Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Selamat Ulang Tahun WordPress Yang Ke 10

WordPress Telah merayakan Ulang Tahun yang ke 10. Untuk menandai hari besar ini, mari kita lihat beberapa perubahan terbesar dalam sejarah WordPress dalam 10 belas tahun.

selamat ulang tahun wordpress

Untuk saat ini, tim yang sangat baik dari kontributor inti ternyata sudah melakukan sebanyak 26 update Utama pasa WordPress. Pembaruan ini telah mengambil WordPress dari perangkat lunak blog yang sederhana dan menjadi CMS Global yang sangat powefull seperti saat ini.

Setiap update telah memberikan kontribusi yang sangat bagus, tetapi hari disini akan saya tampilkan 10 update WordPress yang paling penting, baik fitur dan fungsi ditambahkan.

Version 0.7-27 Mei 2003 : WordPress Lahir

WordPress- versi 0.7

Semuanya dimulai pada tanggal 27 Mei 2003.

WordPress lahir dari b2 / cafelog blogging software. Karena b2 dihentikan, seorang mahasiswa berusia 19 tahun melangkah dengan tujuan menciptakan perangkat lunak yang akhirnya akan menjadi WordPress, dan nama pembuatnya adalah Matt Mullenweg.

Dia tidak menciptakan WordPress saja, namun. Matt bermitra dengan Mike kecil untuk membuat versi pertama dari WordPress, versi 0.7.

Dibandingkan dengan WordPress saat ini, versi 0.7 hanya memiliki fitur dasar dan fungsi-itu terbatas, sangat terasa satu juta mil jauhnya dari versi yang saat ini kita gunakan yaitu versi 4.2.

Meskipun UI dalam gambar di atas terlihat sangat sederhana, antarmuka WordPress 0.7 sebenarnya sudah melakukan perbaikan yang signifikan dari antarmuka b2 saat masih belum dihentikan.

Terbatas sebagai versi pertama ini, masih memiliki beberapa trik rapi lengan atas. Kutipan atau excerpt pada versi ini mungkin fitur keren, yang memungkinkan Anda untuk menyusun ringkasan posting Anda untuk RSS feed.

Dasar untuk platform blogging yang mudah digunakan, meskipun; WordPress 0.7 termasuk editor teks intuitif, yang memungkinkan pengguna untuk menyusun dan mempublikasikan posting blog dengan mudah.

Version 1.0-3 Januari 2004 : Pembaharuan Instalasi dan Moderasi Komentar

WordPress versi 1.0

Tujuh bulan kemudian, versi lengkap pertama dari WordPress dirilis. WordPress 1.0 yang diberi nama Davis. Ada beberapa perbaikan sedikit (lihat gambar di atas), WordPress 1.0 menambahkan beberapa fungsi penting. Ini termasuk perbaikan yang signifikan terhadap prosedur instalasi, permalinks untuk pencarian yang ramah terhadap mesin pencari, dan beberapa kategori per post.

Bisa dibilang fitur baru terbesar di WordPress 1.0 adalah padabagian moderasi komentar spam, yang merupakan masih menjadi gangguan sejauh ini. Sistem moderasi komentar mudah digunakan, yang memungkinkan Anda untuk menyetujui / membuang ratusan komentar sekaligus.

Version 1.2-22 Mei 2004 : Arsitektur Plugin

WordPress versi 1.2

Tepat sebelum ulang tahun pertama WordPress, WordPress 1.2 diluncurkan. Pembaruan ini mengambil langkah lebih maju yang signifikan dengan memperkenalkan beberapa fitur baru yang mengagumkan.

Meskipun mereka mungkin tidak menyadari pada saat itu, 1,2 memperkenalkan salah satu fitur WordPress yang paling inovatif dari semuanya, yaitu arsitektur plugin, yang masih sangat dipakai dan membantu sampai saat ini. Dan saat ini sudah terdapat 38,542 plugins dengan 963,464,844 Download. Ini adalah statistik yang mengagumkan.

Di luar arsitektur plugin, WordPress 1.2 memperkenalkan sub-kategori, penciptaan thumbnail otomatis, dan meningkatkan keamanan dengan password terenkripsi. Versi 1.2 juga merupakan versi pertama dari WordPress untuk memungkinkan Anda untuk melihat posting Anda sebelum mempublikasikan, ini seperti fitur preview pada saat ini.

Version 1.5-17 Februari 2005 : Tema, Pages, dan WordPress Dashboard

WordPress-1.5

Februari 2005 rilis WordPress 1.5, bernama Strayhorn. Pada saat rilis, versi 1.5 ini paling berfokus pada pengguna WordPress untuk melakukan upgrade. Itu juga salah satu yang terbesar, dan memperkenalkan tiga fitur penting.

Dari semua fungsi baru ditambahkan, ada fitur kustomisasi template yang benar-benar mencuri perhatian pengguna. Meskipun disebut sebagai template pada saat itu, WordPress 1.5 memperkenalkan dunia untuk Themes untuk merayakan, dan template Kubrick di pasang sebagai tema default.

Tema memungkinkan pengguna untuk secara bebas merombak desain website mereka dan tata letak, dengan memasang pre-built ‘skin. “Hal ini memungkinkan pengguna WordPress untuk membuat situs yang indah dengan mudah, dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan platform.

Seperti plugin, arsitektur tema WordPress telah berkembang dan berkembang selama sepuluh tahun berikutnya. Repositori berisi hampir 2.000 themes wordpress gratis, dan ada yang ribuan premium tersedia di tempat lain.

Mari kita beralih ke fitur penting berikutnya : halaman / pages.

Pre-1.5, WordPress adalah platform-blogging eksklusif dimana Anda hanya bisa mempublikasikan posting di blog Anda. Versi 1.5 memungkinkan untuk membangun seluruh situs Web Anda dengan WordPress, dengan memperkenalkan halaman statis. Hal ini membuat WordPress merupakan sebuah situs web lengkap solusi-bahkan untuk non-pengembang-dan memainkan peran besar dalam pertumbuhan popularitas platform.

Fitur utama lainnya yang diperkenalkan di 1,5 adalah dashboard WordPress. WordPress dashboard memungkinkan pengguna untuk melihat semua informasi penting mereka di satu tempat yang nyaman, langsung setelah login.

Version 2.0-31 Desember 2005 : AJAX, WYSIWYG Editing, dan Role User WordPress

WordPress-2.0

WordPress menutup tahun 2005 dengan merilis generasi berikutnya dari WordPress : versi 2.0.

Rilis terbaru ini menampilkan sebuah UI yang semuanya baru, dengan skema warna biru baru menggantikan warna putih yang terlihat lelah. Lebih penting lagi, 2.0 diperkenalkan AJAX, membuat tugas yang paling umum yang lebih efisien dan meningkatkan kinerja back-end.

WordPress 2.0 juga mengambil langkah pertama menuju editor teks kaya fitur seperti yang kita gunakan saat ini, dengan pengenalan editor WYSIWYG. Ini mengambil banyak format untuk posting blog Anda.

Meskipun pasca preview diperkenalkan pada versi 1.2, WordPress 2.0 mengambil langkah lebih jauh. Dalam posting-2.0 dunia, pengguna bisa melihat pratinjau posting di front-end dari situs web mereka – yang menyerupai fitur pratinjau kita gunakan saat ini.

Satu penting lainnya, WordPress 2.0 adalah rilis pertama untuk memperkenalkan peran pengguna atau Role user. Fitur baru ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi tingkat izin untuk pengguna situs secara berbeda.

Version WordPress 2.2-16 Mei 2007 : Widget

WordPress-2.2

Dengan WordPress akan mengubah 4 tahun tua, WordPress 2.2 memperkenalkan pokok WordPress lain: widget.

Awalnya tersedia sebagai plugin, widget WordPress memungkinkan Anda untuk benar-benar menyesuaikan daerah sidebar dan footer dari situs Anda. Menggunakan antarmuka drag-and-drop, Anda dapat menempatkan dan re-order elemen pada halaman yang berbeda untuk meningkatkan website Anda desain, konten, dan navigasi.

WordPress 2.2 juga memperkenalkan jQuery, dukungan penuh Atom, dan komentar aliran yang tak terbatas.

Version WordPress 2.3 – September 25, 2007 : Tags

WordPress-2.3

Pada WordPress 2.3 ini tidak memperkenalkan setiap konsep yang benar-benar inovatif, tapi penambahan fitur yang kecil tapi penting untuk di tambahkan.

Penambahan paling dikenal adalah tags, digunakan bersama dengan kategori, membuat lebih mudah untuk mengatur konten Anda.

Pada versi 2.3 ini juga menampilkan tentang pemberitahuan pembaruan atau notifications update. WordPress diperiksa untuk melihat apakah plugin Anda semua up to date dengan menghubungkan website Anda dengan layanan api.wordpress.org. Selai itu pada 2.3 juga terdapat fitur baru tentang URL kanonik, menunggu tinjauan status posting, dan tombol kitchen sink WordPress editor.

Version WordPress 2.7 – 11 Desember 2008 : Desain ulang UI dan Install Cepat Plugin

WordPress-2.7

Pada pandangan pertama, versi 2.7 tampak cahaya dalam hal fitur baru, namun update ini merevolusi kegunaan WordPress dan merupakan langkah maju yang besar.

Terutama, seluruh WordPress UI diberi facelift baru yang radikal. Ini termasuk menu sidebar baru, yang ditambahkan di sebelah kiri layar (lihat gambar di atas).

Bahkan, UI modern saat ini berpatokan pada versi 2.7, Apakah anda melihat adanya kemiripan?

Tapi itu bukan hanya penampilan WordPress yang ditingkatkan. WordPress 2.7 memperkenalkan antarmuka drag-and-drop, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang dashboard dan fitur editor teks posting fixed juga ditambahkan.

Para pengembang tidak dilakukan di sana, baik; efisiensi admin WordPress ditingkatkan, juga. Ini berarti bahwa tugas yang akrab bisa diselesaikan dalam klik yang lebih sedikit, sehingga mengambil sedikit waktu.

Sama pentingnya, WordPress 2.7 membuat super-mudah untuk menginstal plugin. Sebelum 2,7, plugin harus di-download secara manual, upload, dan diinstal. 2,7 menambahkan browser plugin WordPress back-end, yang memungkinkan pengguna untuk menginstal plugin hanya dalam beberapa klik.

Itu juga update pertama untuk mendukung satu-klik update untuk WordPress inti, plugin, dan tema.

Version WordPress 3.0 – 17 Juni 2010 : Kustom Pos Jenis dan Taksonomi

WordPress-3.0

Juni 2010 menandai generasi ketiga dari WordPress, dengan baru, rilis inovatif: versi 3.0 yang diberi nama Thelonious. Setelah lima tahun WordPress hidup, tema default Kubick pensiun, dan diganti dengan tema baru Twenty Ten sebagai tema default.

Kustomisasi adalah raja di WordPress 3.0, memulai generasi baru tema disesuaikan pada WordPress 3.0 dan latar belakang kustom diperkenalkan, header kustom, dan menu kustom canggih.

Fitur baru yang paling revolusioner, bagaimanapun, adalah jenis posting kustom dan taksonomi, yang diantar dalam era baru. Misalnya, jenis posting kustom memungkinkan untuk membuat halaman produk, fitur penting dari semua plugin eCommerce. Dengan jenis posting kustom didukung sampai sekarang, versi 3.0 mengambil langkah signifikan terhadap WordPress menjadi yang lengkap sistem manajemen konten (CMS) sekarang ini.

Version WordPress 3.8-28 Desember 2013 : UI modern dan Responsif

WordPress-3.8

Mungkin tidak update terbesar pada WordPress 3.8, tapi termasuk dalam daftar ini untuk satu alasan penting. Rilis 3.8 melihat WordPress menerima facelift terbesarnya belum, memperkenalkan desain UI yang relatif tidak berubah sejak itu.

Desain baru melihat akhir estetika didominasi putih, diganti dengan abu-abu dan biru. Serta desain standar baru, WordPress 3.8 juga menampilkan tujuh skema alternatif warna pada admin, yang dapat diaktifkan di klik tombol.

Merangkul cara-cara baru di mana pengguna mengakses WordPress, admin WordPress menjadi sepenuhnya responsif dalam versi 3,8Ā  juga. Akhirnya, update memperkenalkan kita kepada tema default baru: Magazine Style (dan secara luas dicintai), Twenty Fourteen.

Selamat Ulang Tahun WordPress!

WordPress telah datang jauh pada 10 tahun terakhir, seperti yang sudah Anda lihat dari screenshot di atas. Sulit untuk membayangkan WordPress pada saat-saat awal di rilis, sebelum semua fungsi yang sangat tangguh ditambahkan seperti saat ini. Tentu saja, platform ini masih dalam proses, jadi siapa yang tahu apa yang akan kita lihat nantinya. Semoga WordPress selalu berkembang, selalu menjadi yang terbaik. (sumber : torquemag.io)

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Oblique Responsive Free

Oblique adalah Theme wordpress responsive gratis yang mempunyai desain sangat kreatif yang bekerja bagus...

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Online Anda Sendiri

Sekarang ini memulai bisnis Anda sendiri tidak lagi menjadi mimpi yang sulit untuk diraih....

Close