Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Migrasi Dari WordPress.com Ke WordPress (Self-host)

WordPress.com adalah platform blogging yang sangat baik untuk Anda yang baru ingin memulai mencoba blogging, karena WordPress.com adalah platform gratis baik hosting maupun domain. Namun semakin Anda menjalani aktivitas blogging dan mulai menyadari potensi sesungguhnya dari blogging untuk diri sendiri, untuk bisnis atau untuk membuat uang, Anda tentu mulai berpikir untuk ingin memindahkan blog WordPress.com Anda ke WordPress Self Host. Berikut ini adalah panduan lengkap bagi Anda yang ingin migrasi dari blog gratis WordPress.com ke WordPress dengan hosting sendiri.

Jika WordPress.org dan WordPress.com masih membingungkan Anda, Anda harus membaca panduan saya sebelumnya tentang perbedaan antara WordPress.com dan WordPress (Self-host WordPress).

Dalam panduan ini, saya akan berbagi langkah-langkah yang tepat yang Anda butuhkan untuk mengambil langkah bermigrasi dari WordPress.com blog ke WordPress self hosting dan membuat mesin pencari tetap terjaga setelah migrasi, ini berarti, Anda tidak harus kehilangan lalu lintas dan terlebih lagi, semua link dan backlink tetap utuh.

Baca : Cara Membuat Blog Gratis dengan WordPress Terbaru

Migrasi Dari WordPress.com ke WordPress Self Host:

Sebelum melakukan migrasi Anda diharuskan untuk menyewa hosting untuk WordPress Anda nantinya, Anda bisa menggunakan hosting seperti BlueHost atau menggunakan hosting seperti yang centerklik gunakan yaitu iPage atau Anda bisa memilih salah satu dari daftar hosting terbaik pilihan centerklik disini. Jika Anda masih menggunakan nama domain gratisan dari WordPress.com Anda bisa membelinya saat menyewa hosting, tapi jika Anda menggunakan BlueHost atau iPage Anda akan mendapatkan domain gratis selama 1 tahun.

Mengekspor WordPress.com Blog:

Untuk memulai proses, langkah pertama adalah ekspor blog WordPress.com Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Login ke dashboard WordPress.com Anda
  • Klik Tools » Export
  • Pilih All Content

export file wordpress

Klik Download Export File dan ini akan mendownload file xml dari konten blog WordPress.com Anda. Langkah berikutnya adalah cukup sederhana, dan semua yang perlu Anda lakukan adalah setup WordPress di hosting baru dan mengimpor file .xml Anda sesuai dengan langkah-langkah dibawah ini.

Anda bisa menginstall WordPress dengan one click install WordPress, untuk panduan menginstall WordPress iPage, Anda bisa membaca disini. Dan untuk panduan menginstall WordPress di cPanel Bluehost bisa Anda baca disini.

Jika Anda menggunakan kustom domain pada WordPress.com maka Anda tinggal mengedit name server untuk di arahkan ke hosting baru Anda. Jika Anda membeli domain baru saat membeli hosting baru Anda tidak perlu melakukan pengaturan ini (mengganti name server).

Setelah Anda selesai menginstal WordPress di hosting Anda, login ke dashboard WordPress yang baru Anda install dan menghapus posting dan halaman default. Setelah itu masuk ke menu Settings » Permalink dan pilih pengaturan “day and name” sebagai struktur permalink Anda.

settings permalink wordpress

Sekarang masuk ke menu Tools » Import » WordPress

import file wordpress

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk menginstal plugin Importer WordPress. Klik Install plugin dan silahkan meng-upload file xml yang kita ekspor seperti pada langkah 1.

plugin import

Catatan: Banyak web hosting membatasi ukuran upload biasanya hanya 2MB. Anda perlu memeriksa ukuran file .xml yang Anda ekspor dan pastikan bahwa hosting Anda memiliki batas upload lebih dari ukuran file itu sendiri. Seperti gambar dibawah ini terlihat batas upload yang diberikan adalah 100 MB, berarti hosting ini memberikan kebijakan upload yang besar.

wordpress import upload

Jika file yang akan Anda upload mempunyai ukuran lebih besar dari ukuran batas upload yang diberikan oleh penyedia hosting, maka Anda perlu meningkatkan batas upload, Anda dapat mengedit file php.ini atau dapat meminta tim dukungan perusahaan hosting Anda untuk meningkatkan batasan upload, dan mereka tentu akan melakukannya untuk Anda. Berikut adalah beberapa solusi dari forum dukungan WordPress resmi yang bisa Anda lihat disini.

Setelah file diupload, Anda diminta untuk menetapkan penulis atau author.

import author

Anda dapat memilih pilihan ‘Download dan Import file Attach” untuk mengimpor semua gambar Anda dan upload file ke hosting Anda. Jika Anda memiliki terlalu banyak keterikatan, ini mungkin akan terjadi kegagalan saat upload, dan Anda harus mengulangi langkah tersebut dari awal lagi. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan plugin Import external Image. Ini adalah plugin sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengimpor semua gambar eksternal dalam blog Anda ke akun hosting Anda.

  • Menginstal dan mengaktifkan plugin
  • Masuk ke menu Media » Import Image
  • Dan klik tombol Import Images Now

plugin import wordpress image

Tergantung pada jumlah posting dan gambar, ini akan memakan waktu beberapa menit untuk mengimpor semua gambar dari WordPress.com. Setelah selesai, ini berarti Anda sudah  menyelesaikan 80% dari proses migrasi.

Setelah menggunakan plugin ini, Anda juga harus menggunakan plugin Image cache untuk memindai situs Anda sekali lagi. Dengan plugin pertama, hanya 60% dari gambar yang diimpor dan menggunakan Plugin Image cache itu akan mengimport semua gambar dari files.wordpress.com.

301 redirection menggunakan Official Site Redirect add-on

Untuk langkah terakhir ini adalah langkah yang penting untuk membuat mesin pencari tetap ramah pada situs Anda setelah migrasi. Langkah ini hanya perlu Anda lakukan jika Anda merubah nama domain baru. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan lalu lintas atau link yang menunjuk ke situs Anda. WordPress menawarkan add-on call situs-redirect dengan biaya hanya $13/tahun dan menawarkan 301 perma-redirect. (Search engine redirect ramah sehingga Anda tidak kehilangan lalu lintas setelah pindah blog WordPress.com Anda ke platform WordPress self-host).

add on redirect wordpress

Untuk menggunakan Add-on ini silahkan masuk ke dashboard situs WordPress.com Anda, klik pada Store dan membeli Situs mengarahkan add-on. Tambahkan nama domain Anda di sana, dan ini akan mengurus 301 pengalihan (Search engine yang ramah redirection).

Migrasi Subscribe WordPress.com ke WordPress self-host:

Anda dapat bermigrasi subscriber WordPress.com Anda ke blog WordPress self-host Anda dengan menggunakan JetPack Plugin. Berikut adalah panduan resmi, yang bisa Anda ikuti untuk migrasi subscriber Anda.

Catatan: Jika Anda menggunakan nama domain kustom maka Anda tidak perlu menggunakan Sites-redirect add-on.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa pertanyaan penting yang mungkin juga akan Anda tanyakan.

Apakah blog WordPress.com Anda harus dihapus?

Jika Anda menggunakan fitur Site-Redirect, Anda tidak harus menghapus blog WordPress.com Anda. Juga, jika beberapa file Anda (Images) masih di-host di WordPress.com bahkan setelah migrasi, Anda tidak harus menghapus blog WordPress.com Anda.

Apa yang harus Anda lakukan dengan blog WordPress Anda?

Masuk ke menu Setting » Reading di blog WordPress.com Anda dan klik pilihan yang mengatakan “Search Engine Visibility.” Ini akan mencegah mesin pencari untuk mengindeks blog WordPress.com Anda. Ini tidak akan mempengaruhi blog baru Anda.

Apa hal lain yang harus saya lakukan setelah migrasi?

Setelah migrasi Anda harus mengkonfigurasi blog Anda, menginstal plugin SEO, plugin caching dan plugin-plugin penting sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan setelah itu mulailah menulis seperti sebelumnya.

Diatas adalah panduan langkah demi langkah migrasi dari WordPress.com gratis ke WordPress self host yang semoga menjadikan Anda terbantu saat ingin melakukan migrasi. Selamat mencoba 🙂

Baca : Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan WordPress?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Ini dia jawabannya yang saya cari bang 😀

    Terimakasih atas rekomendasi link di komentar sebelumnya. Semoga tetap dan selalu rajin berbagi, sukses selalu.

    Mau otw nyari host dan domain haha

  • setelah bolak-balik ke halaman ini selama sekitar semingguan lebih ketika proses migrasi dari wordpress.com ke slef hosted,
    alhamdulillah berhasil.

    terima kasih sekali atas panduan dan penjelasaannya mas,
    salam…

Must Read...!
Theme WordPress Tora Responsive Free

Tora adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk tema bisnis yang elegan...

WordPress Popup – Plugin Untuk Membangun Daftar Email dan Media Sosial

Ketika Anda sedang menjalankan bisnis online dan memanfaatkan website atau blog sebagai media untuk...

Close