Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Panduan Membuat Post dan Page baru di WordPress [Update]

Tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Page dan Post baru pada WordPress. Dimana bagian Post dan Page ini adalah bagian yang paling akan sering kita gunakan saat website di bangun dan setelah website berjalan secara online, karena Page dan Post ini tempat dimana kita meletakkan informasi atau konten yang ingin kita unggah di website kita.

Jika Anda memiliki website yang bertujuan untuk blogging maupun untuk portal berita, maka bagian Post akan sangat sering digunakan untuk memposting tulisan terbaru. Dan berikut panduan lengkapnya silahkan disimak.

Baca : Cara Membuat Kategori dan Menggunakan Kategori WordPress

Cara Membuat Pages Di WordPress

Dalam membuat Post maupun page sangatlah mudah, Untuk memulainya silahkan klik menu sidebar pada dashboard WordPress Anda dan klike menu “Pages” dan kemudian klik “Add New” seperti gambar di bawah ini :

Membuat page baru

Untuk “Bulk Actions” digunakan untuk menghapus maupun mengedit page maupun post secara bersamaan dengan cara mencentang page maupun post yang mau di hapus maupun di edit. jika ingin mengedit satu persatu cukup dengan mensorot title dari Page maupun Post maka akan muncul link menu edit, trash dan quick edit dibawahnya.

Langkah selanjutnya untuk membuat Page baru setelah kita klik button Add New pada langkah pertama tadi kita akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini :

membuat page baru about us

Dalam contoh di atas, untuk membuat judul halaman yaitu pada kolom title, sebagai contoh saya isi dengan judul About dan kolom yang besar di bawahnya adalah area untuk menulis konten untuk halaman Anda.

Untuk memasukkan gambar pada konten Anda bisa klik menu “Add Media” dan pilihlah gambar yang ingin Anda masukkan, lalu klik tombol “Insert to post”.

set-featured-images

Sedangkan untuk memasang gambar thumbnail atau gambar yang akan tampil sebagai gambar utama. Klik link Featured Image dan pilih gambar yang Anda inginkan. Setelah gambar Anda pilih silahkan klik tombol “Set Featured Image”. Jika sudah selesai silahkan untuk mempublikasikan halaman yang sudah Anda buat dengan klik tombol “Publish”.

Dibagian atas tombol publish terdapat kolom “Publish Immediately”, ini merupakan bagian untuk menjadwalkan postingan kita kapan waktu untuk dipublish ke website kita.

Cara Membuat Post di WordPress

Untuk berikutnya membuat Post, pada dasarnya membuat Post sama halnya dengan membuat Page, untuk menu yang harus di klik yaitu Posts dan Add New, cuman perbedaan di Post dengan Page yaitu terletak pada adanya Categories dan Tags, untuk penulisan Tag sesuaikan dengan pembahasan dari artikel yang sudah Anda tuliskan, dalam contoh saya menuliskan CMS dan WordPress, karena tulisan saya berhubungan dengan topik tersebut yaitu WordPress dan CMS. Dan untuk penulisan Tag harus dipisahkan dengan koma. Seperti gambar di bawah ini.

category&tag

Untuk menambahkan gambar pada postingan caranya sama dengan yang sudah saya bahas pada pembuatan page atau halaman dibagian pertama. Setelah semuanya selesai silahkan untuk klik tombol “Publish” untuk mempublikasikan postingan Anda.

Sebelum mempublish postingan maupun page yang Anda buat, Anda bisa klik tombol “Preview” untuk melihat bagaimana tulisan Anda ditampilkan, jika sudah yakin sesuai dengan keinginan Anda dan tidak terdapat koreksi Anda baru klik “Publish”. Tapi jika sudah terlanjur mempublish namun terdapat kesalahan, Anda masih bisa mengeditnya kembali dengan mudah, caranya klik menu “All Post” jika ingin mengedit Postingan, dan “All Pages” jika ingin mengedit “Pages”. Setelah itu Anda akan melihat judul postingan Anda, soroti judul tersebut lalu klik menu “Edit” yang muncul dibagian bawah judul postingan Anda.

Baca : Penjelasan Lengkap Tentang Perbedaan Kategori vs Tag

Diatas adalah cara mudah untuk membuat Pages dan Post di WordPress, semoga panduan ini bermanfaat buat Anda dan silahkan mencoba. Selamat belajar 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Widya Gupta

    Malem Master John,
    Saya baru main wordpress baru seminggu yang lalu.. Nah saat itu saya bikin tag “Taeny” masih ada tuh saat saya cari di en.wordpress.com/tag/taeny.. Pas ganti theme, setiap postingan saya update dan pake tag “Taeny”, wp saya ga ada lagi di en.wordpress.com/tag/taeny

    Apa yang mesti saya lakukan ya Master John ?
    Mohon bantuannya…
    Thanks You.

    • ane g ngerti gan maksudnya pakek tag kok terus ngilang gimana. coba cek tag nya di menu post -> tags.

  • saya punya masalah, kenapa saya gk bisa tambah kategori dan tag, tambah media juga gk bisa, atur menu juga bingung, saya pemula dgn WP, mohon bantuannya

    • agan mengalami sebuah masalah yang akut. di centerklik ada menu list tutorial wordpress, kalo mau membaca itu sudah sangat membantu. Selamat belajar.

      • terimakasih gan, sedikit sudah sangat membantu dari beberapa tutorial disini, tapi saya kebingungan dalam mengatur menu, dan memilih tema yg sesuai

  • caranya mudah gan, agan pelajari cara bikin tema wordpress dari nol sampek mahir. trus berkrasilah sesuai imajinasi agan. klo tutorial kayak gtu disini nggak ada gan. 🙂

  • masih perlu hal yang perlu dipelajari. sambil praktek sedikitt kebingungan terjawab

Must Read...!
Tutorial Cara Mengatur dan Menyesuaikan Themes WordPress

Untuk mengatur dan menyesuaikan tema wordpress sebenarnya tergantung pada tema yang Anda gunakan untuk...

Cara Install Themes Baru pada WordPress

Wordpress merupakan platform CMS (Content Management System) yang paling banyak memiliki themes atau tema...

Close