Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Saat Anda ingin memulai bisnis online, salah satu hal yang harus Anda pikirkan adalah apa nama domain yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda. Pikirkan nama domain tersebut sebagai nama bisnis yang akan dikenal secara online. Memilih nama domain adalah sama pentingnya dengan memberikan nama bayi yang baru lahir, karena bisa jadi seumur hidup bisnis Anda akan dikenal dengan nama itu. Ada banyak aturan praktis yang dapat Anda ikuti untuk menemukan nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda dengan sempurna.

cara memilih domain bisnis

Memilih nama domain memang tidak begitu sulit tapi yang sulit adalah mengamankan nama domain, karena domain yang diinginkan sebagian besar adalah kata-kata populer dan umum di .com .org .net dan nama domain tingkat atas lainnya sudah di miliki oleh perusahaan atau orang lain.

Ketika Anda ingin memilih nama domain untuk sebuah bisnis atau perusahaan, Anda perlu menjaga merek Anda. Nama domain harus sama dengan nama merek Anda, tetapi pilihlah dengan “cerdas” dan nama yang mudah diingat. Jika nama perusahaan Anda adalah sesuatu seperti, Info Pariwisata, Anda dapat memilih untuk Pariwisata.com atau atau Infopariwisata.com (tergantung ketersediaan).

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Niche Bisnis?

Kata kunci dan Nama

Pilih setidaknya 10 kata kunci yang terkait dengan niche Anda, dan 5 kata populer acak. Anda dapat menggunakan layanan domain suggestion seperti domainsbot untuk membantu Anda menemukan nama domain untuk dipertimbangkan. Domainsbot merandom kata kunci yang Anda ketikkan, dan memberikan daftar semua nama domain yang tersedia.

Nama domain

Sebagai blogger baru, Anda mungkin merasa memilih nama domain memang membingungkan, apalagi untuk menentukan ekstensi nama domain yang harus Anda pilih. Saya sangat menyarankan bagi Anda untuk merebut nama domain dengan ekstensi .com, dan jika versi .com yang Anda pilih tidak tersedia, .org atau .net adalah pilihan terbaik berikutnya. Jika tidak tersedia lagi, Anda dapat memilih ekstensi nama domain baru gTLD seperti .co dan banyak lainnya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan nama domain .id jika memang target utama bisnis Anda adalah orang indonesia.

Mudah Di Ingat

Pilihlah nama domain yang mudah untuk di ingat dan mudah dalam pengetikan, karena nama domain Anda nantinya akan di ingat oleh pelanggan Anda, dan ketika di ketikkan di browser oleh pelanggan, mereka tidak melakukan salah pengetikan. Cobalah untuk menghindari nama-nama yang mudah diucapkan tapi mungkin menciptakan kebingungan dalam ejaan saat Anda mencoba untuk mengetik nama tersebut.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

Pelanggaran hak cipta!

Sebelum Anda memilih domain baru, pastikan Anda tidak melanggar kebijakan apapun merek hak cipta yang ada. Misalnya, WordPress tidak memungkinkan Anda untuk memiliki nama domain dengan “WordPress” di dalamnya. Jika Anda melakukannya, bersiap-siap untuk mendapatkan surat resmi. (Meskipun mereka akan membiarkan Anda menggunakan nama termasuk “WP” bukan “WordPress”.)

Hindari tanda hubung

Jika Anda membuat blog niche dan mencari nama domain yang mengandung kaya kata kunci, yang terbaik adalah untuk menjauh dari nama domain dengan tanda hubung di dalamnya. Karena nama domain dengan tanpa tanda hubung dahulu mendapatkan peringkat lebih baik daripada yang menggunakan, tapi ini tidak lagi terjadi saat ini. Jika Anda melihat sistem peringkat saat ini, Anda akan melihat dengan jelas bahwa mencari domain alternatif adalah merupakan ide yang baik daripada menggunakan nama yang mencakup tanda hubung.

Kadang-kadang orang menyarankan bahwa Anda harus memilih nama domain sesuai dengan niche blog Anda. Tapi ini bukan nasihat besar untuk blogger yang mencari nama domain dengan kata-kata seperti “teknologi” dan “blog” di dalamnya, misalnya:

Techtip, Techblog, bloggertips dan sebagainya. Ada ribuan blog dan website di Internet yang sudah menggunakan nama yang mirip. Dengan kenyataan seperti itu, maka lebih baik untuk memilih nama yang dapat menjadi bagian dari merek khusus untuk Anda di masa depan.

Baca : Apa itu Domain Authority (Otoritas Domain)?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Cara Mencari Link Rusak (Broken Links) di WordPress

Link rusak atau broken link yang terdapat pada situs web atau blog sangat merugikan...

Theme WordPress TheSop Responsive Free

TheShop adalah adalah theme wordpress responsive gratis yang sangat mudah untuk digunakan untuk e-commerce,...

Close