Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Screenshot Full Satu Halaman di Browser

Screenshot adalah cara termudah yang sering kita lakukan untuk mengambil gambar dari tampilan komputer, atau dari perangkat lain seperti smartphone maupun tablet. Jika anda menggunakan komputer maka akan sangat sering Anda menggunakan tombol “Prt Sc” atau yang sering di sebut print screen untuk mengambil media yang nampak di layar untuk dijadikan gambar. Tapi untuk kali ini saya akan membahas cara mengambil screenshot penuh atau full satu halaman dari web atau browser Anda.

fireshot addons

Jika anda ingin mengambil screenshot sebuah halaman web di browser juga masih sering mengambil menggunakan print screen dan tentunya ada kendala yaitu hasil yang ditangkap hanya sebatas yang terlihat di layar saja, dan bagian lain yang tak terlihat tidak dapat tertangkap. Lalu bagaimana cara untuk mengambil screenshot secara satu halaman penuh? jawabanya adalah dengan menggunakan add ons Fireshot. Keunggulan dari fireshot ini adalah Anda bisa mengambil screenshot full satu halaman meskipun pada bagian itu tidak nampak di layar. Dan dibawah ini adalah langkah-langkah menggunakan Add Ons Fireshot.

Baca : Add Ons Wajib di Install Oleh Web Design

Langkah Menggunakan Fireshot :

1. Install add ons Fireshot di browser kesayangan Anda. Dalam contoh ini saya menggunakan browser mozilla firefox, setelah selesai melakukan instalasi, silahkan lakukan restart pada browser.

2. Setelah itu maka akan muncul icon S, lihat gambar yang bertanda merah dibawah ini, jika tidak ada, anda bisa mencarinya di menu tools » fireshot.

fireshot print screen1

3. Silahkan siapkan halaman yang mau anda ambil untuk screenshot.

4. Tekan tanda panah disebelah kanan icon S tersebut. Dan anda akan di beri 3 pilihan untuk digunakan.

  • Capture Visible area adalah menu yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot di area yang terlihat saja, fungsi ini sama seperti print screen yang biasa anda gunakan.
  • Capture Selected Area adalah menu yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot untuk object yang anda tandai, setelah menekan menu ini ada bisa melakukan drag area yang ingin Anda ambil.
  • Capture Entire Page adalah menu yang bisa anda gunakan untuk mengambil seluruh halaman sekaligus. Lihat gambar dibawah ini.

fireshot print screen

5. Setelah Anda memilih dari salah satu menu yang saya jelaskan diatas, silahkan save. Terdapat 4 format yang bisa anda pilih untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut, ada .png .jpg. gif .bmp dan .pdf

Dalam menggunakan fireshot ini banyak sekali fitur yang bisa anda gunakan selain hanya untuk mengambil gambar di layar browser. Dengan fireshot anda bisa langsung mengupload gambar tersebut ke Facebook, twitter, easycapture, flickr, picasa dan imageshack. Selain itu Anda juga bisa melihat lebih banyak fitur lagi dengan menekan edit sebelum anda menyimpan hasil screnshot anda. Anda bisa memasukkan text, drawing, pointer dan shape. Anda juga bisa mendapatkan fitur lebih banyak lagi jika anda mau membeli untuk Add Ons yang versi pro dengan harga $39.95. Tapi menurut saya versi gratis aja sudah lebih dari cukup buat Anda gunakan untuk mengambil screenshot secara penuh di halaman browser.

Add ons fireshot selain terdapat di browser mozilla firefox juga terdapat di browser Google chrome, opera, internet explorer, seamonkey dan thunderbird. Anda juga bisa menggunakanya dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan yang saya jelaskan diatas.

Berikut adalah atikel tentang cara megambil screenshot satu halaman penuh pada halaman browser, semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda, memudahkan pekerjaan menjadi lebih cepat untuk mengambil gambar di layar kerja Anda. Selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Melihat Nofollow dofollow Website dengan Add Ons

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Green Eye Responsive Free

GREEN EYE adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang didukung dengan CSS3 dan WordPress Versi...

Perusahaan Layanan Web Hosting yang Direkomendasikan oleh WordPress

Pengguna Wordpress di indonesia saat ini sudah sangat berkembang, banyak kita temui situs-situs website...

Close