Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Toko Digital Online WordPress – Part 3

Pada lanjutan tutorial toko digital online bagian ketiga atau yang terakhir ini, saya akan membahas secara lengkap mengenai cara menambahkan item digital Anda pada listing produk sehingga Anda dapat memulai menjual produk digital dengan menggunakan Easy Digital Download (EDD).

Baca : Cara Membuat Toko Digital Online Dengan WordPress – Part 1

Menambahkan Produk

Alasan di balik keberadaan setiap toko digital adalah produk yang ditampilkan untuk dijual. Tanpa produk, maka Anda tidak perlu mempelajari tutorial toko digital ini.

EDD menyediakan salah satu kerangka yang paling sederhana dan paling user-friendly untuk menciptakan produk baru. silahkan klik menu Download» Add New.

Sebuah jendela baru akan terbuka yang memiliki tata letak yang sama seperti editor posting dimana Anda membuat postingan di WordPress, yang berarti bahwa Anda dapat menyesuaikan detail masing-masing produk setiap saat. Untuk menambah produk baru download, pertama kali isikan Judul di kolom title. Setelah menambahkan judul produk, Anda akan menambahkan Deskripsi di Deskripsi Produk yaitu di kolom editor. Ini harus berisi semua informasi yang berguna tentang produk Anda. Anda juga bisa menambahkan kategori produk digital di menu Downloads » Categories.

Tepat di bawahnya Anda akan menemukan kotak meta yang bernama Download Price untuk mengatur Harga Produk. Jadi, mari kita bahas detailnya.

pricing settings

Kotak Meta ini Options Pricing. Pertama Anda akan menemukan kotak centang dengan pilihan “Enable Variable Princing“. Secara default kotak ini tidak dicentang dan Anda dapat dengan mudah menambahkan harga produk pada kotak yang disediakan.

Tetapi jika 1 produk Anda mempunyai 2 versi berbeda dan harga berbeda, maka Anda diharuskan untuk mencentang pilihan “Enable Variable Princing” dan akan muncul menu centang baru dan silahkan centang juga ““Enable multi-option purchase mode. Allows multiple price options to be added to your cart at once”, semisal Anda memjual Windows versi 32 dan 64 tentunya akan memiliki harga berbeda. Pilihan ini akan memungkinkan pembeli untuk membeli versi dari produk yang sama sekaligus dan mereka akan disebutkan pada halaman Checkout.

name product edd

Download File

Pindah bagian bawah halaman Anda akan menemukan lagi kotak meta yang berlabel “Download Files”.

Product Type Option

Dalam kotak meta ini pertama kali akan mengkonfigurasi Jenis Produk Pilihan. Ini akan mengkategorikan produk Anda dalam dua jenis:

1. Default

download file edd default

Jika Anda memilih pilihan pertama, maka Anda akan diarahkan ke jendela di mana Anda dapat mengisi kolom untuk menambahkan produk File Name, URL File, dan Price. URL File akan mengarahkan pembeli ke link untuk men-download produk yang dibeli.

Pada kolom Price Assigment, Anda akan menemukan menu drop-down yang akan menampilkan semua pilihan yang Anda masukkan di bidang Option Name di meta box Download Price (yaitu Windows 32 dan Windows 64). Jadi, pilih harga yang sesuai untuk produk.

Juga, jika Anda memiliki lebih dari satu file, Anda dapat mengklik Add New File. Anda bahkan dapat menambahkan gambar dari file tersebut dengan mengklik Upload File, tapi itu opsional.

2. Bundle

download file edd budle

Jika Anda memilih Bundle sebagai Product Type Option Anda, maka itu berarti bahwa produk Anda mencakup lebih dari satu link dari produk selanjutnya.

Gambar di atas menunjukkan tampilan produk bundle. Di sini Anda akan memasuki nama semua Download Bundle yang Anda ingin tawarkan bersama dengan produk baru. Dalam hal ini, saya menambahkan dua item ke dalam daftar, yaitu Produk 1 dan Produk 2.

Download Notes

Download Notes

Pindah, kotak meta berikutnya adalah untuk Download Notes. Ini hanyalah sebuah kolom teks di mana Anda akan memasukkan catatan singkat, panduan, tips, dll mengenai produk Anda. Anda bahkan dapat menambahkan link lebih lanjut yang berhubungan dengan produk ini. Ini adalah link tambahan yang mungkin saja berguna untuk memberi kemudahan bagi pembeli Anda dalam menggunakan produk Anda. Semua informasi ini akan ditampilkan pada Purchase Receipt.

display produk toko digital

Setelah Anda melakukan semua pengaturan diatas dan sudah disesuaikan dengan produk Anda, Anda bisa mengklik tombol Preview untuk melihat produk pada front-end situs Anda. Gambar di atas menunjukkan hasil dari tutorial ini. Tata letak ini menunjukkan nama produk download, harga dan rinciannya. Dan setelah Anda klik Add to cart maka akan menghasilkan tampilan seperti layaknya toko online biasanya seperti gambar dibawah ini.

checkout toko digital online wordpress

Berikut diatas adalah tutorial akhir dari cara membuat toko digital online dengan wordpress, semoga dengan tutorial diatas, Anda dapat dengan mudah membuat toko online dan mulai bisnis online Anda sekarang juga. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca : Cara Membuat Toko Digital Online Dengan WordPress – Part 2

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Shopera Responsive Free

Shopera adalah Theme Wordpress Responsive gratis yang mempunyai desain modern untuk toko online, dengan...

Cara Membuat Toko Digital Online Dengan WordPress – Part 2

Melanjutkan tutorial sebelumnya untuk membuat toko online digital dengan Easy Digital Download, dimana saya...

Close