Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mencari Link Rusak (Broken Links) di WordPress

Link rusak atau broken link yang terdapat pada situs web atau blog sangat merugikan bagi pemiliknya. Karena jika website Anda memiliki link yang rusak Google atau mesin pencari lain akan memberi situs Anda reputasi yang buruk. Reputasi buruk tersebut bisa berakibat dengan penurunan peringkat Anda ke titik yang Anda mungkin tidak lagi dipandang sebagai otoritas dalam usaha Anda.

Karena perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari seperti google mempunyai tujuan utama yaitu google membuat mesin pencari canggih untuk menciptakan pengalaman web yang lebih baik bagi semua orang. Untuk mencapai hal tersebut tentu mereka berusaha sangat keras untuk pengguna yang menggunakan mesin pencari mereka tidak mengakses ke situs web yang memiliki link yang rusak.

Jika Anda pengguna WordPress, baik itu untuk tujuan web bisnis maupun blog. Perlu bagi Anda untuk selalu memeriksa apakah dalam situs Anda memiliki link yang rusak atau broken links. Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial wordpress tentang cara mencari Link rusak atau Broken link pada WordPress. Karena hal ini sangat di perlukan dalam membangun blog atau website, dengan adanya broken links di blog kita itu sangat menjengkelkan, karena saat pengunjung melakukan klik ternyata link tersebut tidak bisa di akses. Selain hal itu, broken link juga akan mempengaruhi SEO blog Anda. Dan silahkan simak cara mencari link rusak dengan bantuan plugin Broken links checker dibawah ini.

Baca : Apa itu Backlink dan Apa Pentingnya Backlink?

Cara Penggunaan Broken Links Checker

Dengan broken link checker plugin, pengguna WordPress tidak akan di pusingkan lagi dalam mencari broken links, Anda tidak perlu mencari satu persatu link mana yang rusak, karena anda bisa menggunakan Broken Links Checker untuk menemukan links rusak secara otomatis.

1. Download Plugins Broken Links checker

2. Install dan Aktifkan

3. Masuk ke Settings -> Link Checker

broken links checker options

Di halaman tersebut Anda perlu melakukan pengaturan dimana saja plugin akan melakukan scan, secara default setingan akan menscan post, page dan comment, Di menu tab Look For Links. Jika artikel Anda sedikit dan server hosting Anda cepat dalam beberapa menit saja proses scan akan selesai, tapi jika server web hosting yang Anda gunakan lemot maka juga akan memakan waktu yang lama.

Jika dalam scanning plugin menemukan link yang rusak, maka akan muncul di tab baru pada panel WP admin – Tools -> Broken Link. Sebuah pemberitahuan juga akan muncul dalam “Broken Link Checker” widget pada Dasbord. Anda juga dapat mengirimkan pemberitahuan melalui E-mail.

Pada bagian menu tab “Broken Link” akan secara default menampilkan daftar link yang rusak yang telah terdeteksi. Namun, Anda dapat menggunakan link pada halaman tersebut untuk melihat pengalihan atau melihat daftar semua link bekerja atau tidak. Anda juga dapat membuat filter link baru dengan melakukan penelusuran dan mengklik tombol “Create Custom Filter”.

Ada beberapa tindakan yang terkait dengan setiap link. Mereka muncul ketika Anda memindahkan mouse Anda ke salah satu link yang tercantum pada tab tersebut :

  • Edit URL : memungkinkan Anda mengubah URL dari link tersebut. Jika link tersebut hadir di lebih dari satu tempat dan semua URL akan diganti.
  • Unlink : menghapus link tetapi link text tetap dipertahankan.
  • Not Broken : memungkinkan Anda secara manual menandai link “rusak” seperti bekerja. Hal ini berguna jika Anda tahu itu tidak benar terdeteksi sebagai link rusak karena kesalahan jaringan atau bug. link ditandai masih akan diperiksa secara berkala, tapi plugin tidak akan menganggapnya rusak kecuali mendapat hasil baru lagi yang menyatakan rusak.
  • Dismis : menyembunyikan link dari “Broken Link” dan “Redirect”. Ini masih akan diperiksa seperti biasa dan mendapatkan link normal.

Anda juga dapat mengklik isi dari kolom “Stats” atau “Link Text” untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang status setiap link.

Baca : Cara Merubah URL Link Konten WordPress Dengan Cepat

Diatas adalah panduan lengkap mengenai kerugian jika Anda memiliki link rusak dan bagaimana cara menemukan dan memperbaiki link rusak pada situs WordPress Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Pas panget nih gan, baru migrasi dari blogger ke wp ada broken linknya. Dengan plugin lebih praktis memperbaikinya. Tanks gan.

    • Sama-sama gan. semoga bermanfaat tutorial ane.

Must Read...!
Theme WordPress TheSop Responsive Free

TheShop adalah adalah theme wordpress responsive gratis yang sangat mudah untuk digunakan untuk e-commerce,...

Cara Menghapus Postingan WordPress Secara Otomatis

Dalam dunia blogging maupun media penyaji berita diharuskan untuk selalu melakukan update artikel secara...

Close