Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress

Blog atau website yang mempunyai kecepatan lebih baik akan memberikan pengalaman pengguna yang baik juga, dengan memiliki blog yang dimuat atau mempunyai loading sangat cepat juga menjadikan situs Anda memiliki peringkat lebih baik di hasil pencarian karena google sangat mencintai situs web yang cepat saat dimuat, hal ini berarti bahwa juga dapat mengakibatkan situs web Anda lebih SEO friendly.

wp rocket cache plugin wordpress

Ada banyak cara untuk menjadikan situs WordPress Anda memiliki kecepatan yang baik seperti menggunakan layanan hosting terbaik, menggunakan layanan CDN (Content Delivery Network) dan juga melakukan banyak optimasi lain. Pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap dan khusus untuk menjadikan situs WordPress memuat lebih cepat dengan membuat caching dengan bantuan plugin cache WP-Rocket.

Saat Anda memiliki blog dengan konten sedikit mungkin tidak begitu terasa berat saat di akses, namun jika blog Anda semakin hari semakin berkembang dengan banyak konten dan banyaknya pengunjung, maka Anda akan merasa situs Anda dimuat sangat lambat dan Anda perlu untuk mencari cara membuat situs Anda mempunyai kecepatan yang lebih baik Agar pengunjung Anda merasa betah dan tidak meninggalkan situs Anda karena lambat. Bagi Anda pengguna  WordPress, Anda akan menemukan banyak solusi untuk mempercepat situs WordPress, salah satunya yaitu dengan menciptakan caching untuk file statis di web WordPress Anda. Dengan adanya cache, ketika pengguna mengakses website atau postingan akan dilayani langsung dari folder cache. Ini menghemat banyak sumber daya dalam hal menjalankan semua pertanyaan PHP dan mengakses database Anda. Melayani post dari cache akan membuat beban blog dan postingan Anda dimuat lebih cepat daripada tanpa situs yang tidak menggunakan cache. Banyak plugin cahce WordPress yang bisa Anda temukan, salah satunya adalah WP-Rocket.

Baca : 5 Plugin Lazy Load Terbaik Untuk Mempercepat Situs WordPress

Apa itu WP-Rocket?

Di artikel ini saya tidak akan menjelaskan terlalu detail tentang aspek teknis mengenai caching , tapi bagi pengguna WordPress memiliki plugin cache pada blog WordPress Anda adalah penting. WP-Rocket adalah plugin caching WordPress berbayar (premium) yang dapat membantu mempercepat situs WordPress dengan mengurangi beban HTML, JavaScript dan CSS file Anda, plugin ini juga datang dengan berbagai macam fitur penting yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terbilang murah. Perlu Anda ketahui bahwa situs-situs besar seperti facebook, youtube dan situs-situs besar lainnya juga menggunakan tehnik seperti ini agar situs mereka di muat lebih cepat oleh pengguna.

Saat ini di library WordPress plugin terdapat berbagai macam plugin Cache baik gratis maupun berbayar, Namun disini saya akan membantu Anda untuk memilih yang paling tepat untuk menghemat Waktu Anda dalam melakukan pencarian dan uji coba. Memang yang saya tawarkan disini adalah plugin berbayar, namun plugin ini akan sesuai dengan harga yang Anda bayar, plugin ini akan membuat blog WordPress Anda sangat dioptimalkan untuk kecepatan dan kinerja.

features wp rocket

Ada plugin cache gratis yang paling populer di libary plugin WordPress yaitu Plugin W3Total Cache yang juga mulai menawarkan fitur Pro / dukungan yang menawarkan banyak fitur unggulan. Meskipun WP-Rocket tidak datang sebagai plugin gratis untuk menarik pengguna, tentu WP-Rocket mempunyai alasan tersendiri kenapa berani meluncurkan plugin cache langsung dengan versi premium. Karena memang plugin WP-Rocket jauh lebih unggul daripada plugin-plugin cache lain seperti W3 Total Cahce, WP Super Cache, Quick Cache, Hyper Cache dan WP Fastest Cache. Berikut dibawah ini adalah Screenshot perbandingan fitur yang dapat Anda dapatkan dari Wp-Rocket dengan plugin Cache populer lainnya.

Dengan melihat gambar diatas, Anda bisa melihat begitu banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan plugin WP-Rocket, dengan banyaknya fitur unggulan seperti itulah WP-Rocket berani muncul sebagai plugin premium. Dan Anda bisa membandingkan dengan plugin cache lain untuk halaman pengaturan, jika Anda pernah menggunakan W3 Total Cache atau plugin lain, Anda akan terkejut bahwa pengaturan WP-Rocket sangat mudah dan sederhana. Bahkan saya mengira dengan begitu banyak fitur yang dibawa pasti akan rumit dalam hal settings plugin, tapi ternyata begitu mudah, bagi pemula tanpa pengetahuan teknis lebih pun pasti akan mudah dalam menggunakan plugin ini.

Sebelumnya saya adalah pengguna plugin cache W3 Total Cahce dan sekarang saya beralih untuk menggunakan WP-Rocket, dan memang terbukti plugin ini memberikan banyak sekali keunggulan daripada plugin cache lain yang pernah saya coba. Selain itu kenapa WP-Rocket layak Anda bayar adalah karena memang plugin ini menawarkan kinerja yang lebih baik daripada plugin cache gratis lainnya, Dukungan dan update juga tentu akan menjadikan Anda mudah jika suatu saat atau mengalami masalah dengan situs Anda yang disebabkan oleh plugin ini.

Harga dari plugin Cache WP-Rocket ini di bagi menjadi 3 paket.

  • Personal (1 Site) : $39
  • Business (3 Sites) : $99
  • Pro (Unlimited Sites) : $199

Harga setiap paket di atas adalah untuk 1 tahun update dan dukungan, dan Anda tidak perlu khawatir jika setelah melakukan pembelian lalu melakukan percobaan tidak merasa puas, Anda bisa meminta uang Anda secara penuh karena WP-Rocket memberikan jaminan 30 hari uang kembali, dan plugin ini sudah digunakan oleh ratusan ribu pengguna dengan rasa puas. Saat menggunakan plugin ini Anda akan benar-benar di bantu oleh team support jika mengalami kesulitan atau masalah, mereka benar-benar membantu dengan cepat saat Anda membutuhkan mereka. Anda bisa meminta bantuan melalui open ticket, live chat dan juga sambungan telepon.

Cara Menggunakan WP-Rocket Plugin

Untuk menggunakan plugin ini karena WP-Rocket adalah premium, Anda diharuskan untuk membeli terlebih dahulu plugin ini. Anda harus mengunjungi situs WP-Rocket disini : http://wp-rocket.me

wp-rocket download

Silahkan klik tombol “Buy it Now” dan pilih paket harga yang Anda inginkan. Dalam contoh ini saya akan membeli WP-Rocket untuk paket “Personal” dengan harga $39 / tahun dan lakukan pembelian dengan mengisi informasi pada billing dan melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan, Anda bisa membeli plugin ini dengan metode pembayaran Paypal atau kartu kredit. Setelah membeli plugin ini Anda akan mendapatkan email yang berisikan username dan password untuk Anda gunakan masuk ke akun WP-Rocket dan mendownload plugin yang sudah Anda beli. Berikut tampilan dashboard akun Anda dan klik “Download WP Rocket”.

login akun wp-rocket

Sekarang silahkan login ke Admin WordPress Anda dan install plugin yang sudah Anda donwload dan aktifkan plugin WP-Rocket, jika Anda belum paham tentang cara install plugin Anda bisa melihat panduan di artikel saya (Panduan lengkap cara install plugin WordPress). Setelah plugin Anda aktifkan akan muncul menu baru bernama “WP-Rocket”.

Silahkan masuk ke menu Settings » WP-Rocket untuk melakukan pengaturan, Anda akan melihat beberapa menu tab yang terdiri : “Basic Options”, “Advanced Options”, “Database”, “Preload”, “CDN”, “Varnish”, “Tools”, “FAQ”.

basic options wp rocket

Klik menu tab “Basic Options” dan Anda bisa mencentang “Lazyload : Images”, namun jika Anda tidak ingin menggunakan pilihan ini, Anda tidak perlu mencentangnya. Dan langsung ke pengaturan “File optimisations” dan centang semua pilihan seperti (HTML, Google Fonts, CSS, dan JS). Selanjutnya centang pada pilihan “Mobile cache”, dibagian bawah juga terdapat pengaturan untuk jadwal pembersihan cache “Clear cache” Anda bisa mengaturnya dalam jam, hari, minggu atau bulan, dalam pengaturan saya merubah 7 days. Lihat gambar diatas seperti pengaturan yang saya gunakan.

advanced option wp-rocket

Klik menu tab “Advanced Options”, pada pengaturan ini memang agak rumit bagi pemula. Anda bisa melewati pengaturan ini. Sebagai contoh karena saya menggunakan font dari library google. Maka saya mengisi DNS dengan //fonts.googleapis.com. Pada pengisian DNS ini, Anda bisa menambahkan dengan meletakkan alamat dibawahnya dan tanpa menyertakan http: seperti pada intruksi yang sudah dituliskan dibawahnya.

database wp rocket

Klik menu tab “Database” pada pengaturan ini Anda bisa mencentang beberapa pengaturan sesuai dengan keinginan Anda, atau Anda bisa melihat pengaturan seperti yang saya lakukan seperti pada gambar diatas, pada pengaturan ini juga terdapat pengaturan untuk jadwal optimasi database secara otomatis seperti pada pengaturan di tab “Basic Options”. Dengan menggunakan plugin WP-Rocket ini, Anda juga tidak perlu menginstall plugin WP Optimize untuk mengoptimalkan database Anda, karena plugin ini sudah membawa fitur untuk optimasi database sendiri yang fungsinya sama.

Klik menu tab “CDN” jika Anda menggunakan layanan CDN (Content Delivery Network), jika tidak Anda bisa melewati pengaturan ini. Jika Anda ingin menggunakan layanan CDN, Anda bisa melihat artikel saya tentang 10 daftar layanan CDN (Content Delivery Networks) terbaik.

Klik menu tab “FAQ” untuk melihat berbagai macam pertanyaan dan jawaban yang paling sering ditanyakan oleh pengguna WP-Rocket. Anda bisa membaca banyak panduan melalui menu tersebut. Atau Anda bisa mengunjungi situs resminya dan melihat dibagian dokumen lengkapnya untuk melihat berbagai macam tips dan pemecahan masalah saat menggunakan plugin ini, kunjungi http://docs.wp-rocket.me/.

Jika semua pengaturan sudah selesai Anda buat, sekarang saatnya untuk menyimpan hasil konfigurasi tersebut dengan klik menu “Save Settings”. Dan Anda bisa mencoba untuk mengakses situs Anda lagi dan melihat hasilnya. Meskipun tanpa pengaturan seperti diatas, saat Anda mengaktifkan plugin WP-Rocket maka otomatis akan bekerja untuk meringankan beban situs WordPress Anda. Tapi untuk hasil maksimal Anda bisa mencoba untuk melakukan pengaturan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Baca : Daftar Hosting Terbaik dan Tercepat untuk WordPress 2016

Diatas adalah artikel lengkap tentang WP-Rocket dan cara melakukan konfigurasi plugin cache WP-Rocket yang bisa Anda coba, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Reza Purnama

    Saya udah membeli untuk personal dan memang wow hasilnya. Cuma lazy load saya uncheck karena gak cocok dengan menu home saya yg ada plugin Rev Slider nya,lebih berat malah gan, tapi selebihnya mantap, tq saran nya kemarin lewat email gan

  • Syatama Ginola

    Ada efek sampingnya ga Om?

    Saya udah coba di blog saya memang jadi kenceng banget, tapi blm tau apa ada efek negatifnya apa ngga.

Must Read...!
Theme WordPress Sauron Responsive Free

Sauron adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang serbaguna. Tema Wordpress ini SEO friendly dan...

Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New]

Artikel ini adalah pembaharuan atau update dari artikel Yoast yang ada di centerklik yang...

Close