Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Nonaktifkan Semua Plugins Tanpa Masuk Admin

update wordpress notifikasiSaat kita mendapatkan masalah pada wordpress semisal Internal Server Error kita mendapatkan pemecahan masalah untuk menonaktifkan semua plugin dan mengaktifkan mereka satu per satu. Tapi kadang Masalah bisa saja terjadi dan kita juga tidak bisa mengakses Halaman Admin wordpress, sehingga anda tidak dapat menonaktifkan plugin dengan cara yang mudah. Jika Anda pernah menghadapi masalah yang sering disebut layar putih kematian, maka anda tahu persis apa yang saya bicarakan. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menonaktifkan semua plugin WordPress jika tidak dapat mengakses daerah wp-admin.

Ada dua metode untuk menonaktifkan plugin anda. Satu mengharuskan anda untuk menggunakan FTP, dan lainnya mengharuskan Anda untuk menggunakan phpMyAdmin.

Baca : Cara Membuat Redirect User Login di WordPress

Nonaktifkan Semua Plugins Menggunakan FTP

Dalam metode ini, anda akan perlu untuk menggunakan FTP, atau manajer file host anda. Setelah anda masuk ke file manager melalui FTP silahkan anda masuk ke folder /wp-content/. Anda akan melihat sebuah folder bernama plugins. Ubah nama folder plugin dengan nama lain. Dalam contoh ini, saya akan mengganti nama folder menjadi “plugins-deactivate”. Setelah anda melakukan ini, semua plugin secara otomatis akan dinonaktifkan.

Jika benar masalah terjadi karena plugin, maka dengan cara tersebut anda tentunya bisa lagi mengakses wp-admin anda. Dan setelah anda bisa mengaksesnya kembali, silahkan anda mengembalikan lagi folder yang anda rubah, dan lakukan pengaktifan plugin satu persatu sehingga di ketahui mana plugin yang menyebabkan masalah.

Baca : Apa dan Kegunaan Plugin WordPress?

Baca : Cara Install Plugin dan Mengatur Widget

Nonaktifkan Semua Olugin Menggunakan phpMyAdmin

Metode FTP diatas tentunya pasti lebih mudah untuk dilakukan, namun anda juga dapat menonaktifkan semua plugin menggunakan phpMyAdmin. Jika anda tidak tahu bagaimana untuk sampai ke phpMyAdmin, maka kami sarankan menggunakan metode FTP di atas.

phpMyAdmin tentunya berhubungan dengan database, setelah anda masuk ke database wordpress anda, silahkan cari tabel wp_options. Cari nama opsi “active_plugins“. Sekarang edit nilai opsi itu dan mengubahnya ke ini: a:0:{}

active plugin phpmyadmin

Berikut adalah dua cara untuk menonaktifkan plugin wordpress saat anda mempunyai masalah pada wordpress anda dan anda diharuskan untuk menonaktfikan plugin namun anda tidak dapat mengakses wp-admin, semoga atikel ini artikel ini akan membantu Anda menonaktifkan semua plugin dengan cara yang cukup mudah.

Baca : Cara Merubah Halaman 404 dengan Recent Post WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Omega Responsive Free

Omega adalah theme wordpress responsive gratis, Tema omega mendukung HTML5 dan kode schema.org, dasar...

Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress

Ketika Anda menambahkan lebih banyak plugin, update plugin, dan upgrade WordPress ke versi Wordpress...

Close