Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menghapus Autolink di Komentar WordPress

WordPress setelah Anda install secara otomatis sudah mempunyai sistem komentar yang lengkap dengan pengaturan untuk moderasi, mengedit, menghapus dan masih banyak lagi pengaturan penting lainnya. Dan sistem komentar WordPress juga sangat sederhana yang mudah digunakan bagi setiap pengunjung Anda.

remove autolinks wordpress

Namun secara default komentar WordPress secara otomatis akan merubah url yang di copy dan di masukkan ke komentar menjadi link aktif atau live link. Hal ini memang berguna karena kita tidak perlu repot-repot untuk menambahkan kode html untuk menjadikan URL sebagai link aktif, tetapi karena ada banyak spammer yang berkomentar di WordPress, kolom komentar WordPress sering digunakan untuk menamam backlink dengan cara yang tidak baik, Anda mungkin ingin menghapus fitur ini agar pengguna tidak dapat secara otomatis mendapatkan link aktif setelah mengetikkan URL ke kolom komentar situs Anda.

Spam menjadi perhatian penuh dalam hal sistem komentar WordPress, sehingga WordPress secara default saat instalasi sudah terdapat plugin akismet yang berguna untuk menangkal spam.

Baca : Apa dan Bagaimana Menggunakan Plugin Akismet?

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan cara mudah untuk menghapus link secara otomatis pada kolom komentar, sehingga setidaknya ini akan sedikit menyulitkan para spammer dalam menaruh link di kolom komentar WordPress.

Menghapus Autolink di Komentar WordPress

Untuk menghilangkan fitur autolink di komentar WordPress, Anda hanya perlu untuk meng-copy dan tambahkan kode berikut ke file functions.php theme wordpress yang Anda gunakan, atau ke functions.php pada child theme yang sudah Anda buat.

remove_filter('comment_text', 'make_clickable', 9);

Kode diatas hanya satu baris yang singkat dan sederhana tapi begitu bermanfaat karena secara otomatis menghapus Link Otomatis tersebut dari kolom komentar WordPress Anda, untuk itu membantu mengurangi jumlah SPAM yang memposting ke sistem komentar WordPress.

Backlink memang memainkan peran utama dalam Search Engine Optimization untuk situs web. Untuk mendapatkan lebih banyak  backlink beberapa pengguna mencoba dan meningkatkan backlink mereka dengan cara posting blog atau menaruh URL situs dalam komentar yang mereka tambahkan ke situs WordPress Anda saat berkomentar. Hal itu bertujuan untuk ketika Search Engine Spider melihat indeks website Anda terlihat seolah-olah Anda menghubungkan ke situs spammer, untuk meningkatkan peringkat SEO mereka. Maka hal tersebut menjadikan spammer juga sampai saat ini masih merajalela menyerang berbagai web dan blog.

Baca : Blokir Spam Komentar WordPress dengan Captcha

Diatas adalah panduan singkat cara menghapus fitur autolink di sistem komentar WordPress, semoga artikel sederhana ini bermanfaat buat Anda. Dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Maaf mau tanya jika dalam perbandingan, bagusan blogger atau wordpress?

  • Galih N Gumilar

    mantap dah artikelnya kawan

  • penjelasan yang oke

  • thanks buat infonya, sangat bermanfaat http://goo.gl/qVdDWG

Must Read...!
6 Tips Sukses Buat Anda yang Bekerja Dari Rumah

Semenjak teknologi internet semakin berkembang, kecepatan internet sudah memadai dan internet sudah menyebar ke...

Theme WordPress BlogMaster Responsive Free

Blogmaster adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk situs blogging yang membawa desain sederhana dan...

Close