How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Optimasi Situs WordPress untuk Pencarian Suara

Cara Optimasi Situs WordPress untuk Pencarian Suara – Sekarang adalah tahun 2020, pencarian suara menjadi semakin populer meskipun itu sudah lama hadir di keseharian kita dan bukan lagi merupakan sebuah tren mewah dari teknologi, tapi mengoptimasi situs untuk memudahkan dalam pencarian suara menjadi suatu keharusan saat ini jika kita ingin mendominasi dalam hasil pencarian.

OK Google Optimasi situs web pencarian suara

Sebelum kita terlalu jauh dalam cara optimasi situs web WordPress untuk pencarian suara, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang pencarian suara dan bagaimana itu bekerja.

Loading...

Apa itu pencarian suara?

Teknologi pengenalan suara telah mencapai tingkat dimana itu digunakan sebagian besar pengguna untuk permintaan pencarian di internet dan juga untuk perintah seperti menavigasi rumah, memesan makanan, memutar musik, atau membuat panggilan.

Pencarian suara menjadi semakin mudah diakses dan orang semakin banyak yang menggunakan karena kemudahan dibanding mengetik suatu kata atau kalimat dalam kolom pencarian. Teknologi ini semakin populer ketika hadirnya teknologi seperti asisten seluler (Google, Siri), asisten desktop (Cortana), dan tren yang meningkat untuk asisten rumah seperti (Amazon Alexa, dan Google Home).

Google Home Mini

Loading...

Teknologi ini mengacu pada apa yang digunakan oleh Kelelawar, dimana kelelawar menggunakan suara untuk bernavigasi.

Bentuk pencarian ini lebih nyaman bagi banyak pengguna karena mengucapkan sebuah kata atau kalimat 3 kali lebih cepat daripada mengetik, dan mudah untuk melakukan banyak tugas sambil menelusuri melalui suara.

Menurut BrightLocal, 58% pengguna yang berbasis di AS telah menggunakan pencarian suara untuk menemukan bisnis lokal dalam 12 bulan terakhir. Jadi mengoptimalkan pencarian suara adalah suatu keharusan bagi Anda untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis atau situs web Anda.

Selain itu, pada tahun 2016, CampaignLive memperkirakan bahwa persentase pencarian suara akan mencapai 50% dari keseluruhan pencarian web pada tahun 2020.

Statistik ini membuat pemilik situs web bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan lalu lintas pencarian suara untuk situs mereka.

Dan kita sebagai pengguna WordPress yang merupakan platform terbaik sampai saat ini juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut agar situs WordPress kita mudah ditemukan ketika pengguna melakukan pencarian melalui suara. Dan berikut ini trik-trik dasar optimasi agar situs WordPress kita mendapatkan hasil yang terbaik di pencarian suara.

  • Optimalkan kecepatan situs web Anda
  • Optimalkan kata kunci (Keyword)
  • Optimalkan konten
  • Amankan situs web Anda

Bagaimana kecepatan situs web memengaruhi peringkat Pencarian Suara?

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, salah satu fitur yang membuat pencarian suara begitu populer adalah kecepatan pengenalan teks. Sehingga teknologi dalam algoritma pencarian suara ini akan menyarankan bahwa semua langkah dari penentuan hasil pencarian suara harus lebih cepat, termasuk waktu buka halaman. Dan statistik mendukung asumsi ini!

Artikel penelitian terbaru yang dilakukan oleh Backlinko menunjukkan bahwa halaman rata-rata dari hasil pencarian suara dimuat dalam 4,6 detik yang 52% lebih cepat dari halaman rata-rata.

Meskipun begitu, kita harus mengoptimalkan waktu muat halaman untuk menjaga kecepatan beban di bawah 3 detik. Membuat pengguna menunggu lebih lama akan berisiko pada tingkat bouncing yang bisa melonjak hingga 32% lebih tinggi. Menunggu 5 detik dapat meningkatkan tingkat bouncing menjadi sebesar 90%, menurut Google APIs.

Bagaimana Anda membuat situs web WordPress Anda berjalan lebih cepat? Berikut ini beberapa kiat pengoptimalan kecepatan untuk situs web:

  • Pilih Cloud hosting berkinerja tinggi.
  • Kelola caching dan gunakan Content Delivery Network (CDN).
  • Kurangi jumlah permintaan HTTP dengan menggunakan lebih sedikit elemen di situs web Anda.
  • Gunakan tema WP dan grafis visual yang ringan.
  • Hapus plugin yang tidak perlu.
  • Optimalkan gambar Anda.

Ikuti link berikut ini untuk petunjuk lebih rinci tentang pengoptimalan kecepatan situs web. Jangan lupa bahwa memiliki situs web yang cepat dan ringan tidak hanya memberi peringkat Anda lebih tinggi dalam pencarian suara, tetapi juga memengaruhi SEO dan konversi Anda secara keseluruhan.

Kata kunci apa yang harus saya gunakan sekarang?

Cobalah untuk mengingat permintaan pencarian suara rata-rata yang Anda lakukan. Apa yang kamu ucapkan dan Bagaimana Anda mengartikulasikannya setelah “OK Google” atau “Hey Siri”?

Secara umum, penggunaan pencarian suara yang sering dilakukan adalah mengajukan pertanyaan dengan kalimat lengkap. Tidak seperti ketika melakukan pencarian dengan mengetik, karena berbicara cenderung lebih cepat dan santai dengan pengucapan permintaan yang lebih detail.

Sebagian besar pengguna berbicara dengan asisten suara dengan cara yang sama seperti ketika pengguna berbicara dengan manusia nyata.

Sebagai contoh : Jika kita biasanya hanya mengetik kata kunci “Optimasi pencarian suara WordPress” dalam pencarian reguler, sekarang, ketika kita berbicara dengan asisten, kita lebih cenderung bertanya “Bagaimana cara mengoptimasi situs WordPress untuk pencarian suara”.

Tetapi seperti yang diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Backlinko, jawaban ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk benar-benar cocok dengan kata kunci daripada hasil pencarian teks. Itu mungkin karena kata-kata dari pertanyaan yang sama bervariasi di antara orang yang berbeda.

Semakin lama dan semakin santai, semakin kita menemukan cara yang berbeda untuk menggambarkannya. Oleh karena itu, buat saja kalimatnya terdengar alami, dan mesin pencari akan memilah semua sinonimnya.

Loading...

Bahkan dalam kolom optimasi kata kunci untuk plugin SEO Yoast hanya memberikan maksimal 4 kata untuk hasil yang lebih baik.

Lalu seperti apa kata kunci yang tepat untuk pencarian suara?

  • Pertanyaan penuh
  • Lebih panjang dari kata kunci rata-rata (minimum 4 kata);
  • Kalimat yang mudah dimengerti
  • Optimasi Subheading

Kemudian, ketika Anda sudah memiliki kata kunci Anda, sekarang saatnya untuk menggunakannya dalam konten Anda.

Bagaimana cara mengoptimalkan konten untuk pencarian suara?

“Mengapa seseorang mencari melalui suara membutuhkan konten selain mereka yang mencari melalui teks?” – akan menjadi pertanyaan yang masuk akal. Nah, Google bisa melihat perbedaan besar.

Pertama-tama, ketika pengguna mengajukan pertanyaan spesifik, mereka menginginkan jawaban singkat dan tepat saat ini. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memecah konten Anda menjadi potongan-potongan kecil. Pernah melihat daftar pertanyaan yang dapat diperluas di atas atau di antara hasil pencarian biasa?

Jawaban atas pertanyaan pengguna dapat ditemukan hanya dalam satu paragraf posting blog Anda. Pastikan Google tahu paragraf mana itu. Gunakan pertanyaan sebagai subjudul dan masukkan juga kata kunci dalam baris konten.

Tetapi yang paling penting, tulis jawaban yang akan didengar pengguna pertama kali setelah pencarian. Berikut caranya :

“#0 Result”

Dengan SEO reguler, Anda cenderung mengincar peringkat #1 hasil pencarian. Dengan pencarian suara, target terbesar sedikit berubah, Anda memerlukan cuplikan unggulan yang juga dikenal sebagai hasil pencarian #0. Kotak di atas merupakan hasil yang ditunjukkan oleh pencarian suara.

Potongan biasanya sepanjang 40-55 kata. Pastikan untuk menjaga panjang ini untuk paragraf pertama setelah (sub) heading Anda. Juga, gunakan tag HTML <p> untuk memisahkan paragraf.

Selain artikel dengan jawaban, gunakan FAQ Anda dengan bijak. Saat pengguna mengajukan pertanyaan spesifik tentang merek Anda, salah satu dari FAQ itu adalah kandidat teratas untuk muncul sebagai jawaban terakhir.

Google Voice Search Optimasi Pencarian Suara WordPress

Cuplikan video

Anda mungkin telah melihat di beberapa halaman hasil pencarian bahwa hasil #0 adalah sebuah klip. Selain video musik populer, ini sering merupakan instruksi. Apakah Anda ingin video Anda dibuat sepenuhnya sehingga asisten segera memutarnya?

Pastikan teks disinkronkan dengan suara. Dan mulailah bagian yang diperlukan dari video dengan pertanyaan yang ingin Anda rangking.

Sekarang, Google mengutamakan konten YouTube. Jadi, Anda juga harus membagikan video jika hasil pencarian suara adalah prioritas utama Anda.

Dan jangan lupa untuk menambahkan keterangan pada gambar! Mereka adalah satu-satunya cara asisten suara dapat memberi tahu pengguna tentang gambar Anda pada pengguna dihasil pencarian.

Terlepas dari prioritas jawaban singkat dan langsung, Google memberi kesempatan bagi pengguna untuk menggali dalam topik yang mereka cari. Itu mungkin alasan mengapa Backlinco melaporkan rata-rata hasil pencarian suara dalam hasil teratas adalah konten memiliki jumlah kata yang panjang sekitar 2000 an kata.

Selain persyaratan ini, kegunaan, kredibilitas, dan keterbacaan tetap merupakan kualitas utama dari konten terbaik.

Apakah keamanan Situs web memengaruhi hasil pencarian suara?

Ya, benar!

Pada bulan-bulan pertama tahun 2018, ada perbedaan yang cukup besar. Penggunaan pencarian suara lebih memprioritaskan hasil dari situs web yang sudah menggunakan sertifikat SSL atau https.

Dan sudah lama juga bahwa Google Chrome menganggap situs web HTTP sebagai web yang tidak aman. Dan mesin pencari sekarang lebih menganggap HTTPS sebagai prioritas utama untuk pencarian teks dan suara.

Ini berarti sertifikat SSL adalah keharusan mutlak untuk situs web apa pun. Anda harus mempertimbangkan untuk segera menjadikan situs web Anda aman dan menggunakan sertifikat SSL baik berbayar maupun gratis seperti yang disediakan oleh Let’s Encrypt.

Selain itu, dengan Google khawatir tentang keamanan web (seperti biasa), persyaratan dapat dengan mudah menjadi lebih ketat. Itu sebabnya saya menyarankan Anda untuk mulai meningkatkan keamanan situs WordPress Anda agar mendapatkan perhatian di hasil pencarian.

Kesimpulan

Teknologi semakin berkembang dan metode pencarian sudah mulai bergeser menggunakan fitur asisten seperti OK Google atau Cortana, ini menjadikan kita sebagai pemilik situs web juga berbenah agar tetap bisa bersaing di hasil pencarian. Dan diatas adalah beberapa optimasi yang bisa Anda lakukan agar situs WordPress Anda mendukung untuk ditampilkan dihasil pencarian suara. Cara diatas juga berlaku untuk semua website yang dibangun dengan berbagai macam platform selain WordPress.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Cara Instal Ruby di Ubuntu 18.04

Panduan Cara Instal Ruby di Ubuntu 18.04 - Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman...

Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

Meskipun Chrome OS tidak memiliki fitur seperti Windows 10, sistem operasi baru besutan dari...

Close