Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Google Translate di WordPress

Internet adalah media yang diakses oleh orang-orang dari seluruh dunia dan tentunya banyak sekali website atau blog yang ditulis dengan bahasa yang berbeda-beda. Dan kebanyakan blogger menggunakan bahasa global yaitu bahasa inggris, tapi kebanyakan orang juga tidak semuanya bisa mengerti bahasa inggris, dan tidak menutup kemungkinan kalau blog Anda dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai negara yang mempunyai bahasa yang berbeda, maka dari banyaknya perbedaan bahasa itu merupakan ide yang baik untuk anda untuk membuat blog anda mempunyai fasilitas translate, sehingga pengunjung dari negara mana saja bisa mengerti apa yang anda tulis. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Google Translate untuk WordPress anda.

Banyak dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus menggunakan Google Translate, ketika jelas bahwa teks yang diterjemahkan dengan alat ini cukup kacau. Saya tidak akan menyangkal bahwa teknologi ini perlu ditingkatkan secara signifikan, tapi menurut saya Google Translate dapat sangat membantu bagi pengguna yang tidak tahu bahasa blog yang anda gunakan. Inilah sebabnya mengapa dalam posting ini saya akan memberitahu Anda bagaimana untuk mengintegrasikan Google Translate di blog WordPress Anda dengan atau tanpa plugin.

1. Menambah Google Translate dengan Plugins

Ini adalah metode yang disukai oleh kebanyakan orang, karena lebih mudah untuk set-up dan mengkonfigurasi. Yang pertama anda butuhkan adalah plugin Google Language Translator. Download dan aktifkan. Lalu ke Settings -> Google Language Translator.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa kotak centang yang memungkinkan plugin dicentang:

Pilihan lain dapat digunakan untuk memilih tata letak penerjemah dan bahasa utama yang digunakan di website Anda. Setelah Anda selesai dengan pengaturan, Anda perlu menyalin shortcode di bagian bawah [google-translator].

google translate di wordpressSekarang ke Appearance -> Widgets, menambahkan widget Text baru dan paste shortcode di dalamnya. Simpan pengaturan widget dan periksa situs web Anda dan lihat hasilnya di sidebar blog anda.

2. Menambah Google Translate tanpa Plugins

1. Kunjungi alamat Google translate manager disini, dan Selesaikam proses pendaftaran, anda diharuskan memasukkan nama domain dan setting plugins. Jika sudah selesai anda akan melihat 2 potongan kode seperti dibawah ini:

google translate wordpressTerlihat gambar diatas anda disuruh menyalin kode bagian pertama dan memasukkannya dalam file header.php Anda, tepat sebelum tag head.

2. Setelah Anda menyelesaikan Langkah 1 Anda perlu menyalin bagian kedua dari kode dan masuk ke Dashboard Admin

3. Arahkan ke Appearance -> Widget dan menambahkan widget Teks baru

4. Paste kode yang Anda disalin pada Langkah 3 dan klik Save.

5. Buka blog Anda dan lihat hasilnya.

Berikut adalah tutorial memberikan fasilitas Google translate pada blog wordpress anda dengan dua cara, semoga bermanfaat dan membantu anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • cara yang sangat simple tapi mengagumkan

  • yasyas5904@gmail.com

    Halo Centerklik sdh lama saya sering mampir ke centerklik, bahkan centerklik sering menjadi acuan saya dalam belajar. Hanya saja centerklik jarang sekali memberikan panduan disertai gambar / image hasil dari panduannya. Kenapa y? misal translator hasil penampakkannya di web seperti apa ? itu saja contohnya.

    • iya gan, terimakasih masukannya. 🙂

Must Read...!
Cara Mudah Export Alamat Email dari WordPress

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mengekspor alamat email dari pengguna di situs...

Theme WordPress Track Responsive Free

Track adalah Theme wordpress responsive gratis yang mengusung desain berani & indah. Blog terlihat...

Close