Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membatasi Panjang Artikel (Excerpt) WordPress

Jika Anda ingin membuat blog, kebanyakan Anda akan melihat artikel akan ditampilkan tidak secara penuh pada halaman utama atau homepage, artikel hanya ditampilkan beberapa kata dan disertakan dengan tombol atau link bertuliskan “Readmore..”, hal tersebut disebut sebagai kutipan atau excerpt dan bertujuan untuk meringkas beberapa artikel untuk memudahkan pembaca dalam memilih artikel mana yang ingin dibaca.

Memang kebanyakan tema WordPress sudah menerapkan excerpt, tapi masih ada beberapa tema yang menampilkan secara penuh. Jika Anda menggunakan tema yang menampilkan artikel secara penuh pada homepage maka pada artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana membuat (kutipan atau excerpt) Ringkasan posting pada WordPress, Tutorial ini sangat sederhana dan mudah untuk Anda terapkan meskipun Anda seseorang yang baru mengenal WordPress.

Ada beberapa manfaat dengan membuat excerpt pada postingan Anda di WordPress yaitu dapat mempercepat waktu loading dan meningkatkan jumlah tampilan halaman. Berikut penjelasannya :

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Meningkatkan Waktu Loading Halaman?

Jika Anda menulis posting dengan artikel yang panjang dan dalam artikel tersebut Anda sertakan gambar maka akan menjadikan halaman akan terasa berat saat di muat atau di load. Dengan menerapkan excerpt pada blog Anda tentu halaman tidak terbuka seluruhnya dan membuat halaman blog Anda tampil lebih cepat saat dibuka. Bayangkan jika dalam blog Anda ditampilkan 10 artikel dan semuanya tampil secara penuh maka hal tersebut akan membuat blog Anda terasa sangat lambat dan bisa berakibat pada pengunjung yang pergi meninggalkan blog Anda karena terlalu lama menunggu.

Meningkatkan Page View Blog?

Blog yang menerapkan excerpt akan memiliki kesempatan perhitungan 2 muatan halaman setiap membaca satu artikel. Karena pengunjung hanya membaca sedikit potongan dari artikel sepenuhnya dan jika mereka tertarik untuk membaca penuh artikel maka harus klik dan membuka halaman untuk mendapatkan artikel secara penuh.Ā  Dengan hal ini juga mendorong pengguna untuk membuat komentar pada posting karena formulir komentar juga di halaman ini dan mereka tidak perlu memuat halaman terpisah untuk meninggalkan komentar.

Membuat Excerpt Kutipan di WordPress

Untuk menampilkan postingan dalam bentuk excerpt silahkan untuk membuka file index.php, berkas archive.php, dan berkas category.php yang terdapat pada tema WordPress yang Anda gunakan.

Cari kode berikut:

<?php the_content(); ?>

Dan ganti dengan:

<?php the_excerpt(); ?>

Sekarang Anda dapat menulis Excerpt kustom untuk posting Anda dari panel admin Editor WordPress Anda, jika kolom excrpt tidak muncul dibawah editor WordPress, silahkan klik menu “Screens options” pada pojok kanan atas dan centang pilihan untuk menampilkan “Excerpt”. Tetapi jika Anda tidak mau menulis excerpt kustom, maka WordPress otomatis mengambil 55 kata pertama dari posting Anda dan menempatkan mereka dalam kutipan dengan elipses dan menampilkannya.

excerpt-wordpress

Anda juga dapat mengubah batas kata yang ditampilkan jika Anda ingin. Caranya cukup mudah, silahkan paste kode dibawah ini pada file functions.php pada Theme WordPress Anda.

// Changing excerpt length
function new_excerpt_length($length) {
return 100;
}
add_filter('excerpt_length', 'new_excerpt_length');

// Changing excerpt more
function new_excerpt_more($more) {
return '...';
}
add_filter('excerpt_more', 'new_excerpt_more');

Dan setelah semua langkah-langkah diatas Anda ikuti, sekarang refresh blog Anda dan lihat artikel yang Anda tampilkan pada homepage ditampilkan dengan memiliki artikel kutipan saja sebagaimana blog centerklik ini juga hanya menampilkan beberapa kata setiap artikel pada homepage. Semoga script sederhana diatas bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. šŸ™‚

Baca : Cara Memberi Link Read More Otomatis Saat Artikel di Copy

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Total Responsive Free

Total adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dan dibangun dengan fitur web...

Facebook Marketplace: Cara Mudah Jual Beli Melalui Group Facebook

Facebook merupakan media social yang menghubungkan milyaran orang di seluruh dunia, ini merupakan social...

Close