banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Sistem Operasi Paling Populer Untuk Server Web Hosting

5 Sistem Operasi Paling Populer Untuk Server Web Hosting – Ketika datang ke sistem operasi, ada begitu banyak pilihan. Untuk sistem operasi desktop, kita semua tahu bahwa Windows, lebih populer daripada yang lain. Sedangkan sistem operasi populer lainnya seperti Kali Linux, digunakan untuk niche tertentu seperti pengujian penetrasi keamanan dan serangan hacker. Sedangkan Mac OS adalah sistem operasi populer lainnya yang digunakan untuk perangkat keras khusus buata Apple.

Namun, ketika Anda mencari informasi tentang server web hosting, sistem operasi mana yang lebih banyak digunakan dan mana yang harus Anda pilih? Pada artikel ini, saya akan melihat beberapa nama paling populer yang terkait dengan sistem operasi untuk server web hosting. Jelas, perlu dicatat bahwa sistem operasi untuk server berbeda dari yang kita jalankan di komputer kita.

Dan tentu saja yang paling populer digunakan untuk server web hosting adalah sistem operasi Linux. Dan untuk linux juga ada banyak pilihan distro seperti yang akan Anda lihat dibawah ini.

Baca : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Linux

1. CloudLinux

CloudLinux sistem operasi server web hosting

Loading...

Nama OS pertama dalam daftar ini adalah CloudLinux, dimana OS server ini telah lama memantapkan dirinya sebagai kesayangan penyedia web hosting dalam hal sistem operasi. Alasan utama untuk ini adalah CloudLinux hadir dengan beberapa fitur ramah penyedia, seperti kemampuan untuk mengunci sumber daya tertentu untuk akun pengguna, dan banyak lagi.

Selain itu, ada banyak set fitur penting dan tidak jarang ditemukan sebagian besar penyedia web hosting mengandalkan CloudLinux. Ini terutama berlaku untuk perusahaan web hosting skala kecil dan menengah.

Dengan demikian, itu tidak berarti bahwa CloudLinux tidak berguna untuk pengguna akhir atau klien web hosting. Bahkan, ia menawarkan beragam fitur yang secara khusus dimaksudkan untuk industri web hosting secara umum.

Di indonesia sendiri, ada banyak penyedia jasa web hosting terbaik di indonesia menggunakan OS CloudLinux ini seperti hosting ternama di indonesia yaitu Niagahoster dan juga IDCloudhost.

2. Debian Server

distro linux server terbaik debian

Loading...

Debian Linux adalah sistem operasi lain yang populer dan yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai jenis skenario web hosting, baik besar maupun kecil. Debian telah ada sejak 1990-an dan berbicara banyak tentang Debian sebagai distro Linux – jangan salah tentang itu, ini adalah salah satu perangkat lunak yang kuat dan andal dan akan dikembangkan secara berkelanjutan.

Dengan Debian, yang memiliki keunggulan stabilitas yang tidak bisa diragukan lagi dan ini juga populer di sejumlah komunitas. Sejumlah pengguna mengandalkan Debian Linux untuk server mereka, meskipun jumlah ini juga menyusut akhir-akhir ini. Namun, semua dikatakan dan dilakukan, Debian Linux terus menjadi pilihan yang kuat karena menjadi sistem operasi pilihan bagi banyak admin server, pakar teknologi, dan penggemar.

3. Ubuntu Server

distro linux server terbaik ubuntu

Setelah Debian, ada Ubuntu server, ini juga merupakan OS server yang sangat populer di seluruh dunia karena di dalamnya ada komunitas yang lebih besar dan lebih luas, dukungan yang lebih canggih dan kelas premium serta akses yang lebih besar ke pembaruan.

Ubuntu hadir dalam berbagai rasa, baik untuk desktop maupun server. Server Ubuntu terus meningkat popularitasnya dan sering kali menjadi pilihan utama bagi administrator, terutama untuk orang yang menjalankan VPN dan pengaturan terkait lainnya.

Server Ubuntu didukung oleh komunitas besar. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk admin pemula, karena jika Anda ada kesulitan atau masalah, Anda dapat dengan segera mendapatkan jawaban karena begitu besarnya komunitas ini dan banyaknya tutorial ubuntu server bisa Anda temukan di internet maupun youtube.

Loading...

Baca : Cara Mengatasi Error Saat Update Pada Ubuntu

4. CentOS

distro linux server terbaik centos

Selama bertahun-tahun, CentOS berkuasa sebagai pemimpin de facto di dunia server web hosting berbasis Linux. Akhir-akhir ini, tahtanya telah direbut oleh sistem operasi seperti CloudLinux.

Namun, CentOS tetap menjadi nama yang kuat dalam hal sistem operasi untuk server web hosting. CentOS server ini gratis dan open source, dan seperti solusi OS web hosting yang layak lainnya, hadir dengan kumpulan basis kode dan fitur yang ramah server sendiri.

Aspek penting dari CentOS adalah bahwa pembaruan tidak dirilis secepat yang Anda temukan dengan distro Linux lainnya, katakanlah, Ubuntu. Ini berarti CentOS mungkin bukan jenis distro yang mungkin ingin Anda jalankan di laptop atau desktop Anda. Perangkat lunak mutakhir atau pembaruan terkini seringkali terlambat tiba di versi stabil CentOS.

Di sisi lain, sifat ini membuat CentOS ideal untuk server web hosting. Dan stabilitas dan keamanan diperlukan. Fakta bahwa CentOS memastikan hanya potongan kode yang paling stabil yang menemukan jalannya di repositori, bahkan dengan biaya terlambat ke pihak pembaruan, terus memastikan lingkungan sistem operasi yang sangat stabil dan andal di mana crash dan bug sangat tidak mungkin .

Bagi siapa pun yang mengetahui satu atau dua hal tentang server web hosting, stabilitas adalah esensi utama. CentOS menjanjikan hal itu!

Baca : Panduan Lengkap Cara Install CentOS 7 Terbaru

5. Windows Server

Nah, ini sedikit berbeda. Daftar sistem operasi web hosting sedikit tidak lengkap tanpa menyebutkan Microsoft Windows, bahkan dengan mengorbankan beberapa distro Linux penting lainnya.

Jika Anda ingin menjalankan skrip seperti ASP.NET atau arsitektur serupa, server hosting Windows adalah yang dibutuhkan. Dan untuk Windows, tidak ada banyak pilihan seperti Linux – jika Anda membutuhkan server Windows, Anda harus menggunakannya. Dan jika Anda tidak membutuhkan server windows, maka Anda tidak perlu menggunakannya.

Sesederhana itu. Tentu saja, hosting Windows memiliki kelebihannya sendiri yang tak terhitung banyaknya. Tapi tentu saja server hosting windows jauh lebih mahal dibanding dengan hosting dengan sistem operasi linux server. Dan hosting Linux lebih dari cukup dan inilah mengapa distro Linux cenderung mendominasi dunia sistem operasi untuk server web hosting.

Baca : CentOS vs Ubuntu, Mana Yang Terbaik Diantara Keduanya?

Server Terbaik Lainnya untuk Web Hosting

Selain lima di atas, nama-nama tertentu lainnya pasti patut disebutkan ketika kita membahas sistem operasi web hosting. Seperti:

  • Server Fedora: Sama seperti Server Ubuntu, Fedora Linux juga memiliki versi yang dimaksudkan untuk berjalan di server hosting dan cukup populer, meskipun tidak sebanyak Ubuntu.
  • SUSE Linux: SUSE Linux telah ada cukup lama, dan openSUSE Linux open source-nya memiliki pengikut dan komunitas yang lumayan besar. Untuk hosting server web, SUSE Linux adalah pilihan yang kuat, meskipun belakangan kalah bersaing dengan distro Linux yang berpusat pada server lainnya.
  • FreeBSD: FreeBSD menawarkan lingkungan yang andal dan aman untuk server hosting web, dan sering digunakan untuk hosting server khusus. Namun, karena kemudahan seseorang dapat menemukan sysadmin untuk server Linux, FreeBSD seringkali bukan pilihan pertama untuk perusahaan besar, terutama dalam hal server produksi.
  • Varian BSD lainnya, seperti DragonFly, juga menawarkan serangkaian fitur yang bagus, tetapi lagi-lagi tertinggal dari server Linux dalam hal popularitas.

Kesimpulan

Untuk pengguna rata-rata, sistem operasi web hosting sangat kecil artinya selama situs web berfungsi dengan baik dan waktu realtime juga bagus itu sudah cukup. Namun, untuk penyedia web hosting dan pengguna tingkat lanjut, pilihan sistem operasi menjadi sangat penting dan harus ditentukan dengan benar.

Sistem operasi mana yang Anda pilih untuk dijalankan di server hosting Anda dan adakah alasan khusus untuk kenapa Anda memilik sistem operasi tersebut? Bagikan pandangan Anda dengan meninggalkan di kolom komentar di bawah!

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
7 Plugin Testimonial WordPress Gratis Terbaik 2021

7 Plugin Testimonial WordPress Gratis Terbaik 2021 - Dalam menjalankan bisnis online untuk mendapatkan...

Cara Mudah dan Cepat Membuat Kebijakan Privasi [Website Policies]

Cara Mudah dan Cepat Membuat Kebijakan Privasi [Website Policies] - Bagi pemilik website untuk...

Close