Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah Migrasi dari CMS Joomla ke WordPress

Banyak orang menggunakan Joomla untuk mengelola dan mempublikasikan situs Web mereka. Sementara Joomla adalah platform yang bagus, tapi belum tentu bagus untuk semua orang. Mungkin Anda termasuk pengguna joola yang telah memutuskan untuk beralih dari Joomla ke WordPress. Anda mungkin telah mendengar banyak orang berbicara tentang WordPress dan kemudahan dalam penggunaan WordPress itu sendiri. Anda ingin memanfaatkan kekuatan dari plugin WordPress dan mencoba banyak theme wordpreess. Nah jika Anda ingin bermigrasi dari situs Joomla Anda ke WordPress, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk memindahkan situs Anda dari Joomla ke WordPress.

Baca : Langkah-langkah Import dan Export di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih web hosting dan menginstal WordPress. Setelah Anda memiliki WordPress dan sudah berjalan, silahkan masuk ke area admin WordPress untuk menginstal dan mengaktifkan plugin FG Joomla to WordPress. (Pelajari cara menginstal plugin di WordPress).

Setelah mengaktifkan plugin, masuk ke Tools »Import. Anda akan melihat daftar Tools import yang tersedia untuk instalasi WordPress Anda. Klik pada Joomla (FG) dari daftar tool yang tersedia.

Berikut adalah halaman yang perlu anda lihat untuk import joomla. Pada halaman ini, Anda perlu mengetahui informasi situs Joomla Anda dan database dari joomla.

 joomla-importer-wordpress configurationAnda bisa melihat pengaturan database di area administrasi website Joomla Anda, di bawah tab Global Configuration »Server. Informasi ini juga disimpan dalam file configuration.php di root folder website Joomla Anda. Anda dapat mengakses file ini dengan menghubungkan ke situs web Anda menggunakan FTP client dan buka configuration.php dengan editor teks seperti notepad.

 joomla-db-settings configurationSetelah memberikan informasi database, scroll ke “Behavior”. Jika Anda ingin mengimpor file media seperti gambar dari Joomla ke WordPress pastikan bahwa Anda telah mencentang opsi Force media import. Terakhir, klik tombol  “Import content from Joomla to WordPress”.

 behavior import joomlaPlugin akan menjalankan script dan mulai mengimpor konten dari Joomla ke WordPress. Tergantung pada seberapa banyak konten yang Anda miliki, proses import mungkin memakan waktu. Setelah selesai, Anda akan melihat pemberitahuan seperti ini:

 after migrationsSetelah Anda selesai mengimpor semua konten Anda dari Joomla ke WordPress, langkah berikutnya adalah untuk memperbaiki semua internal link yang rusak. Gulir ke bawah ke bagian bawah Joomla (FG) Halaman importir dan klik tombol pada link internal Modify.

Mengatasi Masalah Import Joomla ke WordPress

  • Yang paling umum terjadi kesalahan selama import adalah “Fatal error: Allowed memory size of ****** bytes exhausted”.. Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalah ini dengan menaikkan Memory Limit PHP di WordPress.
  • Jika Anda melihat kesalahan koneksi database maka Anda perlu memeriksa kembali pengaturan database Anda dan pastikan Anda menggunakan login yang benar.
  • Kadang-kadang media yang mengimport mungkin tidak bekerja karena web host Anda mungkin telah menonaktifkan allow_url_fopen direktive dalam php.ini.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam migrasi situs Anda dari Joomla ke WordPress. Selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Baca : Cara Backup WordPress dengan BackWPup gratis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Thanks infonya gan… sangat berguna sekali untuk newbie wordpress seperti daku ini… oh oh….

    • sama-sama gan, semoga bermanfaat. 🙂

Must Read...!
Theme WordPress WP WriterStrap Responsive Free

WP WriterStrap adalah theme wordpress responsive gratis yang di desain datar dan minimalis,  tema...

Cara Export dan Import Widget WordPress

WordPress tidak memiliki fungsi untuk mengekspor atau mengimpor widget. Ini bisa menjadi hal yang...

Close