Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress

Ketika Anda menambahkan lebih banyak plugin, update plugin, dan upgrade WordPress ke versi WordPress terbaru, sangat mungkin bahwa Anda akan menghadapi masalah dengan ukuran memori atau yang sering disebut Memory Limit. Dan itu merupakan masalah umum yang sering terjadi. Alasan mengapa kesalahan ini muncul dan menimpa Anda adalah karena Anda melebihi Batas Memori default yang disediakan oleh server hosting Anda.

memory-limit-wordpress

Jika Anda mengalami masalah memory limit saat pada situs WordPress Anda, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa mencoba satu per satu setiap solusi dibawah ini sampai Anda menemukan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda, karena banyak cara untuk menyelesaikannya dan kadang satu berhasil dan satu lagi tidak bekerja untuk Anda.

Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membutuhkan memori PHP yang lebih tinggi. Error Memory limit biasanya ditunjukkan seperti berikut ini :

Baca : 10+ Layanan Hosting Terbaik dan Murah

Fatal error: Out of memory (allocated 30408704) (tried to allocate 3981531 bytes)
Fatal error: Out of memory (allocated 8388608) (tried to allocate 28672 bytes)
Fatal error: Out of memory (allocated 49545216) (tried to allocate 77824 bytes)
Fatal error: Out of memory (allocated 32016932) (tried to allocate 25152 bytes)
Fatal error: Out of memory (allocated 8126464) (tried to allocate 196608 bytes)

1. Edit File php.ini

Jika anda memiliki akses ke file php.ini, anda dapat langsung membuka file itu dan menyesuaikan batas memori php. Di sisi lain, jika anda tidak memiliki akses ke php.ini, anda bisa membuat file baru untuk anda upload ke file direktori root di situs WordPress anda. Yang perlu anda lakukan adalah buka notepad, dan ketik memory_limit = 64M dan kemudian simpan dengan nama php.ini. Setelah anda melakukan itu, anda cukup meng-upload ke direktori root situs WordPress anda melalui ftp.

2. Edit wp-config.php

Salah satu cara yang paling populer untuk meningkatkan memori adalah melalui file wp-config.php, karena file php.ini adalah file yang sangat penting dan tentunya sangat sensitif untuk anda utak atik file tersebut. File wp-config.php, di sisi lain dapat lebih aman. Yang harus anda lakukan adalah menambahkan define (‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’64M’); di wp-config.php anda. Anda dapat mengubah 64M ke ukuran yang berbeda, seperti 128M, 256M, 512M, dll.

Baca : Cara Memperbaiki Internal Server Error WordPress

3. Edit file .htaccess

Untuk cara ini mungkin si sebagian orang tidak bekerja. Ada yang sukses dan ada juga yang mengalami masalah Internal Server Error, tapi jangan khawatir, jika anda memiliki server error setelah menambahkan kode, anda dapat menghapusnya. Sekarang, untuk meningkatkan penggunaan memori php melalui .htaccess, anda akan perlu untuk mengakses melalui ftp, dan kemudian anda akan melihat file bernama .htaccess, yang perlu anda lakukan adalah menambahkan php_value memory_limit 64M dalam file .htaccess.

4. Edit file install.php

Fungsi dari kode yang digunakan untuk yang satu ini adalah sama dengan yang yang dimasukkan ke dalam file php.ini. Yang harus Anda lakukan adalah untuk membuka file install.php yang ada di folder wp-admin, dan kemudian tambahkan kode ini_set (‘memory_limit’, ’64M’); .

5. Konsultasi Dengan Penyedia Hosting

Jika semua hal di atas gagal, mungkin berarti bahwa hosting yang Anda gunakan tidak memungkinkan untuk meningkatkan penggunaan memori php, maka Anda harus menanyakan kepada jasa hosting Anda, dan meminta mereka untuk meningkatkan memori untuk Anda.

Baca : Cara Pilih Web Hosting Tepat untuk WordPress

Ingat, untuk selalu backup situs atau file sebelum melakukan perubahan apapun. Dan itulah tadi beberapa cara untuk meningkatkan memory limit PHP pada WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah batasan memory yang terjadi pada Anda. Selamat mencoba šŸ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Zed

    mas dibahas dong tutorial mempercantik widget untuk wordpress. kayak saya pernah liat satu box itu tertata rapih ada G+, tombol twitter, like fb. atau gak satu box itu ada alexa histats like fb tapi rapih gitu gak berantakan dan dalam satu widget. gimana itu ya mas saya penasaran banget

    • Zed

      kayak yang ini mas. Plis ya adain tutorialnya
      (maaf nyantumin link screenshot)
      http://goo.gl/z9YiKK

      • Itu kan cuman ambil code dari facebook like button, terus button follow twitter. abis itu tinggal copy di widget text. udah jadi gan.

Must Read...!
Theme WordPress Catch Box Responsive Free

Catch Box adalah theme wordperss responsive gratis yang sederhana, ringan, dan seperti namanya mempunyai...

Theme WordPress Art Works Responsive Free

Art Works adalah theme wordpress responsif gratis,Ā  Theme ini di desain dengan scroll tak...

Close