Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Invoice dengan Wp-Invoice di WordPress

Invoice atau Faktur adalah sebuah bukti penting untuk memverifikasi transaksi antara Anda dan pelanggan Anda, dimana pelanggan Anda bisa mendapatkan informasi transaksi rincian, seperti rincian nama perusahaan, tanggal, nomor faktur, rincian klien, biaya, persyaratan pembayaran, dan sebagainya. Jika anda bisa membuat Invoice untuk tagihan kepada pelanggan maka selanjutnya pelanggan dapat memproses pembayaran sebagai tagihan. Namun, jika ada sesuatu yang salah dengan produk atau jasa, klien dapat berkonsultasi dengan Anda berdasarkan Invoice atau faktur.

Baca : 5 Plugin WordPress Gratis untuk Membuat Invoice

Dengan demikian, kebanyakan orang lebih memilih untuk percaya dalam suatu perusahaan yang menerbitkan faktur aktif karena mereka menganggapnya sebagai cara terbuka maupun tertutup untuk mengetahui informasi pembayaran. Namun, jika Anda menjalankan sebuah website bisnis dengan basis klien yang besar, membuat faktur secara manual untuk semua pelanggan anda tentunya akan sangat merepotkan. Untuk memudahkan dalam pembuatan Invoice di wordpress anda, Saya disini membuat panduan tentang cara membuat Invoice dengan Wp-Invoice di WordPress dengan menggunakan plugin WP-Invoice.

WP-Invoice

plugin wp invoice

WP-Invoice adalah plugin manajemen klien dan penagihan yang fleksibel yang telah dipercaya dan digunakan oleh jutaan pengguna wordpress di seluruh dunia. Setelah Anda menginstal plugin ini, Anda dapat membuat faktur melalui dashboard WordPress dengan mudah. Dalam kasus ini, link yang aman dikirim ke pelanggan Anda melalui email, dan link ke halaman web di mana Invoice otomatis akan ditampilkan.

Selain itu, plugin ini juga memungkinkan beberapa fitur premium, seperti halaman checkout Single, PDF, Quotes dan Powerfull Tools untuk membuat kreasi faktur yang lebih mudah.

Baca : Plugin Terbaik untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan

Settings Wp-Invoice

Download Wp-Invoice, Install dan Aktifkan WP-Invoice

Langkah selanjutnya, Anda akan melihat menu baru di sidebar admin WordPress anda dengan nama Invoice, dan silahkan masuk ke menu Invoice » Settings untuk melakukan konfigurasi.

Pada halaman settings anda akan melihat beberapa menu Tab, anda bisa memasukkan daftar informasi perusahaan anda secara lengkap tentang nama perusahaan, alamat, email, nomor telpon dan pengaturan lainnya di menu Main.

wp invoice settings main

Setelah anda melakukan konfigurasi pada menu Main seperti diatas, selanjutnya anda bisa beralih ke menu Business Process, disitu anda di haruskan mengarahkan Invoice untuk di tampilkan di Halaman, Jika anda belum membuat halaman untuk menampilkan Invoice, Anda bisa membuat terlebih dahulu dengan masuk menu Pages » New Page, dalam contoh ini saya membuat page bernama Invoice, selanjutnya anda masukkan tag berikut pada halaman baru tersebut ” [wp-invoice]”, selanjutnya anda kembali ke menu settings dan arahkan When viewing an invoice ke page baru anda, dalam contoh dibawah ini saya mengarahkan ke page Invoice, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

business process wp-invoice

 

Selanjutnya pada menu Payment, anda bisa mengatur mata uang dan metode pembayaran, terdapat 5 metode pembayaran yang tersedia bagi Anda, termasuk PayPal, InterKassa, 2CheckOut, Kartu Kredit dan Stripe, dan Anda diperbolehkan untuk memilih lebih dari satu pola pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda.

payment settings

Dan kemudian, setelah anda menyelesaikan pengaturan seperti diatas, anda silahkan untuk menekan tombol “Save All Settings” untuk mengkonfirmasi semua perubahan.

Baca : Cara Pasang Tombol Donasi Paypal di WordPress

Membuat Invoice

Untuk membuat Invoice baru, Silahkan klik menu Invoice » Add New, Anda diharuskan memasukkan alamat Email email klien yang akan anda kirimi Invoice.

buat invoice baru

Berikut adalah halaman Faktur Edit. Secara default, ada dua jalur yang tersedia bagi Anda untuk menambahkan informasi item. Anda diperbolehkan untuk menambah baris atau menghapus yang sudah ada yang Anda butuhkan. Selain itu, “Beralih Keterangan” di bawah setiap baris adalah tempat untuk menambahkan pengantar singkat untuk produk ini. Perhatikan bahwa, Qty harus diisi jumlah barang yang dibeli.

Misalnya, salah satu klien saya telah membeli 2 produk dengan produk pertama berjumalah 2 dan harga per produk adalah $50, dan produk kedua hanya 1 dan harga per produk adalah $30. Dan kemudian, Anda harus mengisi rincian sebagai berikut.

produk invoice

Pindah ke Settings Payment. Ini adalah tempat untuk memilih opsi pembayaran default, pembayaran diterima dan mata uang.

payment setting invoice

Dan kemudian, Anda diminta untuk mengisi informasi spesifik tentang klien Anda, termasuk nama depan, nama belakang, nama perusahaan, nomor telepon, dan sebagainya.

informasi klien

Dan setelah anda mengisi semua informasi klient, produk dan pembayaran, silahkan tentukan apakah akan menerima pembayaran parsial (Allow Partial Payment) dan tagihan berulang ( Recurring Bill ). Klik tombol Save untuk menyimpan semua pengaturan.

Baca : 5 Plugins Live Chat Terbaik WordPress

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nama yang tepat untuk faktur baru ini dan kemudian mengirim pesan tagihan ke klien. Ada tiga template yang tersedia untuk Anda, termasuk New Invoice, Reminder dan Send Receipt. Di sini, saya pilih “New Invoice” template dan klik “Send Notifications” untuk mengirimkan pesan ini.

email invoice

Setelah beberapa detik, klien Anda akan menerima pesan ini yang mencakup link ke Invoice nya. Ketika mengklik link yang diberikan, klien Anda ini bisa mendapatkan informasi Faktur seperti gambar dibawah ini. Jika tidak ada yang salah dengan faktur ini, klien dapat menyelesaikan pembayaran dengan mengklik “payment process $xxx”.

hasil halaman invoice

Jika anda ingin melihat semua Invoice yang suda anda buat, anda bisa masuk ke Menu Invoice View All, sedangkan jika anda ingin memeriksa statistik faktur, Anda bisa melihat di menu Invoice Report.

Berikut adalah tutorial lengkap Cara Membuat Invoice dengan Wp-Invoice di WordPress, semoga bermanfaat. 🙂

Baca : Cara Memasang Live Chat Zopim di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Quill Responsive Free

Quill adalah theme wordpress responsive gratis, ini merupakan tema WordPress yang di desain memiliki...

Cara Mulai Ngeblog Dan Sukses Dengan Blog

Ribuan blog baru yang diluncurkan setiap hari oleh para calon blogger dan orang-orang yang...

Close