Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Apa dan Bagaimana Menggunakan Plugin Akismet?

Apa dan Bagaimana Menggunakan Plugin Akismet?. Saat kita mempunyai situs blog atau website dan mengijinkan pengguna untuk berkomentar, maka kita tidak akan bisa terhindar dengan yang namanya spam, dan spam akan sangat menggangu bahkan dapat memperburuk situs Anda. Ketika menghadapi spam di situs WordPress akan semakin sulit dan sulit untuk menangkap mana komentar yang nyata dan komentar yang palsu.

Namun, Anda tidak perlu kawatir dengan spam. Karena banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menangkal Spam atau memblokir spam dengan plugin anti spam yang banyak bisa Anda temukan di library WordPress.

Salah satu plugin terbaik untuk memblokir Spam adalah plugin Akismet untuk WordPress.

Baca : Blokir Spam Komentar WordPress dengan CAPTCHA

Apa Akismet?

akismet anti spam wordpress plugin

Akismet Plugin adalah layanan blocking spam komentar yang dapat digunakan untuk WordPress serta Drupal dan Joomla.

Akismet adalah layanan penyaringan spam komentar. Nama Akismet berasal dari Automattic dan Kismet. Auttomatic adalah perusahaan di balik Akismet, dan didirikan oleh Pendiri WordPress Matt Mullenweg. Akismet menangkap komentar blog dan pingback spam menggunakan algoritma mereka. Algoritma ini belajar dari kesalahan dan dari tindakan yang diambil oleh situs web yang berpartisipasi. Sebagai contoh, ketika sejumlah situs mulai melaporkan berupa konten melihat sebagai spam, maka Akismet akan belajar untuk mengidentifikasi jenis konten sebagai SPAM di masa depan. Pada 2014 Akismet telah menangkap lebih dari 110 Miliar komentar spam.

Akismet adalah alat yang berguna karena mampu menangkal spam sekitar 99% dari spam yang beredar dan berpotensi menyerang situs Anda.

Mengapa Anda harus menggunakan Akismet?

Pada situs populer, jumlah komentar spam bisa setinggi 85%. Ini berarti dari setiap 100 komentar hanya 15 komentar saja yang dianggap sah. Komentar moderasi adalah tugas yang memakan waktu, dan Akismet dapat menghemat jam. Akismet akan menangkap komentar spam sebelum mendarat di antrian moderasi Anda sebagai komentar pending/tertunda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan energi Anda pada moderasi komentar oleh pengguna yang sebenarnya.

Cara Install dan Aktifkan Akismet Plugin

Saat Anda menginstall WordPress pertama kali pasti Anda akan menemui dua plugin yang sudah dibawa oleh WordPress yang salah satunya adalah plugin Akismet. Anda hanya perlu untuk mengaktifkan plugin tersebut. Namun, jika Anda tidak menemukan plugin Akismet terinstall dalam situs WordPress Anda, silahkan install plugin dengan klik “Add New” dan ketik Akismet pada form pencarian.

Setelah Akismet terinstal, klik Active. Selanjutnya Anda akan melihat notifikasi yang meminta Anda untuk memasukkan API Key, tanpa API Key ini maka plugin Akismet tidak dapat bekerja, maka dari itu Anda harus mendapatkan terlebih dahulu API Key nya.

Cara Mendapatkan API Key Akismet

Untuk mendapatkan API Key ini cukup mudah dan terdapat dua cara. Pertama jika Anda menggunakan plugin Jetpack pada situs WordPress Anda, maka setelah Anda mengklik activate plugin Akismet maka akan muncul pilihan yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan Akismet melalui Jetpack menggunakan alamat email yang terhubung ke Jetpack?

Jika Anda ingin menggunakan alamat email yang terhubung dengan akun Jetpack Anda, maka cukup klik ‘Use this email Address’  dan API Key Anda akan secara otomatis ditambahkan ke kolom pengisian API Key dan Anda akan mendapatkan setup Akismet dengan Free Account Personal Akismet.

Untuk cara kedua jika Anda tidak menggunakan Jetpack pada situs WordPress Anda, maka Anda  harus mendaftar ke situs resmi Akismet untuk mendapatkan API Key. Untuk melakukannya Anda klik tombol hijau yang muncul pada notifikasi Akismet saat plugin Anda aktifkan. Klik tombol “Activate your Akismet Account”.

akismet plugin anti spam

Kemudian Anda akan dibawa ke halaman pengisian API Key, disitu akan terdapat tombol bertuliskan “’Get your API Key” dan silahkan klik tombol tersebut.

akismet api key wordpress

Anda memerlukan Akun WordPress.com untuk menggunakan Akismet, jika Anda sudah punya silahkan klik “Sign In” pada pojok kanan atas.

Jika Anda belum memiliki setup akun WordPress.com, maka langsung klik tombol “Say Goodbye To Comment SPAM” dan Anda akan dibawa pada halaman harga. Silahkan untuk memilih paket graits “Get Basic” dan Anda perlu untuk membuat account WordPress terlebih dahulu. Isilah formulir pendaftaran yang diperlukan dan kemudian klik ‘Sign Up’ untuk melanjutkan.

register akismet account

Setelah Anda mendaftar dan mendapatkan email baru pada inbox Anda, silahkan verifikasi akun Anda. Dan sekarang silahkan masuk ke Account akismet Anda. Pada saat berhasil login ke akun akismet, Anda akan melihat pop up yang menunjukkan paket harga penggunaan akismet. Silahkan pilih “Basic” dan bar harga otomatis terseting pada angka $48, untuk membuatnya gratis silahkan Anda geser ke kiri sampai harga menjadi $0.

plan price akismet account

Selanjutnya Anda bisa menambahkan situs Anda dengan klik “Add Site” dan akan muncul intruksi sekaligus API Key Akismet Anda. Atau bisa cek email Anda lagi dan API Key otomatis dikirim ke alamat email Anda.

akismet account overview

Anda bisa menambahkan beberapa situs sekaligus dengan API Key yang sama. Setelah Anda mendapatkan API Key silahkan masuk ke pengaturan plugin Akismet untuk memasukkan API Key dan silahkan validasi API key tersebut.

Perlu Anda ketahui memang benar bahwa Akismet adalah plugin premium, tapi Anda dapat menggunakan Akismet secara gratis. Tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal dalam membasmi SPAM sebaiknya Anda menggunakan Akismet berbayar. Lisensi cukup murah dengan harga mulai $5 saja perbulan.

Baca : CleanTalk – Plugin Ampuh Mencegah SPAM Berbasis Cloud FireWall

Dan itulah cara menggunakan plugin anti spam Akismet dan cara mendapatkan API Key Akismet. Silahkan ikuti panduan diatas agar situs WordPress Anda terbebas dari spam. Dengan menggunakan plugin ini maka Anda tidak perlu lagi menggunakan plugin seperti Captcha. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat bebeas dari spam. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • A1

    saya sungguh ber terimakasih atas semua toturial wordpress yg agan sajikan
    walau banyak yg belum sy pahami tapi setidaknya ada gambaran bagi pemula
    seperti sy bagaimana membangun sebuah blog cms wordpress
    sekali lagi sy haturkan terima kasih…
    salam

    • sama-sama gan, selamat belajar dan sukses. 🙂

  • seperti peringatan yang muncul, silahkan hubungi penyedia hosting anda.

Must Read...!
Theme WordPress Businessx Responsive Free

Businessx adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan modern dan profesional, tema...

Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Gmail adalah layanan email milik google yang sangat mudah digunakan dan paling banyak digunakan,...

Close