Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

8 Alasan Jangan Gunakan Shared Hosting Untuk Toko Online

Bagi pemula yang baru terjun ke dunia online dan baru pertama kali akan membangun situs online memang lebih di sarankan untuk menggunakan Shared hosting, Shared hosting memang di tawarkan dengan harga yang murah daripada paket lain. Tapi Shared hosting tidak cocok untuk setiap website terutama jika Anda berencana untuk terjun ke bisnis jual beli online dan membuat toko online. Situs eCommerce atau website toko online yang melayani jual beli barang atau jasa diharuskan mencari pilihan hosting lain seperti Managed VPS (Virtual Private Server) atau Dedicated server.

virtual private server hosting

Banyak alasan kenapa Anda harus menggunakan hosting selain shared hosting seperti keamanan, kinerja dan kehandalan yang tentu saja lebih baik. Dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan tentang keuntungan hosting wordpress pada VPS dan juga tentang manfaat VPS untuk usaha kecil dan sekaligus akan menjelaskan secara spesifik mengapa toko online tidak harus berjalan pada shared hosting.

Baca : 8 Tips Sukses Dalam Menjalankan Toko Online

1. Masalah keamanan

Mungkin salah satu alasan yang paling penting dari TIDAK menggunakan paket shared hosting untuk toko online Anda adalah dari segi keamanan. Keamanan yang kuat dapat Anda peroleh di hosting jenis VPS dan juga Dedicated server. Pada shared hosting, kerentanan dalam satu website juga membuat website Anda lebih mudah untuk di serang, karena sesuai dengan namanya yaitu shared yang dimana digunakan satu tempat secara bersamaan dengan situs web orang lain. Apalagi ini berkaitan dengan toko online, dimana perputaran uang juga terjadi.

2. Sumber daya yang terbatas

Situs eCommerce biasanya memiliki banyak menggunakan media seperti gambar, brosur, video dan dengan shared hosting tentu untuk jumlah ruang penyimpanan yang Anda miliki di account Anda sangat dibatasi, meskipun pada beberapa penyedia jasa layanan hosting jenis shared hosting menawarkan ulimited space tapi itu tidak benar-benar unlimited. Dan selain itu meski banyak yang mengatakan bahwa ruang hard disk yang di berikan lebih dari yang Anda butuhkan pada shared hosting tetapi Anda juga harus memperhatikan tentang penawaran shared hosting tersebut apakah unlimited bandwith, dan sekali lagi bahwa unlimited bandwith juga tidaklah benar-benar unlimited.

Gambar dan video dapat mengambil lebih dari jatah bandwidth yang di sediakan dan setelah situs Anda menjadi popular dan mendapatkan beberapa ratus kunjungan ke situs Anda dapat dipastikan Anda akan memiliki masalah bandwidth jika situs toko online Anda berjalan pada shared hosting.

3. Sertifikat SSL Anda sendiri

Saat menjalankan sebuah toko online Anda pasti harus memiliki sertifikat SSL untuk memastikan bahwa transaksi online Anda akan dienkripsi. Yang juga penting adalah Anda memiliki sertifikat SSL pribadi Anda sendiri dan tidak berbagi SSL dengan situs-situs lain. Sertifikat SSL ini juga penting bagi para pembeli di situs Anda, karena dengan Adanya sertifikat SSL ini pembeli akan merasa bahwa situs Anda aman untuk transaksi.

4. Kinerja yang lebih baik

Banyak penelitian selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa kecepatan dan kinerja dari sebuah situs web dapat memiliki dampak positif atau negatif terhadap perilaku belanja. Sebagai contoh sederhana, diperkirakan bahwa 40% dari calon pembeli online meninggalkan website yang memakan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat.

Untuk mencapai kecepatan dan kinerja seperti itu, Anda membutuhkan website yang dioptimalkan dan berjalan pada VPS atau Dedicated server dan pilihlah penyedia hosting terbaik. Dan perlu Anda ketahui juga, kecepatan situs Anda sangat berpengaruh pada peringkat mesin pencari, karena Google sangat mencintai situs yang memiliki kecepatan yang baik.

5. Anda perlu IP Anda Sendiri

Hal ini terkait dengan poin nomor tiga yaitu memiliki sertifikat khusus SSL Anda sendiri tetapi Anda juga ingin memiliki kontrol penuh pada IP Anda karena berbagai alasan. Dengan VPS Anda mendapatkan alamat IP Anda sendiri yang berarti Anda memiliki lebih banyak kontrol atas nasib Anda untuk membantu menjaga dari memiliki email daftar hitam dll . Reputasi bisnis (dan domain) sangat penting bagi Anda dan Anda harus mengambil setiap tindakan untuk melindungi semuanya.

Baca : Website Hosting – Fitur Apa yang anda butuhkan?

6. 100% uptime

Ketika menjual secara online situs Anda haruslah 100% uptime dan jika hal ini tidak mungkin setidaknya Anda dapat mendapatkan 99,9% uptime. Satu-satunya cara untuk mencapai angka yang tinggi ini adalah dengan menggunakan VPS pada penyedia hosting yang menawarkan SLA (Service Level Agreement) untuk uptime mereka. Shared hosting provider (bahkan jika mereka adalah yang terbaik di industri hosting), mereka tidak dapat menjamin Anda bahwa mereka dapat menjaga website Anda dapat berjalan normal selama 365 hari atau setahun.

7. Instan Support

VPS atau Dedicated server merupakan paket biaya lebih mahal dari paket shared hosting dan ini tentu sebagai alasan mengapa Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih baik. Setiap perusahaan hosting tentu akan memberikan dukungan yang lebih berkualitas dan mengutamakan pelanggan elit mereka daripada pelanggan biasa. Bantuan dari penyedia hosting tentu akan sangat Anda butuhkan saat terjadi masalah, dan dengan bantuan yang cepat akan sangat menguntungkan bagi Anda.

8. Anda harus siap untuk sukses

Dalam setiap menjalankan bisnis tentu kesuksesan adalah hal yang selalu ingin kita raih. Bahkan jika toko online Anda masih baru dan toko online Anda masih belum membuat banyak penjualan itu bukan berarti Anda tidak harus siap untuk sukses. Jika Anda serius dalam bisnis jual beli online dan ingin toko online Anda mempunyai banyak pembeli, tentu pada beberapa titik lalu lintas Anda akan tumbuh, penjualan akan meningkat dan Anda. Anda tidak perlu menunggu mendapatkan lonjakan yang tinggi pada situs Anda baru melakukan proses migrasi sementara banyak orang mengunjungi website Anda, karena sangat memungkinkan Anda akan kehilangan penjualan. Jika anda serius tentang bisnis Anda dan percaya bahwa bisnis yang akan Anda jalankan memiliki potensi, jangan tunggu kemudian (atau bahkan lebih baik) langsug mulai pada VPS.

Jadi apa web hosting yang terbaik sebagai solusi toko online Anda?

Ini sudah jelas bahwa shared hosting memiliki banyak kelemahan ketika Anda datang untuk bisnis online yang membangun situs toko online dan bisnis yang serius harus juga mencari solusi yang lebih profesional dan terpercaya (yaitu pada VPS dan Dedicated server).

Untuk lebih mudanya, solusi terbaik web hosting untuk toko online adalah Managed VPS server. Dengan VPS Anda mendapatkan hampir semua keuntungan dari dedicated server tetapi dengan biaya bulanan yang lebih rendah. Saat website Anda tumbuh Anda dapat menambahkan lebih banyak sumber daya untuk VPS Anda tanpa menghadapi masalah seperti downtime yang dapat mengganggu pengalaman pengguna di situs toko online Anda.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Olsen Light Responsive Free

Olsen Light adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang mempunyai desain bersih, ramping dan di...

10 Pertanyaan Paling Sering di Ajukan Tentang PayPal

Paypal merupakan alat transaksi online yang paling sering digunakan di seluruh Negara, dan jika...

Close