Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Dengan Google Analytics WD

Google Analytics WD adalah plugin WordPress yang dapat menghubungkan akun Google Analytics Anda dengan situs WordPress dengan menunjukkan laporan secara lengkap dan detail langsung dari Dashboard website WordPress Anda.

google-analytics-wd

Google Analytics merupakan alat untuk melacak pengunjung yang dibuat oleh raksasa mesin pencari google, ala ini sangat menakjubkan dapat memberikan data pengunjung dengan tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu google analytics juga mempunyai sistem pelaporan terbaik yang mampu Anda manfaatkan untuk membantu menganalisa strategi SEO dan pemasaran online Anda.

Lalu bagaimana untuk menggunakan google analytics pada situs WordPress agar lebih efektif dan bekerja dengan baik secara instan? Jawabanya adalah dengan menggunakan plugin Google Analytics WD. Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai Google Analytics WD dan bagaiama memasang Google Analytics di WordPress dengan Google Analytics WD. Tapi sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu tentang Google Analytics WD.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Apa itu Google Analytics WD?

Google Analytics WD merupakan plugin buatan Web-dorado untuk pelacakan pengunjung website untuk WordPress yang sudah bersertifikat resmi dan bermitra dengan Google. Alat berfungsi sama dengan Google analytics karena memang mengambil data langsung dari google analytics, tapi dengan menggunakan plugin Google Analytics WD ini Anda tidak perlu mengakses ke website Google Analytics untuk setiap kali ingin melihat laporan pengunjung Anda. Cukup melalui dashboard WordPress, Anda sudah bisa melihat semua laporan dari akun Google Analytics milik Anda dan juga dapat mengirimkan laporan terjadwal mengenai pemberitahuan melalui email.

Google Analytics WD adalah salah satu plugin WordPress paling revolusioner di antara plugin WordPress untuk analytics lainnya. Karena Google Analytics WD ini dapat memberikan sejumlah besar laporan secara rinci, dengan interface yang user-friendly. Ini merupakan terobosan yang luar biasa dengan fungsi yang luar biasa pula dengan memberikan berbagai macam pilihan dan alat untuk mengambil kendali atas pengaturan pelacakan dengan mudah.

Google Analytics WD sudah memiliki desain tata letak yang sepenuhnya responsif sehingga Anda dapat dengan mudah melihat berbagai jenis laporan Google Analytics Anda langsung di situs Anda melalui berbagai macam perangkat dengan ukuran layar berbeda seperti smartphone, tablet maupun desktop.

Fitur-fitur Unggulan Google Analytics WD

Berikut adalah fitur-fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan plugin Google Analytics WD, dimana fitur dibawah ini akan sangat berguna untuk kemajuan situs WordPress Anda dan strategi pemasaran Anda.

  • Menampilkan semua laporan di “Google Analytics” seperti :
    • Audience
    • Real Time
    • Demographics
    • Bounce Rate
    • New Sessions
    • Users
    • Interests
    • Geo
    • Behaviour
    • Technology
    • Mobile
    • Site content
    • Site Speed
    • Events
    • Goals
  • Menampilkan informasi trafik dari website Anda yang terhubung dengan akun google analytics.
  • Memungkinkan menambahkan Goals dari Google Analytics langsung ke situs WordPress Anda.
  • Menambahkan Google Analytics comprehensive pada dashboard WordPress.
  • Overview statistics:
    • Real Time
    • Audience
    • Visitors
    • Location
    • Browser
  • Desain Responsive
  • Laporan perbandingan Metrics dengan Range.
  • Laporan ditampilkan dalam bentuk garis, pie maupun chart.
  • Export laporan ke CSV atau PDF.
  • Menginjinkan pengiriman laporan melalui email
  • Menyajikan statistik laporan pada page dan post baik di backend dan frontend.
  • Menambahkan Google Analytics tracking code pada domain melalui plugin
  • Terdapat pengaturan untuk manajemen user dan melihat kecepatan situs
  • Dapat melakukan konfigurasi dan manajemen Filter
  • Dan masih banyak lagi.

Harga Google Analytics WD

Google Analytics WD adalah plugin yang dapat Anda gunakan secara gratis dengan fitur yang menakjubkan dan membuat semuanya menjadi lebih efektif dan efisien. Sedangkan untuk fitur lebih lengkap lagi seperti Google Analytics Alert, Pushover notifications, Ecommerce Report, Google Adsense dan Adword report, Anda bisa mengeceknya juga dengan mengupgrade untuk menggunakan layanan premium. Lihat lebih jelasnya mengenai harga layanan penuh untuk penggunaan fitur Google analytics WD dibawah ini :

harga-google-analytics-wd

Perlu Anda ketahui bahwa web-dorado merupakan pengembang plugin dan themes WordPress yang sudah menciptakan banyak sekali tema dan plugin yang menakjubkan. Anda bisa mendapatkan 25 plugin buatan web-dorado dengan hanya membayar $100 saja. Dan dapatkan juga 11 Themes WordPress dengan desain menarik dan sudah responsive hanya dengan membayar $40 saja. Silahkan untuk membeli semua plugin dan themes WordPress dari web-dorado untuk menjadikan situs WordPress Anda semakin kuat dan profesional dengan cara yang mudah. Bahkan jika Anda seorang pengguna Joomla, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali Extentions keren dengan hanya $100 sudah mendapatkan 17 Extentions Joomla.

Visit Web-dorado

Cara Memasang Google Analytics WD di WordPress

Untuk menggunakan Google Analytics WD Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin Google Analytics WD. Silahkan masuk pada dashboard WordPress Anda dan klik menu Plugins » Add New dan pada kolom pencarian silahkan ketik “Google Analytics WD” klik Install dan Aktifkan.

google-analytics-wd-plugin

Setelah proses aktivasi maka akan muncul menu baru bernama “Analytics” pada sidebar dashboard WordPress Anda.

google-analytics-wd

Silahkan klik tombol “Authenticate” untuk masuk dan mengijinkan plugin untuk mengambil data dari akun Google Analytics Anda. Usahakan Anda sudah memiliki akun google Analytics, jika belum membuat akun google analytics silahkan baca artikel berikut » Cara Daftar dan Memasang Google Analytics [Terbaru].

allow-wd-google-analytics

Silahkan klik tombol “Allow” maka Anda akan mendapatkan code Google analytics dan Copy code pelacakan tersebut.

copy-google-analyticscode

Paste kode Google analytics dan klik tombol “Submit”.

paste-google-analytics-code

Setelah proses Authenticate selesai Anda lakukan, maka Anda sudah bisa melihat laporan dari akun Google Analytics Anda langsung melalui dashboard situs WordPress Anda.

Pada bagian “Overview” Anda dapat melihat laporan ditampilkan secara lengkap seperti : Real time, Audience, Visitor, Browser, Locations. Semua ditampilkan mirip dengan di Google Analytics dengan grafik dan pie. Anda juga bisa melihat berdasarkan date range untuk setiap laporan yang ingin Anda lihat.

laporan-overview-ga-wd

Pada bagian “Reports” Anda bisa melihat semua laporan seperti hal nya di Google analytics dan terdapat banyak menu dari Google analytics terpasang pada bagian sidebar sperti : Audience, Real Time, Demographics, Geo, Interest, Behaviour, Technology, Mobile, Site Content, Traffic Source dan masih banyak lagi.

report-google-analytics-wd

Pada bagian “Settings” Anda bisa melakukan pengaturan seperti Alerts, Pushover, Filter dan Email untuk pengiriman laporan terjadwal langsung ke email Anda. Dan pada bagian Advanced Anda bisa mengatur siapa saja user yang dapat melihat laporan dari Google analytics melalu dashboard WordPress Anda berdasarkan Role Users WordPress.

settings-google-analytics

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai apa itu plugin Google Analytics WD dan cara memasang dan menggunakan plugin Google Analytics WD pada WordPress. Dengan plugin ini Anda dapat melihat laporan Google analytics langsung secara live melalui dashboard WordPress Anda. Tentu ini merupakan plugin yang keren dan terintegrasi dengan baik di WordPress. Anda tidap perlu lagi mengunjungi website Googley Analytics untuk melihat laporan pengunjung situs Anda.

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster Tools

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Cronus Responsive Free

Cronus adalah Themes Wordpress Responsive Gratis yang mempunyai tampilan bersih dan merupakan tema serbaguna...

Beli Hosting dan Tema Murah Saat Black Friday 2016 [Best Deals]

Beli Hosting Murah Saat Black Friday 2016 [Best Deals]. Pada hari black friday ini...

Close