Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memperbaiki White Screen of Death pada WordPress

Jika Anda pengguna WordPress self hosted dan saat Anda akses situs Anda yang terlihat hanya layar putih kosong berarti situs Anda sedang mengalami error yang disebut dengan istilah “White Screen Of Death” (WSoD) atau jika Anda pengguna Windows hal ini seperti sedang mengalami Blue screen.

error wordpress cover

White Screen of Death (WSoD) adalah error atau kesalahan pada WordPress yang terjadi karena beberapa penyebab yang berbeda. Error tanpa pesan seperti ini tentu akan sangat membingungkan apalagi bagi Anda sebagai pengguna WordPress yang baru pertama kali mengalami hal semacam ini.

Pada artikel ini saya akan memberikan solusi dari Error White Screen of Death pada WordPress dengan beberapa solusi yang bisa Anda coba satu persatu sampai kesalahan tersebut dapat Anda atasi. Sebelum kita masuk pada cara memperbaikinya, sebaiknya kita ketahui dulu apa penyebab dari WSoD ini.

Baca : Cara Perbaiki Error Database Connection WordPress

Apa Penyebab White Screen of Death?

Meskipun tidak ada sedikitpun informasi yang ditampilkan pada saat terjadi WsoD di layar WordPress Anda pada browser, banyak pengguna WordPress pada forum WordPress telah menemukan beberapa daftar penyebabnya sebagai berikut:

  • Batas memori terlalu rendah, dan ini biasanya ditetapkan oleh layanan hosting yang Anda gunakan.
  • Tema WordPress dan plugin yang Anda gunakan tidak berjalan dengan baik atau sebaliknya.
  • Tema atau plugin yang Anda gunakan mempunyai kode yang buruk sehingga menyebabkan kesalahan ketika WordPress telah di update.
  • Masalah kompatibilitas antara plugin.

Keempat masalah diatas adalah masalah umum yang menyebabkan WSoD pada WordPress Anda dan berikut rincian untuk memperbaikinya.

Memperbaiki Error White Screen WordPress

Kesalahan White Screen of Death ini bisa terjadi pada pengguna WordPress dengan kesalahan yang berbeda-beda, Ada yang masih bisa mengakses halaman Admin WordPress dan ada yang sama sekali tidak bisa mengakses halaman admin.

Jika Anda mengalami masalah ini dan tidak bisa mengakses admin dashboard WordPress Anda, Anda bisa menggunakan bantuan software File Transfer Protocol (FTP) manager untuk masuk ke file WordPress Anda atau bisa masuk melalu cPanel.

Baca : 7 Software FTP Client Terbaik Gratis Download

1. Periksa Batas Memori (Memory Limit)

Ketika kita berbicara tentang memori pada WordPress, ini biasanya mengacu pada memori PHP yang dialokasikan untuk plugin atau file apa saja yang digunakan untuk menjalankan skrip. Ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang mungkin Anda alami saat menggunakan WordPress.

Pertama-tama, masuk ke server yang berisikan file WordPress Anda melalui FTP dan cari folder public_html dan temukan folder website WordPress Anda:

Cari file wp-config.php, kemudian klik kanan View / Edit. Dan tambahkan baris berikut dalam tag PHP utama:

define ( 'WP_MEMORY_LIMIT', '64M');

Setelah Anda tambahkan tag PHP seperti diatas, silahkan simpan dan akses situs Anda kembali dan lihat apakah sudah kembali normal apa masih tetap mengalami WSoD. Jika hal ini sudah Anda lakukan dan masih terjadi masalah, silahkan tanyakan pada penyedia hosting Anda apakah mereka membatasi memori Anda.

2. Periksa Plugin Anda

Jika Anda menginstall terlalu banyak plugin WordPress, cepat atau lambat Anda akan mengalami kesalahan WSoD dari salah satu plugin yang Anda gunakan, karena kemungkinan plugin yang Anda gunakan tidak mendapatkan update dari pengembangnya saat WordPress melakukan update terbaru.

Untuk memeriksa plugin yang perlu Anda lakukan adalah menonaktifkan semua plugin secara bersamaan. Jika Anda masih bisa masuk ke dashboard WordPress Anda tentu ini akan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu masuk ke menu plugin dan disable semua plugin yang Anda gunakan. Tapi jika tidak bisa masuk ke area dashboard silahkan masuk melalui FTP seperti pada point pertama dan masuk ke folder plugin yang berada di dalam folder wp-content. Ganti nama folder “plugins” dengan nama lain, dengan cara ini maka plugin otomatis akan menjadi non-aktif.

Setelah selesai, periksa situs Anda apakah bekerja. Bahkan jika WordPress tidak dapat memuat plugin, Anda seharusnya dapat mengakses halaman admin dashboard Anda tanpa masalah jika sumber WSoD memang disebabkan dari plugin.

Jika kesalahan itu sudah teratasi, saatnya untuk kembali ke folder plugin Anda dan kembalikan nama folder plugin yang sudah Anda rubah tadi dan aktifkan plugin satu persatu dan cek situs Anda setiap Anda mengaktifkan satu plugin, ini untuk mengetahui plugin mana yang menjadi penyebab situs Anda mengalami WSoD.

Jika salah satu plugin Anda ternyata menjadi sumber penyebab kesalahan WSoD, Anda sebaiknya langsung menghapus plugin dan mencari plugin alternatif dengan fungsi yang sama.

3. Periksa Theme

Jika masalah WSoD Anda tidak disebabkan oleh batas memori PHP atau masalah kompatibilitas plugin, sekarang coba cek tema yang sedang Anda gunakan.

Dalam hal ini Anda harus mengikuti proses yang sama seperti saat menonaktifkan plugin, yang berarti paksa nonaktifkan tema menggunakan FTP. Temukan folder wp-content dan temukan folder tema di dalamnya:

Cari folder tema aktif Anda dan mengubah namanya. Melakukan hal paksa ini akan menonaktifkan tema WordPress yang Anda gunakan dan situs WordPress Anda secara otomatis akan menggunakan tema default terbaru, Twenty Sixteen. Jika sebelumnya Anda menghapus tema bawaan WordPress, Anda harus men-download tema tersebut dan ekstrak folder theme tersebut, dan meng-upload folder melalui FTP ke direktori tema:

Setelah itu selesai, akses situs Anda dan lihat apakah kesalahan WSoD masih Anda alami. Jika itu hilang, masalah itu mungkin kesalahan kompatibilitas antara tema Anda dan versi dari WordPress terbaru.

4. Periksa Log

Jika terdapat error pada WordPress meskipun tidak terlihat, Anda bisa melihat error log secara rinci, ini akan membantu Anda menentukan sumber kesalahan. Untuk melakukannya, masuk ke folder WordPress Anda melalui FTP kembali dan kembali ke folder konten, yang terletak di public_html. Kemudian, buka file wp-config.php dan tambahkan baris kode berikut dalam tag PHP utama:

define ( 'WP_DEBUG', true); 
define ( 'WP_DEBUG_LOG', true);
define ( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false);

Baris pertama dari kode untuk mengaktifkan mode debug, baris kedua menginstruksikan WordPress untuk menyimpan output debug dalam file debug.log yang akan dibuat di direktori yang sama dengan wp-config.php, dan baris akhir dari kode diatas untuk menampilkan kesalahan yang ditemukan di situs Anda. Sehingga Anda dapat menemukan sumber kesalahan dan segera memperbaikinya.

Baca : Cara Memperbaiki Internal Server Error WordPress

Diatas adalah beberapa penyebab yang menjadikan situs Anda mengalami kesalahan layar putih atau White Screen of Death dan solusi untuk memperbaikinya. Semoga cara-cara diatas dapat membantu Anda dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Auberge Responsive Free

Auberge adalah theme wordpress responsive gratis yang di desain khusus untuk situs restoran modern,...

10 Daftar Gaji Terbesar dari Perusahaan Teknologi

Dalam dunia kerja, gaji merupakan faktor penting dan paling dicari bagi para pencari kerja,...

Close