Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Hapus Powered by WordPress di Tema WordPress

Saat Anda menggunakan WordPress dan menginstall tema WordPress maka Anda akan melihat tulisan “Powered by WordPress” dibagian bawah tema atau bagian footer tema WordPress. Hampir semua tema WordPress terdapat tulisan tersebut.

Tema bawaan WordPress menggunakan area footer untuk menampilkan link “Powered by WordPress”. Banyak pengembang tema juga menggunakan area ini untuk menambahkan kredit mereka sendiri, sehingga terlihat seperti “Powered by WordPress” atau misal pengembang tema terbaik seperti mythemeshop menggunakan tulisan “Powered by MyThemeShop” dibagian footer tema yang dibuatnya.

hapus powered by wordpress

Mungkin Anda sebagai pemilik situs WordPress merasa tulisan tersebut menganggu atau mungkin menjadikan situs Anda terlihat kurang profesional dan berkeinginan untuk menghapus tulisan link “Powered by WordPress” pada footer tersebut di situs Anda, apalagi jika Anda menjalankan website bisnis, maka tidak masuk akal jika Anda menampilkan kredit tersebut. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk menghapus tulisan dan link “Powered by WordPress” pada tema WordPress Anda.

Apa boleh menghapus link kredit WordPress?

WordPress adalah CMS gratis, dan itu dirilis di bawah lisensi GPL. Dan itu berarti bahwa benar-benar legal untuk menghapus link kredit yang menghubungkan situs Anda ke WordPress pada bagian footer. Karena lisensi tersebut memberikan siapa saja kebebasan untuk menggunakan, memodifikasi, dan bahkan mendistribusikan WordPress. Setiap tema WordPress atau plugin yang Anda download dari direktori resmi WordPress.org, dan bahkan tema yang paling komersial untuk WordPress juga dirilis di bawah lisensi yang sama.

Jadi dengan lisensi tersebut Anda memiliki hak penuh untuk melakukan apa saja pada tema, plugin dan bahkan WordPress itu sendiri untuk kebutuhan situs web Anda termasuk dengan menghapus link kredit Powered by WordPress yang terdapat pada footer.

Baca : Cara Mengganti Nama dan Alamat Email Default WordPress

Cara Menghapus Link Powered by WordPress

Ada banyak cara untuk menghapus link kredit pada footer tema WordPress, dibawah ini saya menyediakan 3 cara, tapi saya hanya merekomendasikan untuk menggunakan 2 cara yang atas untuk menghapus “Powered by WordPress”.

1. Halaman Pengaturan Tema

Kebanyakan pengembang tema yang baik tahu bahwa pengguna mereka ingin memiliki pilihan untuk menghapus kredit link footer. Itu sebabnya mereka membuatnya tersedia di daerah pengaturan tema yang mereka distribusikan.

Setiap tema WordPress mungkin memiliki tempat yang berbeda untuk melakukan perubahan atau menghapus kredit link footer ini. Tapi untuk melihatnya, tempat pertama yang harus Anda tuju adalah pada Customizer tema WordPress di menu Appearance » Customize.

Atau jika tema WordPress yang Anda gunakan memiliki Theme Options, lihat pada bagian pengaturan tersebut. Di menu Appearance » Theme Options.

2. Edit file Footer.php

Cara kedua ini memang sedikit rumit bagi pengguna WordPress baru atau pengguna WordPress yang tidak begitu memahami tentang script PHP. Tapi cara ini bisa Anda pilih jika memang tema WordPress yang Anda gunakan tidak memiliki pilihan untuk menghapus atau mengubah kredit footer dari admin WordPress atau pengaturan tema WordPress, maka satu-satunya pilihan yang harus Anda lakukan adalah dengan mengedit kode footer.php.

Anda dapat menemukan file footer.php ini di folder /wp-content/themes/tema-anda/footer.php Anda

Cukup buka file ini di editor teks dan mencari teks kredit footer seperti “Powered by”, dan pada bagian tersebut akan menampilkan bagian yang Anda butuhkan untuk dihapus.

Dalam tema default Twenty Sixteen untuk WordPress, kode terlihat seperti ini:


<div class="site-info">
				<?php /** * Fires before the twentysixteen footer text for footer customization. * * @since Twenty Sixteen 1.0 */ do_action( 'twentysixteen_credits' ); ?>
				<span class="site-title"><a href="<?php echo esc_url( home_url( '/' ) ); ?>" rel="home"><?php bloginfo( 'name' ); ?></a></span>
				<a href="<?php echo esc_url( __( 'https://wordpress.org/', 'twentysixteen' ) ); ?>"><?php printf( __( 'Proudly powered by %s', 'twentysixteen' ), 'WordPress' ); ?></a>
			</div>

<!-- .site-info -->

Anda dapat menghapus teks ini seluruhnya atau mengeditnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menambahkan kode CSS

Anda dapat menghilangkan tulisan Powered by WordPress dengan menggunakan kode CSS, tapi metode ini tidak benar-benar menghilangkan link kredit tersebut tetapi hanya menyembunyikan. Anda bisa menggunakan kode yang cukup sederhana yaitu menggunakan (display: none).

Untuk menggunakan code tersebut Anda harus mencari class atau id CSS dari text atau link “Powered by WordPress”, Anda bisa menggunakan inspect element browser Anda atau dengan bantuan Add Ons firebug. Jika Class atau ID sudah ketemu, silahkan buka file style.css tema WordPress yang Anda gunakan, atau jika Anda mempunyai child theme, taruh pada file CSS tersebut. Kode lengkapnya seperti berikut :

#site-info {display:none}

Namun perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut dapat beresiko pada SEO situs Anda. Dan Google tidak suka link yang disembunyikan dengan (display: none) karena itulah teknik yang digunakan spammer untuk menyembunyikan link dari pengguna tapi masih terlihat oleh Google (dengan harapan peringkat yang lebih tinggi).

Dengan melakukan hal tersebut mungkin situs Anda akan juga ditandai sebagai spammer oleh mesin pencari, dan itu akan menyebabkan Anda kehilangan peringkat di mesin pencari.

Jadi apa pun yang Anda lakukan, jangan menggunakan metode CSS seperti ini:

Cara ini Meskipun terlihat sederhana dan mudah dalam penerapannya, hal itu tidak baik untuk SEO WordPress Anda.

Saya lebih menyarankan untuk Anda untuk menggunakan 2 cara diatas untuk menghapus link kredit di footer WordPress daripada menggunakan metode CSS yang berakibat buruk pada SEO situs WordPress Anda.

Baca : WordPress SEO : Cara Optimalkan Meta Description

Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus link kredit footer “Powered by WordPress” pada tema WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Download Theme Calestino Responsive Free

Celestino adalah theme wordpress responsive gratis (dibangun pada 1170 pixel besar jaringan Bootstrap). dengan...

Theme WordPress Baskerville Responsive Free

Baskerville  adalah Theme wordpress responsive Gratis yang di desain Tiles dan sangat indah serta...

Close