Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menghapus Postingan WordPress Secara Otomatis

Dalam dunia blogging maupun media penyaji berita diharuskan untuk selalu melakukan update artikel secara teratur jika ingin situs tersebut tetap terlihat hidup dan pengunjung akan selalu berdatangan untuk melihat artikel terbaru, dan sangat tidak dianjurkan untuk menghapus postingan blog yang sudah di publish. Namun, anjuran untuk tidak menghapus postingan tidak berlaku bagi pemilik situs yang menyajikan pengumuman event, pendaftaran, kupon atau segala hal yang berhubungan dengan artikel yang mempunyai masa kadaluarsa. Situs yang mempunyai postingan seperti itu tentu diharuskan untuk menghapus postingan mereka setelah melewati masa kedaluwarsa.

Sejak update Google Panda, mesin pencari google hanya berfokus pada artikel baru yang berkualitas dan memperbarui posting lama yang kurang cukup berkualitas. Berikut pada artikel kali ini saya akan menunjukkan cara untuk menghapus postingan WordPress secara otomatis.

Baca : Cara Memberi Link Read More Otomatis Saat Artikel di Copy

Auto Delete Post WordPress

WordPress didukung oleh sejumlah besar plugin yang dapat mencapai tujuan yang berbeda. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan plugin Post Expirator. Untuk menggunakannya pertama kali silahkan Andainstal dan mengaktifkan plugin tersebut di situs WordPress Anda, setelah aktivasi silahkan masuk ke menu Post Expirator yang terdapat di menu Settings » Post Expirator. Di sini, Anda dapat memeriksa halaman pengaturan umum plugin ini, yang mengharuskan Anda untuk menentukan konfigurasi default, kategori kadaluarsa dan tampilan footer.

Default Configurations

hapus postingan otomatis wordpress

Pada pengaturan default ini terdapat pilihan pengaturan format tanggal, format waktu dan durasi tanggal / waktu default. Dua opsi pertama dapat dibiarkan tidak perlu Anda rubah karena mereka menunjukkan shortcode untuk menampilkan waktu berakhirnya. Adapun pengaturan terakhir, Anda dapat mengubahnya untuk  menetapkan waktu berakhirnya default untuk setiap posting baru dan halaman. Secara pribadi, kami sarankan Anda untuk memilih None.

Category Expiration

hapus postingan otomatis wordpress

Pada pengaturan di Category Expiration, Silahkan pilih kategori postingan apa yang ingin ada atur untuk otomatis dihapus. Dengan memilih salah satu kategori, maka semua postingan Anda yang dimasukkan ke dalam kategori tersebut yang akan dihapus secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu.

Post Display Footer

Jika Anda mengaktifkan opsi ini, Anda dapat menampilkan tanggal kedaluwarsa postingan pada akhir posting blog.

hapus postingan otomatis wordpress

Selain pengaturan umum atau general settings, terdapat juga halaman pengaturan default, dimana Anda dapat memilih beberapa nilai default untuk posting Anda, halaman dan form. Misalnya, Anda dapat memilih pengaturan default tindakan yang akan dilakukan jika postingan sudah kadaluarsa, apakah di jadikan postingan draft atau dihapus, atau menempatkan ke dalam folder privasi. Juga, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan berakhirnya otomatis untuk semua item yang baru diterbitkan, dan menampilkan kotak meta untuk berakhirnya di halaman post editing.

Sekarang, Anda dapat kembali ke halaman editing posting atau halaman. Di situ, Anda dapat melihat kotak meta khusus seperti screenshot berikut di bagian sebelah kanan layar.

post expirator settings

Dari kotak pengaturan ini, Anda dapat menentukan waktu dan tanggal berakhirnya. Jika Anda tidak memutuskan default berakhir tindakan di halaman pengaturan, di sini, Anda juga perlu memilih bagaimana akan berakhir posting Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mengklik kotak untuk mengaktifkan fungsi pasca berakhirnya.

Baca : Cara Hapus Link Default Gambar di WordPress Otomatis

Sekarang, Anda dapat mempublikasikan posting Anda dan menjadikan postingan Anda dapat dihapus secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Eryn Responsive Free

Eryn adalah Theme Wordpress Responsive gratis yang di desain untuk tema blogging minimalis dan...

Cara Mencari dan Mengganti Teks Secara Masal di WordPress

Saat Anda mempunyai blog dengan postingan yang sudah banyak tapi Anda ingin mengganti beberapa...

Close