Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #2

Lanjut ke Tutorial membuat toko online wordpress dengan plugins Woocommerce bagian 2, silahkan baca terlebih dahulu Tutorial membuat toko online dengan wordpress #1, jika sudah langsung kita lanjutkan pembahasanya.

Di pembahasan pertama saya menjelaskan untuk mempersiapkan plugins woocommerce dan theme virtue sebagai bahan untuk praktek pembuatan toko online.

Membuat Toko Online Woocommerce

1. Download plugins Woocommerce Install dan Aktifkan

2. Download Theme Virtue Install dan Aktifkan, Dalam menginstall theme ini anda akan diharuskan untuk menginstall plugins bawaan dari theme yaitu Virtue Toolkit, Silahkan download dan aktifkan saja.

3. Setelah anda install dan aktifkan plugins Woocommerce, anda akan diberi peringatan untuk menginstall woocommerce page maka install saja dengan menekan tombol install.

install page woocommerceSetelah anda menginstall page woocommerce, anda akan mendapati 4 page baru di menu pages yaitu : Chart, Checkout, My Account dan Shop.

4. Lanjut ke Settings Woocommerce, Setelah anda mengaktifkan plugins woocommerce secara otomatis akan ada menu baru di dashboard dengan nama Wocommerce, dan beberapa submenu didalamnya seperti gambar dibawah ini.

menu woocommerce

Masuk ke menu Woocommerce -> Settings anda akan mendapati beberapa tab settings dengan tampilan seperti gambar dibawah ini.general settingsGeneral : pada tab general ini anda bisa melakukan settings Base Location (lokasi anda) dan Spesific Countries (anda bisa memilih indonesia saja jika tujuan pasar cuman indonesia, tapi jika seluruh dunia maka lewati saja), dan pada Currency Options Lakukan settings seperti pada gambar diatas.

product settingsProduct : Pada Product Listing anda arahkan Shop page pada Shop, dan pada product data anda bisa mengatur satuan berat dan ukuran yang anda gunakan, untuk product images sizes biarkan default seperti pada gambar diatas.

checkout settingsCheckout : Silahkan Centang coupon&checkout pada bagian Checkout process, untuk Checkout pages anda arahkan cart page pada Cart dan Checkout page pada checkout, dan jika anda ingin membuat halaman Terms and conditions maka buat dulu page baru dan isi terms and conditions selanjutnya anda bisa menambahkan page term and conditions tersebut.

payment method woocommercePayment Gateways : Pengaturan ini masih di Tab Checkout, anda bisa melakukan setting pembayaran disini, jika anda menggunakan transfer bank maka aktifkan Direct bank transfer, jika anda menggunakan paypal juga anda bisa mengaktifkan paypal, anda bisa memilih cara pembayaran yang inginkan.  Anda bisa memasukkan informasi bank maupun informasi paypal dengan hanya klik menu settings dibagian kanan.

shipping settingsShipping : Shipping options, Shipping calculations disini anda centang enable shipping dan juga enable shipping calculator, Tapi jika anda menggunakan free shipping maka tidak perlu mengaktifkan calculator ini.

shipping methodShipping Methods : Pada settings ini saya menggunakan Free Shipping, jika anda ingin menggunakan biaya pada pengiriman anda anda bisa menggunakan plugins berbayar yang bisa anda cari di internet, banyak penjual modul sistem biaya pengiriman jne.

*diatas adalah cara settings standart untuk woocommerce, untuk tutorial bagian ketiga saya akan membahas cara menambahkan produk baru.

Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #3

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • agnes

    gimana cara instalnya, sy udah buka2 di blog sy tapi ga ada fasilitasnya,,

  • deny yulia

    bang itu berarti pke nya wordpress.org y?mau bkin toko online nih tp punya nya cm smartphone android.apkh bisa ya?
    trm ksh

    • Maksudy gmn tu gan? hubunganya dengan smartphone android. 🙁

  • faqih

    cara nginstall Woocommerce dan virtue nya gmn ya?

    • gan di sebelah kanan ada tombol search, agan ketik cara install plugin. terus ketik cara install theme. ntar pasti ketemu.
      ente kalo mau belajar wordpress jangan langsung belajar buat toko online, ente pelajari dari yang paling dasar dulu. cari menu list tutorial wordpress di blog ane biar ente bisa pelajari satu-satu. Selamat belajar. 🙂

  • Itu hasil akhirnya bakalan seperti gimana bang, ga ada gambar hasil akhirnya nih 😀

    • kan sudah saya kasih link demo untuk hasilnya gan. 🙁

  • Julian Maulana Proqsyt

    maaf nih gan ,, Vitrtue nya kok gak bias di unggah ya ?
    dan muncul tulisan :berkas terunggah melebihi kapasitas php ini ” cara ngatasin nya gimana ya ? (Pemula)

    • coba cara ini gan : http://www.centerklik.com/cms/wordpress/cara-meningkatkan-maksimum-upload-file-size-di-wordpress/

  • Udhi Sapto Vilanata

    tutorialny keren gan. btw ane mau ngeshare info. ini ada plugin untuk pengguna WooCommerce, namanya Woo ongkir. Dengan plugin itu website dapat menampilkan ongkos kirim paling lengkap dan update langsung di halaman checkout.

    berikut linknya: https://tonjoostudio.com/addons/woo-ongkir/

Must Read...!
Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #1

Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel yang lengkap buat anda semua yang...

Apa Keunggulan Fitur Baru di WordPress 4.0?

WordPress 4.0 Beta 1 dirilis kemarin. Ini adalah rilis utama dengan beberapa fitur yang...

Close