Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mengembalikan Password WordPress [Localhost]

Jika Anda ingin belajar menggunakan WordPress tapi belum siap dengan situs website Anda dan juga masih ingin belajar WordPress, maka Anda tidak perlu harus menyewa layanan hosting terlebih dahulu tapi Anda bisa mencobanya di komputer lokal Anda dengan bantuan software untuk server web local seperti XAMPP atau WAMP. Anda bisa mendownloadnya secara gratis disini. Server web local tersebut dapat Anda install di berbagai OS baik windows, linux maupun MacOS.

ganti-password-wordpress

Namun, pada tutorial WordPress kali ini saya tidak akan membahas bagaimana menginstall WordPress di localhost menggunakan xampp, karena sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yang Anda bisa baca di » Cara Install WordPress di Localhost.

Tutorial WordPress kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan atau recovery password login wordpress Anda untuk yang di install secara Offline atau mengembalikan password WordPress di localhost, Jika anda lupa password di wordpress di server yang sudah online maka Anda dapat mengembalikan password tersebut dengan sangat mudah, yaitu dengan hanya klik URL Lost Your Password? yang berada dibawah kolol login dan memasukkan email admin kita maka reset password Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan untuk website WordPress Anda, tapi kalo di localhost atau WordPress offline bagaimana?

Baca : Cara Perbaiki Error Database Connections WordPress

Kenapa Password Reset Tidak Bekerja di Localhost?

Localhost adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah server lokal yang yang hanya bisa Anda lihat sendiri pada jaringan lokal, yang berarti pengguna lain yang terhubung dengan internet belum bisa mengakses situs Anda.

Jika Anda lupa password admin WordPress Anda di localhost, maka Anda tidak dapat menyetel atau mereset ulang password Anda menggunakan pilihan yang di berikan WordPress yaitu reset password.

Reset password menggunakan email Anda untuk mengirimkan link untuk mereset password WordPress. Karena WordPress Anda masih berada pada server lokal, maka WordPress tidak dapat mengirim email karena server perlu mengaktifkan fungsi mail. Dan fungsi mail ini dimatikan secara default pada server lokal yang berarti WordPress tidak akan dapat mengirim email reset password ke alamat email Anda.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karea ada cara untuk mereset password WordPress Anda pada localhost seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Berikut Cara Recovery Password WordPress Localhost :

1. Akses database WordPress Anda dengan ketik url localhost/phpmyadmin

2. Cari nama database anda yang berada di sebelah kiri dari halaman phpmyadmin.

3. klik _users dan cari login Anda, jika sudah ketemu silahkan klik edit seperti dibawah ini

recovery password wordpress offline1

*perhatikan yang dibulati merah diatas dibagian user pass, itulah yang harus Anda edit. Semisal Anda ingin mereset password Anda dengan “admin” juga dan setelah itu pada bagian Function anda pilih MD5 ketikkan admin disebelah kolom MD5.

recovery password wordpress offline2

Jika sudah langsung klik Go, Setelah itu cobalah untuk mengakses halaman Admin WordPress Anda lagi, dan ketikkan user dan password dengan user admin dan password admin. Maka sekarang Anda sudah bisa login ke akun localhost Anda lagi.

Diatas adalah panduan mudah tentang cara mengembalikan password wordpress offline atau di localhost, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan Anda bisa mulai bekerja dengan WordPress di server local Anda. Selamat mencoba 🙂

Baca : Cara Menghapus URL Lost Your Password Login WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • rara indria

    mas saya mau login wordpress tapi saya lupa username, email ataupun passwordnya.
    parahnya lagi password untuk email dari blog saya juga saya lupa. jadi yg saya tau hanya email saya.
    kira-kira gimana caranya balikin lagi ya mas? makasih

    • kalo gunain self hosting agan bisa gunain cara diatas. masuk aja ke cpanel dan phpymadmin nya gan. kalo lupa juga password cpanel ya g tau deh. 🙂

Must Read...!
Cara Memasang Sertifikat SSL dan HTTPS di cPanel dan WordPress

Saat Anda mengunjungi situs website dan melihat URL website tersebut terdapat icon gembok berwarna...

Theme WordPress Store Villa Responsive Free

Store Villa adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk situs Wordpress eCommerce...

Close