Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Kategori dan Menggunakan Kategori WordPress

Kategori pada WordPress digunakan untuk memudahkan bagi Anda dalam mengatur postingan. Anda dapat membuat hirarki postingan Anda dengan membuat Kategori Utama dan Sub kategori. Selain itu, satu posting bisa memiliki lebih dari satu kategori. Dengan begitu dapat memberi Anda banyak fleksibilitas untuk menunjukkan secara tepat tulisan yang Anda inginkan, persis seperti apa yang ingin Anda tampilkan di widget, menu atau langsung di theme WordPress Anda nantinya.

Baca : Cara Membuat Menu di WordPress

Cara Membuat kategori WordPress

Untuk menciptakan kategori baru di WordPress, Silahkan Anda masuk ke mene Post » Catgories pada halaman admin wordpress Anda.

Setelah Anda membuka menu tersebut maka Anda akan di tunjukkan halaman untuk membuat kategori. Di sisi kiri halaman Anda akan melihat tab yang dimana Anda bisa membuat kategori baru. Isi nama kategori, slug (sebagai URL kategori) dan setelah itu klik tombol Add New Category. Pada tutorial ini saya akan membuat kategori baru bernama WordPress.

membuat kategori wordpress

Cukup dengan melakukan langkah diatas Anda sekarang sudah bisa membuat kategori baru dan kategori pertama Anda sudah siap. Sekarang, saya akan menunjukkan kepada Anda cara untuk membuat sub-kategori dari kategori utama “WordPress” yaitu “Plugins“. Isi nama dan slug dengan plugins seperti Anda membuat kategori utama seperti contoh diatas.

Bedanya untuk membuat sub kategori adalah dengan memilih WordPress pada menu scrolbar  dibagian parent, Anda pilih “WordPress” karena Kategori “Plugins” akan saya jadikan sebagai Sub Kategori dari Kategori “WordPress“. Kemudian, tekan Add New Category lagi untuk menyimpan sub-kategori baru.

membuat kategori wordpress 2

Cara Menggunakan Kategori

Setelah Anda selesai mengatur struktur kategori yang Anda inginkan, Anda dapat menambahkan posting ke kategori tersebut. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan postingan ke kategori ini. Yang pertama adalah dengan membuka postingan yang sudah Anda buat (atau membuat postingan yang baru) dan memilih kotak centang di kategori yang ingin Anda tetapkan. Dibawah pilihan kategori seperti gambar dibawah ini juga terdapat link untuk membuat kategori baru, Anda juga bisa membuat sub kategori melalui link Add New Category tersebut.

membuat kategori wordpress 3

Cara kedua adalah dengan bulk Add Post ke kategori. Untuk melakukan ini, Silahkan masuk ke Post » All Post. Berikutnya, pilih artikel yang ingin Anda tambahkan ke kategori, klik pada tab Bulk Actions, pilih Edit dan tekan tombol Apply.

membuat kategori wordpress 4

Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat daftar postingan Anda terdapat di kategori mana saja. Dan cara pembuatan kategori untuk wordpress sudah selesai, semoga tutorial ini bermanfaat buat Anda, dan sekarang silahkan Anda buat kategori di WordPress Anda. 🙂

Baca : Mencari ID Post, Kategori, Tag, User di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Wah sangat mudah dimengerti, saya sangat berterima kasih dnegan website ini, tutorialnya sangat tulus sekali sehingga enak dibaca

Must Read...!
Panduan Membuat Post dan Page baru di WordPress [Update]

Tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Page dan Post baru pada...

Tutorial Cara Mengatur dan Menyesuaikan Themes WordPress

Untuk mengatur dan menyesuaikan tema wordpress sebenarnya tergantung pada tema yang Anda gunakan untuk...

Close