Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Login di Frontend WordPress

Saat Anda sedang menjalankan situs WordPress dengan beberapa pengguna yang diharuskan login, menambahkan halaman login di bagian frontend WordPress atau di area widget tentu akan memudahkan pengguna Anda saat ingin login ke halaman Dashboard mereka. Hal ini tidak hanya membuat lebih mudah bagi manajemen pengguna, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Terdapat dua cara yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan login di bagian frontend WordPress. Salah satunya adalah dengan membuat halaman login kustom dengan kode, dan cara lain tentu dengan memanfaatkan plugin. Pada artikel ini tentu saya akan memberikan cara termudah yaitu dengan menggunakan bantuan plugin untuk menambahkan halaman login di bagian frontend WordPress.

Plugin yang akan saya gunakan dalam tutorial ini adalah Theme My Login, plugin ini sepenuhnya kompatibel dengan versi terakhir dari WordPress, dan menawarkan cara sederhana untuk kustomisasi. Di bawah ini, saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana menggunakan plugin untuk menambahkan halaman login frontend atau di area widget.

Baca : Cara Menambahkan Login dengan Facebook di WordPress

Cara Menambahkan Login di Halaman Frontend WordPress

Untuk menggunakan plugin Theme My Login hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin dan mengaktifkannya. Setelah aktivasi, Anda akan menemukan item menu baru dibagian sidebar dashboard Anda bernama “TML”. Di menu inilah Anda dapat melakukan konfigurasi pengaturan plugin.

Sekarang, silahkan masuk ke menu Pages. Di menu halaman daftar pages Anda akan menemukan beberapa halaman baru telah dibuat dan diterbitkan oleh plugin TML secara otomatis. Halaman ini meliputi Log In, Log Out, Forgot Password, Reset Password, dan Register. Anda dapat melihat halaman individual untuk melihat apakah halaman tersebut berfungsi sesuai dengan yang Anda inginkan.

page tml

Halaman yang sudah dibuat secara otomatis tadi masih merupakan bentuk dasar dan link yang umum digunakan. Jika Anda ingin tampilan yang sederhana dan dasar, Anda tidak perlu untuk melakukan pengaturan lagi. Tapi Anda juga dapat menggali lebih lanjut untuk pengaturan plugin dan modul.

General Settings

frontend login general settings

Pengaturan plugin dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan di dalam menu “TML”. Memasuki halaman pengaturan “General”, Anda akan melihat dua pilihan yaitu “Stylesheet” dan “Login Type”. Untuk Stylesheet lebih baik Anda centang untuk menyimpan stylesheet dalam direktori theme WordPress Anda sehingga jika Anda melakukan kustomisasi akan tetap aman saat terjadi upgrade. Tapi jika Anda memiliki kesulitan menampilkan form, Anda dapat menonaktifkan opsi ini.

Dan untuk “Login Type”, Anda dapat membuat pilihan bebas di antara tiga pilihan berikut.

  • Masuk dengan Username saja.
  • Masuk dengan Email saja, yang berarti pengguna diharuskan untuk login ke situs Anda dengan alamat email mereka.
  • Masuk dengan Username atau email.

Cara Menambahkan Login Frontend di Widget WordPress

Selain membuat halaman login, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan login di area widget di sidebar situs Anda sehingga pengguna dapat log in dengan mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Masuk ke menu Appearance Ā» Widget
  • Temukan widget bernama Theme My Login, dan tarik ke area widgetized.
  • Pilih Default Action, dan pilih link yang Anda ingin tampilkan di widget, dan menentukan ukuran gravatar. Tujuan link harus diubah melalui “Custom User Links” pada modul.
  • Klik pada tombol “Save”.

widget frontend login
Kemudian Anda dapat mengunjungi situs Anda dan melihat apakah form login dan logout sudah ditampilkan dengan benar di sidebar.

frontend login widget

Baca : Cara Membuat Redirect User Login di WordPress

Penggunaan Modul

Plugin Theme My Login dilengkapi dengan beberapa modul yang membantu menyesuaikan dan memperkaya fitur login frontend. Anda dapat memungkinkan mereka berdasarkan kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa setiap modul mencakup beberapa pengaturan sederhana untuk menangani.

frontend login module settings

Custom Email : Opsi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan email yang dikirim ke pengguna baru setelah pendaftaran. Anda dapat menggunakan kustom dari username atau email, pilih format email, dan menambahkan subjek dan isi email.

Custom Password : Dengan form login default, pengguna baru menerima email yang meminta mereka untuk membuat password setelah mengisi formulir. Namun, dengan modul ini diaktifkan, form password ditambahkan ke form login sehingga pengguna dapat memasukkan password ketika mereka mendaftar.

Custom Redirection : Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur redirect atau pengalihan login dan logout berdasarkan peran pengguna. Anda dapat memilih untuk mengarahkan pengguna kembali ke halaman mereka sebelum masuk, atau mengirim mereka ke tempat lain di situs Anda.

Custom User Link : Ini adalah di mana Anda dapat menambahkan link yang ingin Anda tampilkan di widget login.

reCAPTCHA : Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur reCAPTCHA untuk form login untuk mencegah pendaftaran spam.

Security : Dengan modul ini diaktifkan, Anda dapat membuat situs WordPress Anda pribadi untuk login-in user saja, mengaktifkan login pribadi, dan membatasi upaya login.

Themed Profiles : Modul ini dilengkapi dengan kemampuan untuk memungkinkan pengguna untuk mengatur profil mereka dari frontend.

User Moderation : Anda dapat mengaktifkan konfirmasi email atau memilih untuk menyetujui semua pendaftaran baru secara manual.

Baca : Cara Pasang CAPTCHA di Login dan Register WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Newton Responsive Free

Newton adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk photoblogging, dengan menampilkan gambar...

Seperempat Web Di Dunia Dikuasai Oleh WordPress

Wordpress, seperti yang sudah-sudah sering saya katakan pada blog centerklik yang sedang Anda baca...

Close