Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Redirect User Login di WordPress

Pernahkah Anda ingin mengarahkan pengguna ke halaman tertentu setelah user login ke bagian admin situs WordPress Anda? Jika iya, maka Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk mengarahkan pengguna atau redirect user setelah berhasil login di admin WordPress.

Baca : Beberapa Plugin untuk merubah Style Login WordPress

Dengan pengalihan atau redirect ke halaman berbeda pada masing-masing user akan menjadikan situs Anda lebih terstruktur, teratur dan profesional. Dengan cara ini juga akan memudahkan pengguna dan juga Anda bisa membuat pengaturan sesuai dengan keinginan Anda pada masing-masing user untuk masuk ke bagian yang sesuai.

Cara Membuat Redirect User Login di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Peter’s Login Redirect. Setelah plugin Anda aktifkan Anda akan melihat menu baru bernama Login / Logout Redirect menjadi sub menu Settings. Silahkan masuk ke menu Settings » Login / logout Redirect tersebut untuk setup plugin tersebut.

Mengatur Login / Logout Redirect Username

Dalam pengaturan plugin ini Anda akan mendapatai beberapa pilihan, Opsi pertama pada halaman pengaturan memungkinkan Anda untuk mengarahkan user spesific. Anda dapat memilih nama pengguna dari menu drop-down. Setelah itu Anda dapat memasukkan URL untuk redirect user pada login dan logout. Setelah itu Klik pada tombol Add username rules untuk menyimpan pengaturan ini.

spesific user

Mengatur Login Redirect Spesific Role

Anda juga dapat mengatur redirect login berbasis pada peran pengguna (role users) di WordPress. Cukup pilih peran pengguna dari daftar drop-down dan kemudian masukkan URL redirect. Misalnya, Anda dapat mengarahkan pengguna dengan role user “editor” ke admin area dan pengguna dengan role user “Client” (pelanggan) ke halaman admin kustom yang sudah Anda buat.

spesific role

Mengatur Login Redirect Spesific Level

Plugin Peter’s Login Redirect ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur redirect user berdasarkan level user dan capabilities. Pilihan ini sangat berguna jika Anda menggunakan peran pengguna (role users) dengan kemampuan kustom di WordPress.

Cukup pilih tingkat pengguna dari menu drop-down dan masukkan login dan logout URL.

spesific level

Mengatur Login Redirect All User

Pada halaman pengaturan plugin, ada pilihan untuk mengatur redirect untuk Semua Pengguna. Jika pengguna tidak cocok dengan aturan yang Anda buat di atas, maka Anda dapat mengarahkan mereka dengan memasukkan URL di bagian pengaturan All other users ini.

all other users

Anda juga dapat menggunakan pengaturan ini untuk mengatur redirect untuk semua pengguna dengan tanpa membeda-bedakan role user.

Mengatur Login Redirect Register

Ketika pengguna baru sign up atau akan melakukan pendaftaran disitus Anda, WordPress mengarahkan mereka ke halaman login. Anda dapat mengatur URL redirect untuk mengirim mereka ke halaman lain di situs Anda di bagian halaman Registration yang sudah Anda buat khusus.

Misalnya, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman selamat datang dengan link ke halaman yang berbeda yang bisa mereka lakukan di situs Web Anda.

post registrations

Baca : Mengubah Logo Login Area WordPress

Diatas adalah beberapa cara melakukan pengaturan pengalihan (redirect) login dan logout dengan plugin Peter’s Login Redirect. Dengan menggunakan plugin redirect diatas, Anda dapat membuat situs WordPress Anda terlihat berbeda dan profesional di mata user. Dan semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Cara Memasang Author Tag Facebook di WordPress

Jejaring sosial Facebook menyediakan banyak layanan bagi pemilik website untuk menjadikan situs terintegrasi dengan...

Theme WordPress Fyeah Responsive Free

Fyeah adalah ThemeWordPress responsif gratis yang mempunyai desain terinspirasi dari tumblr dengan format posting...

Close