Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membatasi dan Disable Empty Trash Otomatis WordPress

Di WordPress terdapat menu Trash pada setiap daftar post, page dan komentar, Jadi ketika Anda ingin menghapus posting atau komentar, Anda harus menekan menu link trash dan posting atau komentar tersebut selanjutnya akan di simpan sementara pada trash (tempat sampah). Secara default, WordPress akan benar-benar menghapus pos dan komentar dalam database Anda dalam jangka waktu selama 30 hari, waktu ini diberikan kepada Anda untuk memulihkan atau mengembalikan postingan tersebut jika Anda menginginkannya. Dan setelah 30 hari waktu yang diberikan berlalu, maka WordPress secara otomatis akan menghapus semua konten secara permanen di trash.

empty trash wordpress

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk membatasi atau menonaktifkan fitur empty trash pada WordPress. Hal ini di karenakan ada sebagian dari kita merasa tidak sabar untuk menunggu 30 hari untuk menghapus secara permanen yang terdapat di trash. Dan jika ingin menghapus post atau komentar saat itu juga maka kita harus menghapus posting atau komentar tersebut dengan beberapa tindakan yang sama sekali tidak praktis.

Baca : Cara Menghapus Postingan WordPress Secara Otomatis

Apa itu Trash (sampah) di WordPress?

Ketika Anda menghapus posting, halaman, atau komentar di WordPress, itu ditandai sebagai Trash (sampah).

trash posts

Anda dapat melihat posting atau komentar sampah dengan mengklik link Trash saat melihat posting, halaman, atau komentar.

Secara default, item ini akan tetap ada selama 30 hari. Setelah itu, WordPress secara otomatis akan menghapusnya secara permanen.

Jika Anda tidak sabar untuk menunggu proses otomatis yang lama tersebut, Anda dapat mengganti proses otomatis tersebut dengan klik menu “Trash” dan menghapus item secara manual dengan mengklik “Delete permanently”.

delete trash

Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin WordPress menghapus item dari trash? Atau mungkin Anda ingin WordPress secara otomatis menghapus item tersebut lebih cepat dari waktu yang diberikan yaitu 30 hari.

Simak cara dibawah ini mengenai bagaimana untuk membatasi (limit ) atau menonaktifkan fitur empty trash WordPress otomatis.

Disable WordPress Empty Trash

Apakah Anda ingin menghentikan atau disable proses dari WordPress yang secara otomatis menghapus item dari sampah? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Cukup tambahkan potongan kode dibawah ini dalam file functions.php tema Anda.

function wp_remove_schedule_delete() {
    remove_action( 'wp_scheduled_delete', 'wp_scheduled_delete' );
}
add_action( 'init', 'wp_remove_schedule_delete' );

Kode diatas hanya akan menghilangkan tindakan yang dapat menghapus item dan menghentikan penghapusan permanent dengan waktu yang diberikan.

Jadi jika Anda menghapus item dengan menu trash maka item tersebut tetap akan berada di Trash dan tidak akan dihapus secara otomatis oleh WordPress sebelum Anda sendiri yang menhapusnya secara manual dengan menekan link Delete permanently.

Mengubah Waktu Delete Permanently di WordPress

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WordPress dapat otomatis menghapus semua item setelah 30 hari. Anda dapat mengubah ini ke sejumlah hari yang Anda inginkan.

Cukup tambahkan baris kode berikut dalam file wp-config.php Anda sebelum baris yang bertuliskan ‘That’s all, stop editing! Happy blogging.’

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 7);

Baris kode diatas terdapat angka 7 yang berarti terjadwal akan dihapus secara permanent otomatis setelah 7 hari. Anda dapat mengubah angka 7 ke sejumlah hari yang Anda inginkan.

Menonaktifkan Fitur Trash di WordPress

Saya tidak menyarankan pada Anda untuk menonaktifkan fungsi Trash ini di WordPress. Ini adalah fitur yang hebat yang sangat berguna ketika Anda tidak sengaja menghapus posting, halaman, atau komentar.

Namun, jika Anda benar-benar merasa bahwa Anda tidak membutuhkan fungsi ini, dan Anda lebih suka menghapus hal-hal secara permanen, maka Anda bisa menggunakan cara dibawah ini.

Cukup tambahkan baris kode dalam file wp-config.php Anda sebelum baris yang mengatakan “That’s all, stop editing! Happy blogging.”

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 0);

Menambahkan baris diatas makan secara otomatis akan menonaktifkan fitur Trash di WordPress secara sepenuhnya. Pada posting, halaman, jenis posting kustom, dan halaman komentar, Anda akan melihat menu “Delete Permanently” yang muncul dan bukan menu “Trash” lagi.

trash disabled

Diatas adalah beberapa cara untuk bagaimana membatasi atau menonaktifkan fitur Empty Trash otomatis di WordPress. Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda, dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Hapus Link Default Gambar di WordPress Otomatis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Bazaar Lite Responsive Free

Bazaar Lite adalah Theme Wordpress responsive gratis yang kreatif dan minimalis untuk situs e-commerce...

Cara Tepat Menggunakan Heading Tags SEO H1 – H6

Seperti yang kita ketahui dalam format penulisan di website atau blog terdapat heading tag...

Close