Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Daftar 10 Brand atau Merek Termahal di Dunia

Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, brand menjadi bernilai jika perusahaan tersebut mendulang sukses dan pendapatan besar. Terdapat riset mengenai nilai dari beberapa brand yang mempunyai nilai yang sangat menakjubkan, brand tumbuh dengan nilai yang sangat mahal. BrandZ Ranking menampilkan daftar brand atau merek termahal di dunia yang di riset oleh Millward Brown. Daftar ini menilai dari beberapa merek ternama dunia. Dari merek dibawah ini Anda akan melihat bahwa merek dengan nilai termahal di dunia di kuasai perusahaan teknologi.

Baca : Apa itu Branding? brand, logo dan identitas brand?

1. Google

google

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang di dirikan Larry Page dan Sergey Brin yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan online. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Pertumbuhan perusahaan google sangat cepat dan telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (email), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Nilai merek: $229 milyar

Nilai merek Google (GOOGL, Tech30) naik 32% di tahun 2016 ini, kenaikan valuasi google ini sangat pesat dibanding tahun 2015 yang hanya 9% mencapai $174 Milyar dan sekarang menjadi $229. Kenaikan tersebut sudah sangat baik dilakukan oleh Google, yang menjadikan google naik keperingkat pertama menggeser apple, menurut valuasi global BrandZ. Google masih mendominasi pasar pencarian online di dunia Barat dan terus menjadi peringkat terbaik sebagai salah satu pengusaha terbaik.

2. Apple

apple

Apple Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Niilai merek: $228 milyar

Apple (AAPL, Tech30) digeser oleh google setelah pada tahun 2015 kemarin mengungguli Google sejak tahun 2014 untuk menjadi merek atau brand yang paling berharga di dunia. Merek Apple sekarang menurun 8& setelah meningkat sebesar 67% pada tahun 2015 tahun lalu sebagai perusahaan yang terus mempromosikan produk-produknya secara global, menurut peringkat tahunan BrandZ.

Apple telah menjadi penguasa di Cina, di mana Apple telah mengambil pangsa pasar dari pesaing mereka seperti Samsung, Xiaomi dan Huawei.

Plus, Apple Watch – yang merupakan perusahaan pertama dengan produk konsumen baru dalam lima tahun – dan telah menciptakan banyak pengaruh di seluruh dunia.

3. Microsoft

microsoft

Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows.

Nilai merek: $121 Milyar

Microsoft (MSFT, Tech30) di tahun ini naik tipis hanya 5%, perusahaan ini telah lama menggunakan perangkat lunak Windows-nya sebagai sumber pendapatan terbesar, dan hal-hal yang berubah sekarang bahwa CEO baru telah dijabat oleh Satya Nadella.

Perusahaan ini menawarkan Windows baru 10 sebagai upgrade gratis untuk saat ini Windows 7 dan 8.1 pada pengguna. Langkah ini menandai titik balik bagi Microsoft sebagai perusahaan membuat produk yang lebih mudah diakses.

Dan Brand atau Merek Microsoft kini naik ke peringkat ketiga sebagai merek yang paling berharga di dunia, naik dari tempat keempat pada tahun 2014.

4. AT & T

at dan t

AT & T Inc adalah sebuah perusahaan telekomunikasi multinasional Amerika, yang berkantor pusat di Whitacre Menara di pusat kota Dallas, Texas. AT & T adalah penyedia layanan terbesar kedua telepon seluler dan penyedia terbesar telepon tetap di Amerika Serikat, dan juga menyediakan layanan televisi berlangganan broadband. AT & T merupakan perusahaan terbesar ketiga di Texas (perusahaan non-minyak terbesar, di belakang Exxon Mobil dan Conoco Phillips, dan juga perusahaan terbesar Dallas). Pada Mei 2014, AT & T merupakan perusahaan 23 terbesar di dunia yang diukur dari gabungan pendapatan, laba, aset dan nilai pasar, dan perusahaan non-minyak terbesar ke-16.

Nilai merek: $107 Milyar

Dua top perusahaan telekomunikasi Amerika – AT & T (T, Tech30) dan Verizon (VZ, Tech30) – menikmati tahun yang baik.

AT & T nilai valuasi mereknya naik sebesar 20% mencapai $107 miliar yang menongkrak peringkat perusahaan ini yang sebelumnya berada di peringkat ke 6 sekarang menjadi peringkat 4. Sedangkat Verizon malah mengalami penurunan di posisi 8 dari yang sebelumnya peringkat ke 7.

Cheung mengatakan AT & T sedang mencoba untuk menjadi lebih dari sebuah merek gaya hidup bagi konsumen, menyediakan layanan hiburan di samping mempersembahkan telekomunikasi.

Namun, saham perusahaan ini telah underperformed pasar secara keseluruhan, dan perusahaan ini ditendang keluar dari rata-rata industri Dow Jones awal tahun ini. Saham turun sekitar 2% selama 12 bulan terakhir.

5. Facebook

facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.

Nilai merek: $ 103 Milyar

Facebook (FB, Tech30) baru pertama kali masuk menjadi Top 10 sebagai brand atau merek dengan valuasi yang melonjak sebesar 44% selama tahun 2016 ini, dan tahun lalu hanya berada di posisi ke 12.

Perusahaan ini mengalami pertumbuhan brand dengan memasukkan daerah-daerah baru. Misalnya, Facebook baru-baru ini meluncurkan Bots untuk Messenger, yang akan membantu pengguna mengakses segala sesuatu dari informasi cuaca ke pemberitahuan belanja dan berita yang dipersonalisasi. Facebook juga memiliki Instagram dan WhatsApp, tapi BrandZ menganggap merek-merek tersebut terpisah dan mereka tidak diperhitungkan dalam satu valuasi Facebook.

6. Visa

visa logo

The Visa International Service Association atau biasanya dipanggil VISA adalah perusahaan kartu kredit yang didirikan tahun 1958. Perusahaan ini merupakan perusahaan kartu kredit terbesar di dunia.

Saat ini, VISA merupakan bagian dari Citibank, suatu unit bisnis dari Citigroup. Perusahaan ini dimiliki oleh lebih dari 21.000 institusi keuangan yang menerbitkan kartunya. Markasnya terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Nilai merek: $100 Milyar

Visa (V) nilai valuasi mereknya turun satu peringkat di posisi 6 yang sebelumnya berada di posisi 5 sebagai merek paling berharga di dunia. Lonjakan merek perusahaan kartu kredit ini sangat mengesankan sebagai pendapatan di seluruh dunia meningkat pada kecepatan yang sehat.

Namun, Brandz memperingatkan bahwa Visa harus menyadari telah melanggar persaingan, khususnya dari perusahaan teknologi-driven seperti PayPal, yang telah mengalami pertumbuhan pesat selama tahun lalu.

7. Amazon

amazon

Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.

Amazon memiliki beberapa situs web ritel untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia, Brasil, Belanda dan Swedia.

Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995.

Nilai merek : $98 Milyar

Seperti Facebook, ini adalah pertama kalinya Amazon (AMZN, Tech30) telah masuk dalam daftar top 10 sebagai merek paling berharga di dunia.

Perusahaan ini menciptakan konten hiburan sendiri dan telah menggenjot produksinya pengiriman dan bisnis logistik, mengganggu industri yang secara tradisional didominasi FedEx (FDX) dan UPS (UPS). Perusahaan ini tidak hanya memuaskan kebutuhan konsumen, juga menciptakan keinginan baru. Nilai merek Amazon telah melonjak 59% pada tahun lalu yang hanya di posisi 14.

8. Verizon

verizon

Verizon merupakan sebuah perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi broadband dan telekomunikasi Amerika. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000. Bermarkas di Basking Ridge, New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan ini mempekerjakan puluhan ribu pekerja.

Nilai merek: $93 milyar

Verizon (VZ, Tech30) telah berhasil meningkatkan nilai merek sebesar 8% selama tahun lalu karena terus menawarkan lebih banyak konten untuk pelanggan, namun peringkat merek ini turun satu tingkat di posisi 8.

Verizon mengeluarkan miliaran dollar untuk pengambilalihan perusahaan dari AOL, ini adalah bagian dari rencana untuk membuat pemain utama dalam bisnis media digital dengan menggabungkan salah satu jaringan seluler terbesar dengan produser konten terkemuka. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemain baru utama dalam bisnis media digital dengan menggabungkan salah satu penyedia jaringan selular terbesar dengan produser konten terkemuka.

9. McDonald

mc donald

McDonald’s Corporation NYSE: MCD (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald’s adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Lambang McDonald’s adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.

Restoran McDonald’s pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian dibelinya oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia.

Nilai merek: $88 Milyar

McDonald (MCD) nilai valuasi mereknya naik 9% tahun ini tapi tetap pada peringkat yang sama dengan tahun lalu yaitu di peringkat ke 9 sebagai merek paling berharga di dunia. Merek ini sempat menduduki peringkat kelima pada tahun 2014.

Perusahaan makanan cepat saji ini terlihat mengalami penyusutan penjualan karena banyak konsumen memilih untuk makan di pesaing mereka seperti Chipotle (CMG), burrito yang McDonald jual hampir satu dekade lalu. Tapi tentu saja McDonald tidak akan turun tanpa perlawanan.

10. IBM

IBM

International Business Machines Corporation (disingkat IBM; NYSE: IBM) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 16 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

Dengan lebih dari 330.000 pegawai di seluruh dunia dan pendapatan US$96 miliar (angka dari tahun 2004), IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dan salah satu yang terus berlanjut dari abad 19. Perusahaan ini memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia, di setiap cabang ilmu komputer dan teknologi informasi, beberapa dari mereka adalah pionir di bidang mulai dari komputer mainframe ke nanoteknologi. Mesin-mesin dan produk IBM yang sukses adalah Mainframe dengan sistem 370 (pada tahun 1960-an), IBM PC, AS/400 dan RS/6000 (1980-an), PowerPC CPU (1990-an, bekerja sama dengan Motorola, – sekarang Freescale)

Nilai merek: $86 Miliar

Nilai (IBM, Tech30) merek IBM telah menurun sebesar 8% dan tahun kemarin juga turun 13%, hal ini mendorongnya turun 4 peringkat ke posisi 10. Merek perusahaan IBM teknologi memang sangat menurun, dan IBM mencoba untuk bersaing di ruang komputasi awan seperti Amazon (AMZN, Tech30) dan Microsoft (MSFT, Tech30).

Profitabilitas yang lebih rendah juga telah menyeret penilaian secara keseluruhan. Pada kuartal terbaru, IBM melaporkan hasil yang meleset dari ekspektasi Wall Street.

Diatas adalah daftar 10 daftar brand atau merek dengan nilai termahal di dunia pada tahun 2016 ini dari BrandZ, artikel ini di kutip dari berbagai sumber seperti wikipedia dan cnn money. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Polmo Lite Responsive Free

Polmo Lite adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang serbaguna, Tema ini mengusung mode satu...

Tutorial Membuat Widget Fixed Pada WordPress

Tutorial Wordpress kali ini adalah membuat widget menjadi fixed atau mengambang jika di scroll...

Close