Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah Membuat Email Template di WordPress

Mungkin Anda pernah menerima email dari perusahaan, atau notofikasi dari toko online, atau dari perusahaan online besar lainnya dengan email yang terlihat bagus dengan menampilkan logo mereka dan dengan terdapat header dan footer sesuai dengan warna situs mereka. Jika pernah mendapatkan email seperti itu, email tersebut mempunyai template yang sudah disesuaikan, beda dengan kebanyakan dari kita yang mengirim email hanya terlihat text saja.

Jika Anda ingin mempunyai tampilan email yang dikirim oleh situs WordPress Anda ingin tampak seperti email perusahaan-perusahaan yang terlihat profesional, disini saya akan  menunjukkan cara untuk menambahkan email template yang indah di WordPress untuk semua pesan keluar dari situs WordPress Anda. Secara default, semua pemberitahuan email yang dikirim oleh WordPress dalam bentuk teks biasa dan cukup membosankan.

Baca : Cara Mudah Export Alamat Email dari WordPress

Manfaat Menggunakan Email Template?

Secara default, WordPress mengirimkan berbagai notifikasi email yang berbeda. Jika Anda menjalankan penulis blog WordPress secara individu, mungkin Anda tidak perlu menggunakan email template. Namun, jika Anda menjalankan situs multi-penulis, situs keanggotaan, situs Affiliasi atau toko online eCommerce, maka Anda sangat di anjurkan untuk menggunakan email template, agar email terlihat menarik dan meningkatkan nilai dari situs Anda di mata member.

Menggunakan warna-warni HTML template untuk email Anda memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna Anda. Juga ketika Anda menggunakan warna sesuai dengan situs dan logo situs Anda, itu membuat email Anda terlihat lebih profesional dan estetis.

Baca : Cara Merubah Nama Email Default WordPress

Membuat Email Template di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Email Template. Setelah aktivasi plugin, silahkan masuk ke pengaturan pada menu Appearance » Email Template untuk membuat dan memodifikasi template email Anda.

email template wordpress

Plugin Email Template memanfaatkan area Customizer WordPress untuk melakukan pengaturan sehingga Anda dapat membuat template yang indah Anda sendiri dengan live preview.

Customizer memiliki bagian yang berbeda. Pertama, Anda perlu klik pada tab settings di mana Anda dapat memasukkan nama situs Anda dan alamat email untuk digunakan sebagai pesan keluar.

Secara default, plugin akan menggunakan alamat email yang ditetapkan dalam pengaturan WordPress. Namun Anda dapat mengubahnya untuk menggunakan alamat email lain.

Berikutnya, klik tanda panah back untuk kembali ke bagian Template. Di bawah tab Template, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan pengaturan email penuh lebar (full width) template atau tata letak kotak (box layout). Anda juga dapat memilih warna latar belakang sesuai dengan warna situs Anda.

Setelah selesai, klik pada bagian header untuk setup header template email Anda. Anda dapat menambahkan logo atau menggunakan text.

Secara default, plugin akan menampilkan nama situs Anda sebagai teks di header email. Anda dapat mengubah tampilan header sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat mengubah ukuran font, text header dan warna latar belakang.

email template wordpress 2

Di bawah bagian tubuh email, Anda dapat mengubah ukuran font dan warna template email. Namun untuk mengubah warna link masih belum tersedia dalam pengaturan plugin ini.

Terakhir, jangan mengabaikan bagian footer email Anda. Secara default plugin akan menampilkan nama situs Anda dengan tanda hak cipta. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan keinginan Anda untuk bagian footer ini.

Anda juga dapat mengubah font, latar belakang dan warna teks.

Setelah Anda selesai merancang Template email Anda, Anda perlu untuk mengklik pada tombol Save&Publish untuk menyimpan pengaturan Anda. Untuk Placeholders bisa Anda gunakan dalam isi email Anda, gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda, itu akan secara otomatis di replace, misal Anda menggunakan %%BLOG_URL%% akan di ganti dengan alamat situs Anda.

Setelah itu, klik pada tab email tes kirim untuk melihat preview template email Anda. Plugin ini juga akan mengirim email ke alamat admin dalam pengaturan WordPress Anda.

Baca : Cara Menambah Login WordPress Dengan Email

Diatas adalah cara membuat template email untuk digunakan di WordPress, Anda juga bisa mencoba plugin lain yang mempunyai fitur lebih, Anda bisa menambahkan icon social di bagian footer dan fitur-fitur lain yang tidak ada di plugin yang saya buat untuk tutorial diatas, plugin tersebut bernama WP Email Template. Semoga artikel diatas membantu Anda dalam membuat email yang profesional dan bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Merlin Responsive Free

Merlin adalah Theme Wordpress Responsive gratis, ini merupakan sebuah tema Wordpress besar dan ramah...

Cara Mudah Membuat Galeri Foto di WordPress

Bagi Anda yang menjadikan situs sebagai tempat untuk membagi hasil karya gambar berupa foto,...

Close