How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mencari Link Rusak (Broken Links) di WordPress

Link rusak atau broken link yang terdapat pada situs web atau blog sangat merugikan bagi pemiliknya. Karena jika website Anda memiliki link yang rusak Google atau mesin pencari lain akan memberi situs Anda reputasi yang buruk. Reputasi buruk tersebut bisa berakibat dengan penurunan peringkat Anda ke titik yang Anda mungkin tidak lagi dipandang sebagai otoritas dalam usaha Anda.

Karena perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari seperti google mempunyai tujuan utama yaitu google membuat mesin pencari canggih untuk menciptakan pengalaman web yang lebih baik bagi semua orang. Untuk mencapai hal tersebut tentu mereka berusaha sangat keras untuk pengguna yang menggunakan mesin pencari mereka tidak mengakses ke situs web yang memiliki link yang rusak.

Jika Anda pengguna WordPress, baik itu untuk tujuan web bisnis maupun blog. Perlu bagi Anda untuk selalu memeriksa apakah dalam situs Anda memiliki link yang rusak atau broken links. Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial WordPress tentang cara mencari Link rusak atau Broken link pada WordPress dan bagaimana memperbaikinnya.

Apa itu Broken Link?

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal paragraf bahwa Broken link adalah link rusah yang tidak bekerja seperti link hidup, link yang rusak menghasilkan kesalahan 404 saat diklik. Ini biasanya karena website mencoba mengarahkan pengunjung ke halaman yang hilang atau sumber yang tidak ada.

Broken link terjadi karena beberapa alasan, namun sebagian besar ketika URL tautan mengarah ke domain yang sudah tidak ada lagi (bisa karena ganti domain), mengubah pengaturan struktur URL, memiliki setelan firewall yang tidak biasa, telah diretas atau gagal mengelola hosting yang tepat.

Sebagai contoh :

Pertama kali saya membuat blog centerklik ini, struktur URL saya memasukkan kategori seperti berikut :

https://www.centerklik.com/hosting/10-layanan-hosting-terbaik-dan-murah-best-host/

Karena saya merasa URL tersebut kurang menarik dan terlalu panjang, maka dua tahun kemudian saya memutuskan untuk mengganti URL dengan struktur tanpa memasukkan kategori sehingga URL terlihat seperti berikut :

https://www.centerklik.com/10-layanan-hosting-terbaik-dan-murah-best-host/

Ketika saya sudah mengganti struktur URL seperti contoh diatas, maka URL lama akan dianggap sebagai link rusak dan sudah terlanjur terindeks oleh mesin pencari dan itu berakibat buruk pada blog saya dan pengunjung yang mendapati link rusak tersebut akan di arahkan ke halaman 404.

Baca : Apa itu Backlink dan Apa Pentingnya Backlink?

Cara Menemuka Link Rusak dengan Broken Links Checker

Dengan plugin WordPress yang bernama broken link checker, pengguna WordPress tidak akan di pusingkan lagi dalam mencari dan menemukan link rusak atau broken links, Anda tidak perlu mencari satu persatu link mana yang rusak, karena Anda bisa menggunakan plugin Broken Links Checker untuk menemukan links rusak secara otomatis pada seluruh situs Anda.

1. Download Plugins Broken Links checker

2. Install dan Aktifkan

3. Masuk ke Settings » Link Checker

Pada bagian menu tab “General” akan secara default menampilkan daftar link yang rusak yang telah terdeteksi ditampilkan pada bagian “Status”. Dan ketika plugin menemukan link rusak maka akan terdapat pemberitahuan jumlah link rusak disertai link aktif yang ketika Anda klik akan menuju ke halaman daftar broken links.

Selain itu pada bagian tersebut Anda juga dapat mengatur waktu kapan plugin akan bekerja untuk memeriksa link rusak, pengaturan untuk pemberitahuan melalui email jika terdapat link rusak dan lainnya.

Broken Link Checker Plugin

Pada menu tab “Look For Links In”, Anda perlu melakukan pengaturan dimana saja plugin akan melakukan scanning, secara default pengaturan akan melakukan proses scan pada posts, pages dan comment. Jika artikel Anda sedikit dan server hosting Anda cepat dalam beberapa menit saja proses scan akan selesai, tapi jika server web hosting yang Anda gunakan lemot maka juga akan memakan waktu yang lama.

Broken Link Checker Setting 1

Jika dalam scanning plugin menemukan link yang rusak, maka akan muncul di tab baru pada panel menu Tools » Broken Link. Sebuah pemberitahuan juga akan muncul dalam “Broken Link Checker” widget pada dashboard. Dan berikut adalah tampilan beberapa daftar link rusak.

Broken Link Checker Preview

Ada beberapa tindakan yang terkait dengan setiap daftar link ditampilkan. Pada bagian ini Anda dapat memperbaiki URL yang terdeteksi sebagai link rusak. Tindakan ini akan muncul ketika Anda memindahkan mouse Anda ke salah satu link yang tercantum pada daftar tersebut :

Broken Link Checker Edit

  • Edit URL : memungkinkan Anda mengubah URL dari link tersebut. Jika link tersebut hadir di lebih dari satu tempat maka plugin akan secara otomatis mengganti semua URL dengan URL baru.
  • Unlink : menghapus link tetapi link text tetap dipertahankan.
  • Not Broken : memungkinkan Anda secara manual menandai link “rusak” seperti bekerja. Hal ini berguna jika Anda tahu itu tidak benar terdeteksi sebagai link rusak karena kesalahan jaringan atau bug. link ditandai masih akan diperiksa secara berkala, tapi plugin tidak akan menganggapnya rusak kecuali mendapat hasil baru lagi yang menyatakan rusak.
  • Dismiss : menyembunyikan link dari “Broken Link” dan “Redirect”. Ini masih akan diperiksa seperti biasa dan mendapatkan link normal.

Anda juga dapat mengklik isi dari kolom “Stats” atau “Link Text” untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang status setiap link.

Baca : Cara Merubah URL Link Konten WordPress Dengan Cepat

Diatas adalah panduan lengkap mengenai kerugian jika Anda memiliki link rusak dan bagaimana cara menemukan dan memperbaiki link rusak pada situs WordPress Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Magazine Base Responsive Free

Magazine Base adalah tema WordPress Responsive Gratis yang hebat dan modern yang cocok untuk...

OceanWP – Tema WordPress Gratis Untuk Berbagai Tujuan dengan Fitur Premium

Ketika Anda membangun website dengan WordPress, salah satu hal yang paling penting perlu Anda...

Close