Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Nonaktifkan atau Disable Klik Kanan Pada WordPress

Jika Anda memiliki banyak konten artikel dan gambar di situs WordPress Anda, atau jika Anda saat ini sedang mempunyai sebuah situs dengan sajian  gambar seperti fotografer, tentunya Anda ingin melindungi konten berhak cipta Anda bukan? Aktivitas mencopy dan mempublish tulisan ke blog milik pengunjung memang sangat menjengkelkan, dan jika Anda tidak suka dengan hal-hal pencurian konten, Anda bisa dengan mudah melindungi konten Anda.

disable klik kanan

Pencurian konten memang sangat merugikan bagi si pemilik konten asli, jika tulisan Anda di copy dan di publish lagi di blog lain maka hal tersebut dapat menurunkan peringkat situs Anda di mesin pencari. Dan bisa jadi malah situs yang mencopy tulisan milik Anda dengan merubah sedikit kalimat menjadikan situs milik pengcopy tulisan Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik daripada artikel di situs Anda.

Meskipun tidak ada cara yang benar-benar bisa menghentikan orang dari mencuri konten artikel dan gambar Anda, tapi setidaknya Anda dapat membuatnya lebih sulit untuk mereka, atau setidaknya Anda dapat mengurangi aktivitas pencurian tersebut. Menonaktifkan klik kanan adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencegah pencurian artikel maupun gambar pada sebuah situs, begitu juga situs yang dibangun dengan WordPress.

Pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa plugin bagus untuk mematikan atau men-disable kemampuan untuk klik kanan pada situs WordPress Anda.

Baca : Cara Memasang DMCA Badges Pada WordPress

Cara Menonaktifkan atau Disable klik kanan

Berikut 2 Plugin yang bisa Anda gunakan untuk Menonaktifkan Klik Kanan yang lebih sering digunakan oleh pengunjung untuk mengcopy tulisan Anda:

1. No Right Click Images Plugin

plugin anti klik kanan wordpress

Plugin ini bekerja dengan baik dan patut Anda coba, plugin ini bekerja dengan cara menggunakan JavaScript untuk mengubah tindakan klik kanan pada tag IMG untuk menonaktifkan menu konteks. Silahkan download disini. (Peringatan : plugin sudah tidak di update selama 2 tahun lebih)

Plugin ini hanya menonaktifkan khusus untuk gambar saja. Gambar yang Anda unggah di media uploader WordPress biasanya akan secara default mempunyai link dan jika gambar di klik maka akan menunjukkan lokasi dimana gambar itu berada. Jika Anda tidak menghapus link pada gambar tersebut maka plugin ini tidak akan bekerja. Jadi jangan lupa untuk menghapus link otomatis dari gambar ini. Baca caranya dibawah ini.

Baca : Cara Menghilangkan Default Link Images WordPress

2. WP Content Copy Protection & No Right Click

plugin anti klik kanan wordpress2

Plugin ini lebih lengkap dalam melindungi situs Anda dari penggunaan klik kanan, selain bisa melindungi gambar Anda, ini juga bisa melindungi tulisan atau artikel Anda. Selain mematikan klik kanan, plugin WP Content Copy Protection juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan CTRL + A, CTRL + C, CTRL + X, CTRL + S atau CTRL + V .  serta menonaktifkan kemampuan untuk memblok teks. Ini berarti Anda dapat melindungi gambar dan tulisan Anda. Silahkan download disini.

Plugin ini menambahkan item sub-menu ke sidebar admin di mana Anda dapat mengakses beberapa pilihan dasar untuk plugin ini: perlindungan post dan perlindungan homepage dan perlindungan halaman statis menggunakan JavaScript.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan perlindungan CSS.

Fitur dasar plugin ini gratis, tetapi Anda dapat meng-upgrade ke versi premium untuk mendapatkan lebih banyak fitur seperti kemampuan untuk menampilkan pesan peringatan dan kompatibilitas dengan kerangka tema utama Anda.

Diatas adalah merupakan cara untuk melindungi konten Anda baik berupa gambar dan juga tulisan Anda, namun semua itu tidak sepenuhnya melindungi, tapi setidaknya bisa mengurangi pencurian tulisan dari hak cipta Anda. Jika Anda menginginkan hak cipta Anda teroasang di gambar Anda, sebaiknya gunakan watermark pada setiap gambar yang Anda publish di internet, Anda bisa membacanya di link artikel dibawah ini.

Baca : Cara Memberi Watermark Otomatis di WordPress

Silahkan gunakan salah satu dari plugin diatas, Anda bisa memilih plugin yang pertama jika Anda hanya ingin melindungi pencurian gambar Anda saja, tapi jika Anda ingin melindungi tulisan dan gambar Anda sebaiknya Anda menginstall plugin yang nomor dua karena mempunyai fitur yang lebih lengkap. Silahkan coba dan semoga konten Anda terlindungi dengan cara disable klik kanan. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • apakah cara ini juga sama kalau untuk melindungi artikel agar tidak di copy?

    • sama aja, tapi tidak sepenuhnya melindungi artikel, tapi setidaknya mengurangi.

  • searching aja gan, banyak plugin yang bisa menonaktifkan ctrl+u

Must Read...!
Theme WordPress Mesocolumn Responsive Free

Mesocolumn adalah Theme wordpress Responsive gratis untuk tema blog, majalah/magazine, komunitas dan e-commerce untuk...

Cara Hapus Powered by WordPress di Tema WordPress

Saat Anda menggunakan Wordpress dan menginstall tema Wordpress maka Anda akan melihat tulisan “Powered...

Close