Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tips Desain Web Agar Situs Terlihat Profesional

Sama hal nya dengan fashion, desain web terus berubah mengikuti tren yang baru dan meninggalkan tren lama. Ketika Anda ingin membuat sebuah website yang akan membuat kesan profesional, Anda tentu akan selalu mengikuti dengan baik untuk menjaga semuanya secara up to date dan mengikuti tren. Memang kebanyakan orang akan melihat konten sebagai hal utama, tapi tetap saja orang akan melihat pertama kali saat berkunjung ke situs Anda yang terlihat adalah desainnya, jadi buatlah kesan pertama yang menarik.

tips web desain profesional

Pada artikel kali ini saya akan memberikan 6 Tips desain web agar situs Anda terlihat Profesional :

1. Desain Clean

Buat situs Anda dengan desain yang bersih dan elegant, Jangan terlalu banyak menempatkan Iklan, banner, ikon, badge, pop-up, tombol, dan sebagainya, selain hal itu membuat berat, itu juga akan membuat situs Anda terlihat kacau. Buatlah situs yang membuat pengunjung Anda nyaman dan tidak stres saat mengunjungi situs Anda karena situs yang terlihat berantakan. Gunakan desain situs yang flat atau datar, dan di dominasi warna putih. Cobalah untuk menjaga situs Anda terlihat sederhana atau bahkan minimal dengan khusus hanya menonjolkan konten atau informasi yang penting.

2. Referensi Web Profesional

Jika Anda sekarang sedang membaca artikel ini, tentunya Anda sudah mendapatkan tips yang tepat sebagai panduan Anda dalam membangun situs yang profesional. Tapi tetap Anda harus mencari referensi desain web dari berbagai sumber, atau Anda bisa melihat situs-situs terkenal untuk membantu Anda dalam menemukan ide dalam mendesain web nantinya. Lihat bagaimana situs terkenal tersebut di bangun dan di desain, bagaimana mereka mengatur konten, warna apa yang mereka gunakan untuk situsnya, dsb.

3. Font yang Tepat

Memilih font itu sangat penting. Karena text merupakan cara Anda untuk menyajikan informasi untuk pengunjung Anda. Bayangkan jika Anda menggunakan font yang buruk untuk situs Anda, pengunjung akan merasa kesulitan dalam melakukan pembacaan dan juga mata pembaca akan mudah lelah.

Pastikan font yang Anda gunakan mudah untuk dibaca dan warna font yang Anda gunakan terasa pas dengan warna background yang Anda gunakan. Sebagai contoh : Menggunakan teks berwarna abu-abu dengan latar belakang putih akan membuat pengunjung situs Anda terasa pusing saat membacanya atau membuat pengunjung Anda langsung kluar dari situs Anda. Jadi pastikan Anda memeriksa semua text Anda benar-benar mudah untuk dibaca.

Selanjutnya yang penting juga adalah jangan menggunakan ukuran font yang kecil, dimana pengunjung Anda kesulitan dalam membaca. Pastikan pembaca Anda tidak perlu melakukan zoom hanya untuk membaca informasi yang ingin Anda sampaikan di situs Anda. Buat semuanya jelas tapi tidak berlebihan.

Baca : 25 Font Web Terbaik dari Google Font & @Font-face

4. Navigasi yang Mudah

Navigasi atau menu dalam desain web harus di letakkan pada posisi yang tepat dan bekerja dengan baik, penempatan menu yang tepat akan memudahkan pengunjung untuk menjelajahi situs dengan mudah, dan juga arahkan menu tersebut ke konten atau tujuan informasi yang benar-benar penting. Jangan terlalu boros dalam penggunaan menu untuk tujuan yang tidak perlu, selain akan terlihat semrawut hal tersebut juga akan merusak desain web Anda.

5. Desain Responsif

Web desain saat ini memang semuanya sudah berubah, saat smartphone maupun tablet merupakan hal yang merata dimiliki oleh semua orang, dan kemudahan akses internet melalui mobile juga sudah didapat saat ini, maka membangun situs Anda secara responsive yang bisa menyesuaikan saat di akses di berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet merupakan suatu hal yang wajib. Karena hal itu akan benar-benar membuat pengunjung Anda merasa nyaman saat mengakses situs Anda. Bukan hanya itu saja, dari sisi SEO saat ini google lebih memprioritaskan untuk situs yang sudah mobile friendly.

6. Gambar yang Bagus

Penggunaan gambar atau foto pada situs merupakan hal yang juga harus Anda utamakan, gunakan gambar dengan ukuran yang sesuai dengan situs Anda dan juga dengan kualitas yang bagus tetapi tidak berat, meskipun desain web Anda sederhana jika di dukung dengan gambar yang bagus dan sesuai akan menghasilkan web yang terlihat menarik dan elegan.

Berikut adalah 6 tips desain web agar terlihat profesional, semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dan bermanfaat buat Anda sebagai acuan dalam mendesain web. 🙂

Baca : Cara Membuat Blog Gratis WordPress Terbaru

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Soliloquy Responsive Free

Soliloquy adalah theme wordpress responsive gratis yang didesain untuk bisnis dan website pribadi. Ini...

20 Tip SEO Ampuh untuk Meningkatkan Situs Bisnis Anda

Tidak peduli apa jenis bisnis Anda di dunia internet, atau Anda membawa bisnis yang...

Close