Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tutorial Membuat Website Multibahasa dengan Polylang

Apakah Anda ingin menerjemahkan situs WordPress Anda dalam berbagai bahasa, atau istilahnya membuat situs wordpress anda multibahasa? Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara mudah membuat situs WordPress multibahasa.

Dengan tutorial ini Anda tidak perlu men-setup multi site atau menginstall WordPress terpisah untuk setiap bahasa. Anda akan dapat dengan mudah menerjemahkan posting WordPress, halaman, tag, kategori, dan tema dalam banyak bahasa yang Anda inginkan.

Baca : Cara Membuat Website Multibahasa WordPress

Ada dua cara umum yang biasa dilakukan pemilik situs multibahasa WordPress untuk menerjemahkan situs.

Cara pertama : adalah memungkinkan Anda untuk secara manual menerjemahkan semua konten ke dalam berbagai bahasa.

Cara kedua : adalah tidak benar-benar membuat situs multibahasa, tetapi menambah terjemahan konten yang ada dengan menggunakan layanan Google Translate.

Mana yang lebih baik? tentunya dengan membuat multibahasa dengan cara manual akan menghasilkan situs yang lebih profesional, dengan terjemahan yang tepat. Tapi untuk pilihan kedua juga sah untuk anda gunakan jika anda lebih mementingkan praktis. Dan wordpress memang memungkinkan bagi anda untuk melakukan keduanya. Tapi khusus pada artikel ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat website multibahasa yang manual, jika anda ingin menggunakan Google Translate, anda bisa membaca artikel dibawah ini.

Baca : Cara memasang Google Translate di WordPress

Membuat Website Multibahasa

Untuk memulai, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Polylang. Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Menu settings » Language untuk mengkonfigurasi plugin.

seting polylang mltibahasa

Halaman pengaturan bahasa dibagi menjadi tiga tab. Tab pertama berlabel ‘Language‘. Ini adalah di mana Anda dapat menambahkan bahasa yang ingin Anda gunakan di situs Anda.

Disini anda perlu menambahkan bahasa standar, serta menambahkan semua bahasa lain untuk pengguna, tambahkan sesuai dengan kebutuhan anda. Tapi dalam contoh ini saya hanya menambahkan dua bahasa, yaitu bahasa indonesia dan english.

Setelah menambahkan bahasa, beralih ke tab ‘Strings Translations‘. Di sini Anda bisa menerjemahkan judul situs, deskripsi, dan kemudian memilih format tanggal dan waktu.

Langkah terakhir dalam konfigurasi tab Settings. Ini adalah di mana Anda dapat memilih bahasa default untuk situs Anda dan pengaturan teknis lainnya.

seting polylang mltibahasa

Bagi anda yang masih pemula dalam wordpress, sebaiknya tidak mengubah URL, jadi pilih opsi pertama. Mengapa? Karena jika Anda suatu saat menghapus plugin ini, maka semua link tersebut akan rusak.

Tapi Bagi anda yang mencari keuntungan penuh dari SEO untuk situs multi-bahasa, maka saya sarankan Anda memilih pilihan kedua untuk permalink yang cantik seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, agar lebih disukai oleh search engine.

Anda harus memilih opsi untuk mendeteksi bahasa pilihan browser, dan secara otomatis menunjukkan kepada mereka konten dalam bahasa pilihan mereka. Dengan melakukan ini, pengguna akan melihat konten dalam bahasa pilihan mereka dan dapat beralih bahasa jika diperlukan.

Setelah Anda selesai, klik pada tombol save changes untuk menyimpan pengaturan Anda.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Menambahkan Konten multibahasa di WordPress

Plugin Polylang membuat pengguna yang menginginkan situs mereka menjadi multi bahasa yang super mudah untuk menambahkan konten dalam bahasa yang berbeda. Cukup membuat posting baru / halaman atau mengedit yang sudah ada. Maka anda akan melihat meta box bahasa pada sebelah kanan.

artikel multibahasa indonesia

Bahasa default Anda secara otomatis akan dipilih, sehingga Anda pertama dapat menambahkan konten dalam bahasa default Anda, dan kemudian menerjemahkannya ke bahasa lain.

Untuk menerjemahkan, Anda hanya perlu untuk mengklik pada tombol + di samping icon bendera dan kemudian menambahkan konten untuk bahasa tersebut.

artikel multibahasa english

Ulangi proses untuk semua bahasa. Setelah Anda selesai, Anda dapat mempublikasikan artikel post maupun halaman yang sudah anda terjemahkan.

Catatan : Polylang dapat bekerja dengan jenis posting kustom, jadi dengan plugin ini anda dapat membuat multibahasa pada toko online woocommerce Anda.

Menerjemahkan Kategori, Tag, dan Taksonomi

Anda juga dapat menerjemahkan kategori dan tag, atau taksonomi kustom yang anda gunakan.

Jika Anda ingin menerjemahkan kategori, silahkan masuk ke Post » Category.

terjemahkan categories-tags

Menambahkan kategori dalam bahasa default Anda dan kemudian klik pada icon plus untuk setiap bahasa untuk mulai menambahkan terjemahan.

Menampilkan Multi Language Switcher di Situs WordPress Anda

Menambahkan switcher bahasa berguna untuk pengguna memilih bahasa ketika melihat situs Anda. Silahkan masuk ke menu Appearance » Widget dan menambahkan widget switcher language pada sidebar atau pada area widget yang tersedia.

sidebar switcher plylang

Anda dapat memilih drop down, atau menampilkan nama bahasa dan bendera. Setelah Anda selesai, klik tombol save untuk menyimpan pengaturan widget Anda.

Sekarang Anda dapat melihat situs Anda sudah menjadi multibahasa, dan untuk perbedaan bahasa, anda bisa memilih di menu dropdown atau klik pada bahasa. Berikut hasil dari percobaan yang saya lakukan.

multibahasa indonesia wordpressKonten dalam bahasa indonesia

multibahasa english wordpress

Konten dalam bahasa inggris

Berikut adalah tutorial dalam membuat situs multibahasa dengan wordpress, silahkan anda coba dan semoga bermanfaat. 🙂

Baca : 25 Font Web Terbaik dari Google Font & @Font-face

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Myanimesong

    min, kalo boleh minta tolong ya.. gimana sih cara bikin menu disamping… contohnya kaya freenom*com menunya disamping kiri, kalo di sentuh pake mouse baru kebuka menunya.. bingung mau buat kaya gitu.!!

    dan juga makasih banyak untuk blog ini, saya blajar bnyak dari blog ini…
    Thanks.!!

    • untuk membuat menu kayak gtu di tambahin jquery gan, cari aja seacrh di google menu jquery show hide on mouseover. mirip kayak menu di centerklik di atas. cuman itu pakek on mous click. Pelajari aja jquery klo dah paham trs di aplikasikan ke situs agan.

  • tergantung gan, hosting yang agan gunain bagus atau egk. selama konten yang dimuat tidak banyak dan optimasi untuk kecepatan situs juga bagus maka tidak akan lemot. klo hosting buruk meskipun konten sedikit juga bakal berat.

Must Read...!
Theme WordPress NewsPress Responsive Free

NewsPress adalah Theme wordpress responsive gratis, ini adalah tema Wordpress yang bagus untuk situs-situs...

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Ada beberapa kisah sukses blogger yang menakjubkan dan kaya...

Close