Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

20 Tip SEO Ampuh untuk Meningkatkan Situs Bisnis Anda

Tidak peduli apa jenis bisnis Anda di dunia internet, atau Anda membawa bisnis yang sebelumnya dijalankan secara offline dan sekarang Anda mengembangkan bisnis tersebut secara online. Setiap bisnis yang dijalankan tentunya mempunyai tujuan yang sama yaitu kesuksesan.

Jika Anda sudah berfikir untuk melakukan bisnis secara online maka Anda akan dihadapkan dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization) SEO merupakan unsur yang rumit dan selalu berubah, tapi SEO penting untuk setiap bisnis online, atau entitas perusahaan dalam hal ini. Tanpa SEO, website Anda hanya akan terkubur di bawah tumpukan hasil mesin pencari dan Anda akan mendapatkan hampir nol konversi. Dengan bantuan beberapa tips SEO Ampuh ini, semoga situs bisnis Anda secara perlahan Akan menghasilkan peningkatan.

Tip SEO untuk situs bisnis

20 tips ini bukanlah tip yang rumit, melainkan tips sederhana dan tinggal bagaimana Anda mau mempraktekan atau memilih hanya untuk membaca tanpa melakukan apa-apa setelahnya. Silahkan Anda baca semua tips berikut :

1. Buat Blog

Blog tentunya penting untuk situs bisnis Anda. Anda membuat blog tidak semata-mata untuk permainan SEO, atau memproduksi konten untuk menjejalkan kata kunci, itu tentunya tidak akan bekerja dalam jangka panjang.

Sebaliknya, menulis untuk audiens atau pengunjung Anda dan menghasilkan blog yang membawa orang mengunjungi situs Anda lagi dan lagi. Ini merupakan pemasaran konten untuk bisnis Anda yang sangat Ampuh

Efek samping dari kegiatan blogging ini tentunya adalah bahwa dari waktu ke waktu, Anda akan memiliki konten yang relevan dan sering diperbarui untuk mesin pencari untuk melakukan pengindekan, sehingga situs Anda tidak dianggap mati oleh mesin pencari.

Baca : Cara Membuat Blog Hanya 30 Menit

2. Konten

Konten merupakan cara terbaik untuk membuat situs Anda menjadi tempat orang mencari dan memberi orang alasan untuk mengunjungi situs Anda. Berikan ulasan yang lengkap dan detail untuk setiap produk atau layanan yang ingin Anda jual, dengan ulasan yang lengkap akan membuat pengunjung puas dan tidak meninggalkan situs Anda ketika mereka membaca mengenai produk tersebut. Jika ulasan Anda sangat minim, maka pengunjung akan mencari situs lain untuk mengetahui informasi yang lebih dari produk yang berkaitan. Jadi luangkan waktu Anda untuk membuat informasi ulasan yang benar-benar lengkap yang dibutuhkan oleh pengunjung.

3. Utamakan Pembaca

Jangan terobsesi dengan menjejalkan atau memaksakan setiap kata kunci yang Anda bisa ke dalam posting blog atau deskripsi produk yang bertujuan untuk menghasilkan halaman yang relevan dan berharap mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik di situs Anda. Melainkan tulislah secara rapi dan benar-benar informatif. Jangan menulis untuk mesin pencari, tapi menulislah untuk pembaca Anda.

4. Gambar

Dalam menjalankan bisnis online, tentunya Anda tidak hanya menyuguhkan tulisan untuk pengunjung Anda, tetapi juga Anda harus memasang gambar disitus Anda, Pilih gambar terbaik sehingga menarik mata pengunjung pertama kali melihat. Lakukan optimasi gambar tersebut dengan mengisi Title, ALT dan Deskripsi yang mengandung kata kunci. Karena Pencarian tidak selalu melalui web, tapi melalui pencarian gambar juga akan membantu mendongkrak kunjungan ke situs Anda.

Baca : Cara Optimalkan SEO Gambar Tingkatkan Peringkat Situs

5. Membuat halaman di jejaring sosial

Media sosial adalah cara yang bagus untuk usaha kecil untuk memabantu membangun situs online, dan ini merupakan hal yang tidak harus Anda lewatkan, Buat halaman atau page bisnis Anda di jejaring social untuk menarik pengunjung melalui media social dan memudahkan juga bagi Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Sebagai langkah pertama, mengatur profil dengan kontak dan alamat web rincian yang akurat di situs sosial tekenal.

6. Melihat pesaing Anda

Cari tahu apa situs peringkat di halaman satu untuk kata kunci yang Anda target, pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari situs tersebut, jika Anda sudah menemukan, maka buatlah yang lebih baik untuk segi yang Anda bisa lakukan.

7. Strategi internal link

Dengan menggunakan strategi internal linking akan membantu Anda untuk meningkatkan peringkat kata kunci target tertentu, serta membantu pengunjung Anda untuk menemukan konten yang bermanfaat atau yang terkait. Anda bisa menambahkan Related Post dibawah post maupun di tengah konten Anda.

8. Hati-hati dengan kata kunci

Isian kata kunci adalah hal yang dapat dilihat oleh Google dengan mudah. Ini juga terlihat buruk bagi pengunjung dan mempengaruhi kualitas halaman.

Pikirkan satu atau dua kata kunci dan frase untuk menargetkan dan menggunakannya secara alami. Gunakan kata-kata dan frase semantik terkait untuk menghindari pengulangan kata kunci. Juga gunakan kata kunci Long Tail untuk bersaing di mesin pencari.

9. Gunakan Google Analityc

Pastikan situs Anda terpasang kode dari Google Anlitycs, Google Analitycs merupakan tools yang mempunyai fitur lengkap untuk menganalisa situs Anda, Anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung harian, bulan dan tahun kesitus Anda. Anda juga bisa melihat Apa kata kunci yang membawa pengunjung ke situs Anda.

Baca : Cara Daftar dan Memasang Google Analytics

10. Gunakan Webmaster Tools

Memiliki akun GWMT (Google Webmaster Tools) berarti Google dapat memberitahu Anda tentang masalah tertentu ke situs Anda.

Atau jika situs Anda telah di-hack dan de-index dari hasil pencarian, melihat permintaan link dan sumber lalu lintas (menurut Google), memungkinkan Anda untuk mengirimkan Sitemaps, memberitahu Google bagaimana Anda ingin situs Anda muncul di SERPs dan banyak lagi .

11. Judul Dan Deskripsi

Judul dan deskripsi akan ditampilkan oleh Mesin Pencari di hasil pencarian, Gunakan judul yang baik yang juga mengandung kata kunci Anda, Buat Judul dari Konten Anda tidak lebih dari 60 karakter.

Untuk pembuatan Deskripsi, buat deskripsi yang menarik pengunjung dan tentunya juga mengandung kata kunci Anda. Buat Deskripsi tidak lebih dari 160 karakter, Manfaatkan 160 karakter tersebut untuk membuat deskripsi terbaik.

12. Struktur URL

URL adalah juga merupakan salah satu hal pertama yang mesin pencari gunakan untuk menentukan peringkat halaman, dengan begitu mengapa sangat penting untuk membuat URL Anda mudah untuk mesin pencari. Anda dapat melakukan ini dengan membuat URL pendek, menyelaraskan dengan topik halaman dan kata kunci, dan memastikan bahwa URL membantu Anda untuk mengkategorikan halaman situs Anda. Lihat URL artikel yang sedang Anda baca ini, tentunya lebih pendek dari Judulnya. Saya hanya menggunakan URL yang simple untuk saya gunakan dan tentunya kata kunci juga dijadikan sebagai bagian dari URL.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

13. Memanfaatkan Heading Tags

Tag judul harus jelas memberitahu pembaca dan mesin pencari tentang topik halaman. Sebuah mesin pencari mampu mengidentifikasi pos ketika ditandai oleh bracketing teks dalam HTML dalam halaman. Tag pos membantu memberitahu mesin pencari tingkat pentingnya konten dengan menggunakan tag H1 sebagai judul, H2 dan H3 sebagai sub judul konten Anda. Anda dapat memeriksa tag judul situs Anda saat ini dengan melihat dalam tampilan HTML.

14. Social Network

Pasang tombol share social network di situs bisnis Anda, Social share juga merupakan cara terbaik untuk menyebarkan konten dan produk Anda di jejaring social, sebagian kunjungan ke situs Anda juga bisa di dapat dari jejaring social, Dengan memasang tombol social share, sebagian pengguna Anda yang merasa apa yang Anda sajikan bermanfaat maka mereka akan membagikan ke social media.

Baca : Plugins Keren Floating Social Bar WordPress

15. Forum

Buat Tread di Forum yang terkenal, pajang produk Anda di forum tersebut dan taruh link untuk diarahkan ke situs bisnis Anda, Dengan memanfaatkan Forum Anda akan mendapatkan pengunjung melimpah yang potensial, buatlah tread yang menarik dan bikin tread Anda selalu terlihat hidup.

16. Backlink

Bangun backlink yang berkualitas untuk menunjang situs Anda untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik, sampai saat ini backlink memang terbukti masih Ampuh untuk optimasi SEO. Tapi ingat, carilah backlink yang benar-benar berkualitas, karena 1 backlink berkualitas lebih mempunyai efek terhadap SEO daripada 100 backlink sampah.

Baca : 5 Manfaat Backlink untuk Meningkatkan SEO

17. Ulasan pengguna

Berikan kolom bagi pengguna untuk memberikan ulasan mereka mengenai produk Anda, Hal tersebut dapat meningkatkan konversi situs Anda dan produk Anda, dan ulasan juga dapat membantu untuk SEO.

18. Kecepatan Loading Situs

Sejak 2011, Google telah menjelaskan bahwa kecepatan situs merupakan salah satu faktor penting untuk peringkat pencarian, dan hari ini, dengan penekanan lebih besar pada pengalaman pengguna dari sebelumnya, kecepatan situs akan terus menjadi faktor peringkat. Pengguna tidak suka menunggu, yang berarti situs Anda akan ditinggalkan ketika pengguna harus menunggu terlalu lama. Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kecepatan situs:

  • Cek kecepatan situs dengan Google Insights atau GTMetrix, kedua situs tersebut akan memberikan keterangan mengenai apa yang harus Anda ubah untuk meningkatkan kecepatan situs.
  • Pastikan web server Anda dapat menangani kebutuhan situs Anda.

19. Mobile Friendly

Dengan hampir 40% dari lalu lintas organik berasal dari perangkat mobile pada tahun 2014, dan juga google baru-baru ini menyarankan untuk menjadikan situs menjadi lebih mobile friendly, maka tidak mengejutkan bahwa website yang mobile friendly akan mendapatkan peringkat lebih baik dengan Google. Jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk situs bisnis Anda, maka Anda akan dengan mudah menemukan tema yang sudah responsive. Anda bisa melakukan pengecekan situs mobile friendly di Google Mobile Friendly-Test.

20. Bersabarlah

Tip terakhir ini saya tidak tahu apakah ini akan melemahkan Anda atau justru malah menguatkan Anda. Karena perlu Anda ketahui SEO tidak dibangun hanya cukup dalam sehari. Jika dan ketika Anda mulai bekerja di atasnya Anda harus berkomitmen untuk jangka panjang. Saya disini bicara tahun, bukan bulan atau minggu. Karena kualitas dan kuantitas lalu lintas dipertaruhkan, SEO sangatlah kompetitif. Lihatlah Facebook, Amazone, Lazada dan situs-situs besar lainnya, meskipun mereka sudah sangat terkenal, mereka masih terus menerus mengeluarkan uang mereka untuk beriklan untuk mendapatkan pengunjung atau pelanggan yang lebih dan lebih. Mereka tidak pernah berhenti untuk melakukan perubahan untuk menjadi yang lebih baik. Jadi jika Anda berniat secara sungguh-sungguh di dunia bisnis online ini, maka jangan menyerah hanya untuk 1 bulan, 3 bulan atau bahkan setahun. Tapi berusahalah terus seperti mereka.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Opulus Sombre Responsive Free

Opulus Sombre adalah Theme wordpress responsive gratis, ini merupakan sebuah tema minimalis yang bisa...

5 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Sebuah Blog

Jika Anda tertarik pada dunia blogging, ingin membuat blog dan ingin menghasilkan uang dari...

Close