Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah dan Cepat Membuat Kebijakan Privasi [Website Policies]

Bagi pemilik website untuk jenis web dengan tujuan apapun sangat penting untuk memiliki halaman yang berisikan tentang kebijakan privasi. Kebijakan privasi ini secara teknis adalah dokumen hukum, upaya besar harus dilakukan untuk menyusun dokumen kebijakan ini agar tercipta dokumen yang akurat dan mudah dimengerti, dan tanpa ada hal yang tersembunyi Ini berisi rincian informasi tentang pandangan dan prosedur situs web Anda pada informasi yang dikumpulkan dari pengunjung.

Dan dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai alasan kenapa Anda sebagai pemilik website harus memiliki Kebijakan Privasi yang harus terpasang pada website Anda.

Mengapa Setiap Website Harus Terdapat Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi tidak hanya penting bagi pemilik website namun lebih penting lagi bagi pengguna atau pelanggan situs web tersebut. Karena pentingnya untuk melindungi informasi pribadi mereka secara online. Meskipun Anda hanya memiliki sebuah blog sederhana, dan hanya mengumpulkan alamat email pelanggan untuk newsletter bulanan, akan sangat penting untuk memberitahu pengguna mengenai informasi apa yang Anda kumpulkan di blog, dan bagaimana informasi pengguan tersebut akan digunakan, dan siapa yang akan memiliki akses ke informasi tersebut. Semua hal tersebut harus terdapat dalam isi kebijakan privasi. Apalagi jika Anda memiliki situs untuk tujuan bisnis seperti toko online maka memiliki halaman berisikan dokumen privacy policy adalah diwajibkan karena akan selalu berhubungan dengan data pribadi pelanggan dan pembayaran.

Hal ini penting untuk dibuat transparan untuk pengguna agar membangun kepercayaan dengan pelanggan dan pembaca Anda. Webiste yang dibuat untuk tujuan bisnis maupun blog pribadi semua sama harus mencakup beberapa jenis kebijakan privasi.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Kebijakan Situs

Melihat pentingnya Kebijakan privasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara cepat dan mudah untuk membuat kebijakan privasi (Privacy Policies) untuk website atau blog Anda.

Untuk membuatnya mari kita manfaatkan website yang menyediakan layanan untuk membuatkan dokumen privacy policies. Website tersebut adalah Websitepolicies.com, ini merupakan situs online yang mengijinkan Anda untuk dengan cepat menciptakan kebijakan privasi untuk website Anda.

Kebijakan privasi ini bukanlah kebijakan privasi biasa yang dibuat oleh orang yang tidak mengerti hukum melainkan dibuat secara profesional oleh pengacara yang memahami betul mengenai kebijakan yang dibutuhkan oleh setiap pemilik website untuk digunakan pada situs Anda.

Kebijakan privasi ini berisikan teks yang sangat panjang dan mengandung banyak jargon hukum tapi dengan layanan ini Anda hanya perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan dan jawabnlah sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Setelah Anda menjawab semua pertanyaan yang sesuai dalam beberapa langkah maka pada bagian akhir akan secara otomatis tercipta dokumen panjang yang siap untuk dipublikasikan di situs web Anda sendiri.

Layanan Website policies ini gratis untuk penggunaan pribadi dan dapat didownload dan digunakan secara langsung. Dan jika Anda ingin membuat kebijakan privasi untuk kebutuhan komersial yang mencakup periklanan, pemasaran, pembayaran pengolahan dan topik lainnya, Anda memerlukan kebijakan privasi premium dengan biaya yang murah sebagai biaya lisensi dan pembayaran hanya perlu Anda lakukan satu kali saja sebesar $14,95.

Pada bagian homepage Website Policies ini disebutkan hanya dengan 3 langkah saja Anda sudah bisa memiliki kebijakan privasi yang disusun dengan baik :

  • Langkah 1 Tambahkan nama website Anda atau produk
  • Langkah 2 Jawab beberapa pertanyaan yang diajukan
  • Langkah 3 Selesai, periksa dan kebijakan privasi siap Anda gunakan

Manfaat menggunakan layanan Website Policies :

  • Disesuaikan untuk bisnis Anda dan kebutuhan spesifik Anda
  • Perjanjian disusun dan dikelola oleh pengacara
  • Menghemat waktu dan biaya hukum
  • Gratis untuk penggunaan pribadi
  • Download cepat

Selain yang disebutkan diatas, website policies juga membuka program afiliasi yang bisa Anda ikuti secara gratis dengan komisi sebesar 30% dari setiap penjualan yang Anda lakukan. Dan bagi blogger ini tentu bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk menghasilkan uang dari blog. Anda bisa mendaftar disini » Register Affiliate Websitepolicies.

Berikut Langkah-langkah Membuat Kebijakan Privacy Policy

Untuk memulainya silahkan untuk mengunjungi situs Websitepolicies.com dan silahkan klik tombol “Get Started”.

step-1-privacy-policy

Setelah itu Anda akan dihadapkan pertanyaan apa yang ingin Anda buat. Website ini menyediakan layanan untuk membuat 4 dokumen seperti :

  • Privacy Policy
  • Terms of services policy
  • Refund policy
  • Blog disclaimer

Untuk panduan ini saya memilih untuk membuat “Privacy Policy”, silahkan klik tombol “Create Privacy Policy”.

step-2-privacy-policy

Setelah itu Anda diharuskan untuk mengisi jawaban dari pertanyaan tentang informasi pribadi Anda seperti mengisi negara dan propinsi. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini saya mengisi dengan “Indonesia” dan propinsi “Jawa Timur”. Dibawahnya silahkan untuk mengisi URL dari website Anda, nama website Anda dan Pertanyaan di bagian bawahnya lagi adalah “Apakah website Anda digunakan untuk tujuan komersial?”. Jika Anda menjawab tidak, Anda akan melihat pesan “Dasar kebijakan privasi – GRATIS”. Jika Anda menyatakan bahwa kebijakan tersebut untuk tujuan komersial, Anda akan melihat pesan “Premium kebijakan privasi – pembayaran satu waktu dengan hanya $14,95”. Dan klik tombol Next.

step-3-privacy-policy

Pada langkah ini Anda sudah menyelesaikan 25% dari proses pembuatan privacy policy dan berisikan pertanyaan yang harus Anda jawab. Pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini berkaitan dengan pengguna Anda, apakah situs Anda ditujukan untuk pengguna dibawah umur 13 tahun, apakah cookie diaktifkan, apakah Anda mengumpulkan informasi pribadi, apakah Anda mengirimkan email ke pengguna. Dan pada pertanyaan terakhir menanyakan apakah situs Anda mengikuti program seperti AdSense, Affiliasi dan dengan link lain. Dan jika Anda memilih Affilate yang terdapat tanda bintang, maka Anda harus menggunakan lisensi premium.

step-4-privacy-policy

Langkah berikutnya sudah sampai pada 50% proses dan pada langkah “Users and Content” ini menanyakan apakah Anda menjual produk atau jasa pada website Anda. Jika Anda menjual produk dan jasa, Anda memilih opsi lisensi premium $14,95 yang ada pada halaman pertama, sehingga Anda mungkin harus kembali dan mengubah opsi ini jika Anda memilih opsi dasar gratis pada langkah sebelumnya.

Jika Anda menggunakan gateway pihak ketiga seperti PayPal, tidak ada informasi lebih lanjut diperlukan. Namun, jika pengguna membayar langsung di website Anda, Anda perlu menyatakan apa metode keamanan yang Anda gunakan dan apakah Anda menyimpan informasi pribadi pengguna.

step-5-privacy-policy

Langkah berikutnya Anda sudah mencapai 75% dari proses di bagian “Disclosures and update” ini merupakan detail apa yang akan Anda lakukan untuk menginformasikan kepada pengguna dari situs Anda dari setiap pelanggaran data, permintaan informasi, apakah informasi yang disampaikan dalam penjualan atau merger dan bagaimana Anda akan memberitahu pengguna ketika kebijakan privasi Anda diperbarui.

step-6-privacy-policy

Langkah berikutnya Anda sudah mencapai 100% dari proses di bagian “Review and confirm” ini akan menunjukkan URL website Anda, nama website Anda dan kolom untuk memasukkan alamat email Anda serta pilihan untuk menyetujui term and conditions. Setelah itu klik tombol “Confirm my privacy policy” dan Anda akan dikirimkan konfirmasi pada alamat email yang Anda masukkan.

step-7-privacy-policy

Sekarang silahkan periksa email Anda, Anda akan mendapatkan password dan terdapat link untuk konfirmasi akun Anda. Dan silahkan untuk klik link “Confirm your email”.

step-8-privacy-policy

Setelah Anda klik link konfirmasi, Anda akan dibawa ke akun yang menunjukkan policies Anda. Seperti yang terlihat dibawah ini terdapat nama website “Centerklik” Silahkan klik Site name tersebut dan Anda akan melihat hasil dari dokumen policies yang sudah Anda buat.

step-9-privacy-policy

Bagian terakhir ini terlihat isi dari privacy policy yang sudah selesai dibuat, dan terdapat 3 tab yang menunjukkan dokumen privacy policy Anda, Anda bisa mencopy dalam bentuk HTML code atau Plain text. dibagian bawah juga terdapat link preview untuk melihat bagaimana privacy policy Anda di tampilkan pada halaman web.

step-10-privacy-policy

Dan langkah terakhir silahkan untuk mengcopy dan menaruh di website atau blog Anda sehingga pengguna situs Anda dapat membaca halaman yang berisikan tentang privacy policy Anda.

Baca : DatingScript Software CMS untuk Membuat Website Kencan Online

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai pentingnya memiliki privacy policy pada website Anda dan langkah-langkah membuat dokumen privacy policy dengan mudah, gratis dan cepat di situs Websitepolicies.com. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress ionMag Responsive Free

IonMag adalah Themes Wordpress responsif gratis dengan tampilan bersih, elegan dan indah. IonMag dirancang...

DatingScript Software CMS untuk Membuat Website Kencan Online

Bagi Anda yang saat ini sedang jomblo (sedang belum memiliki pasangan) dan berkeinginan untuk...

Close