung adalah merupakan kesuksesan dari situs bisnis anda.

Baca : Font Terbaik untuk Web Design

Bagaimana memilih font yang tepat untuk Brand atau Merek Anda

Sebelumnya saya sudah membagikan kepada Anda begitu banyak daftar font yang dgunakan oleh brand atau merek terkenal. Kali ini saya akan memberikan sedikit daftar font yang harus Anda coba untuk memperkuat merek atau brand Anda.

Dengan memilih font yang tepat maka akan memberikan efek yang bagus dan akan membentuk cara merek Anda berkomunikasi secara visual. Disini saya akan membagikan sekitar 10 kombinasi font unik untuk membantu memberi Anda sedikit inspirasi ketika memulai membuat dan membangun merek Anda.

01. League Spartan

League Spartan adalah jenis huruf modern dengan struktur yang kuat dan bentuk geometris. Ini kontras dengan gaya elegan dan lebih tradisional dari Libre Baskerville. Menggunakan serif untuk salinan body akan membuat informasi yang lebih padat dan mudah dibaca.

02. Julius Sans One

Julius Sans One menawarkan stroke yang bagus, baseline yang lebih luas membuatnya menjadi tampilan font yang hebat. Dengan berat yang sama, Josefin Sans adalah pilihan komplementer untuk salinan body. Sebagai kontras adalah kunci untuk memilih kombinasi jenis, League Gothic menciptakan pemisah yang kuat untuk dua bagian.

03. Archivo Black

Jenis huruf tebal dan bulat yang dikombinasikan dengan gaya yang lebih ringan dan padat akan membuat pasangan font yang menyenangkan. Font ketiga dalam contoh ini kuat, maskulin dan mudah dibaca.

04. Libre Baskerville

Jangan takut untuk menggunakan satu jenis huruf di seluruh merek Anda. Menemukan font seperti Libre Baskerville yang memiliki varian gaya adalah cara cerdas untuk menciptakan nuansa tanpa menyulitkan desain Anda.

05. Bebas Neue

Bebas Neue sudah lama menjadi favorit di bidang desain. Bentuknya yang kental dan bersih membuatnya sangat bagus untuk digunakan sebagai judul. Perbandingan bulat Bebas ke Montserrat membuat pasangan menjadi rapi dan kontemporer.

06. Lora

Lora memiliki lengkungan yang disulam sehingga menjadi jenis huruf yang sangat elegan dan canggih. Efek penggunaan togther italic dan reguler menawan dan feminin.

07. Roboto Condensed

Roboto Condensed adalah jenis huruf sans serif dengan ritme membaca yang lebih mirip dengan serif, oleh karena itu pilihan yang tepat untuk body copy serta judul.

08. Cooper Hewitt Bold

Dengan lengkungan dan lengkungan yang kuat, Cooper Hewitt adalah jenis huruf klasik dengan variasi yang sangat baik untuk digunakan untuk memisahkan judul Anda, subpos dan body copy dengan baik.

09. Playfair Display

Playfair Display adalah jenis huruf yang sangat baik untuk digunakan pada desain pernikahan atau undangan. Gaya Playfair Display Black offset dengan indah melawan Playfair Display Italic, menciptakan hirarki yang harmonis.

10. Norwester

Norwester adalah font yang menjadi perhatian, font geometrik yang paling baik digunakan untuk judul. Pasangan Norwester, Kollektif, dan Montserrat terstruktur, berani dan tersusun dengan baik.

Baca : 30+ Font Sans Serif Terbaik Untuk Heading Website

Dan itulah panduan lengkap cara memilih font yang tepat untuk website bisnis dan juga merek bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan semoga bisnis Anda berkembang dan sukses.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress iTheme2 Responsive Free

iTheme2 adalah theme wordpress responsive gratis, ini adalah theme yang dirubah dari iTheme yang...

5 Manfaat Backlink untuk Meningkatkan SEO

Backlink berkualitas tinggi adalah bagian utama dari algoritma Google dan backlink juga akan terus...

Close