Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Google Calendar di WordPress

Mengatur jadwal untuk kegiatan sehari-hari mempunyai manfaat yang sangat penting, dengan adanya jadwal kegiatan kita menjadi terorganisir dengan baik. Namun bagaimana cara Anda mengatur jadwal kegiatan Anda di WordPress? Untuk membuat jadwal lebih mudah Anda bisa menggunakan Google Calendar. Google Calendar adalah salah satu aplikasi yang paling berguna. Karean dapat mengatur jadwal Anda, berbagi acara, dan mengatur segala sesuatu di sekitar Anda. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk memasang Google Calendar di WordPress.

Baca : Cara Memasang Google Custom Search di WordPress

Memasang Google Calendar di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Simple Calendar – Google Calendar Plugin. Banyak plugin yang bisa anda gunakan, namun pada artikel ini saya akan menggunakan plugin yang paling populer dari kebanyakan plugin sejenis. Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut, Anda perlu mengunjungi halaman Settings » Calendar untuk melakukan konfigurasi plugin.

Karena Anda akan menggunakan salah satu layanan milik Google maka Anda perlu menghubungkan plugin Simple Calendar dengan Google Calendar. Untuk itu Anda perlu membuat dan menyediakan API Key Google Agar plugin dapat mengakses Calendar Anda.

Untuk mendapatkan API Key Google silahkan kunjungi situs Google Developer Console dan masuk dengan akun google Anda, klik menu Create a project.

google developers console

Setelah Anda klik Create a project Anda akan melihat popup muncul dan silahkan masukkan nama project Anda. Anda dapat membuat nama sesuai keinginan Anda, namun lebih baik Anda memberikan nama yang sesuai dengan project Anda agar mudah untuk mengingat dan mencarinya lagi. Sebagai contoh saya akan mengisi project baru dengan nama “Calendar”.

project baru google

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke dashboard project Anda di mana Anda perlu untuk mengklik pada link Enable and Manage API Keys.

api google calendar

Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan semua produk dan layanan Google. Silahkan cari Calender API yang terletak di bawah bagian menu Google Apps APIs.

calendarapi

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin mengaktifkan Calender API. Cukup klik pada tombol Enable API untuk melanjutkan,

enable google api calendar

Sementara API Anda sekarang diaktifkan, Anda masih perlu rincian bagaimana Anda akan mengakses API dan Crendential apa yang akan Anda gunakan. Klik menu overview dan klik tombol Go to Credentials untuk melanjutkan.

Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda harus memilih Credentials. Kami akan menggunakan API Key sebagai credential untuk menghubungkan Google Calendar dengan WordPress. Klik pada link API Key untuk melanjutkan.

apikey

Sekarang Anda diminta untuk memilih di mana Anda akan menggunakan key. Karena Anda akan menggunakannya pada server key, Anda perlu untuk mengklik pada tombol Server untuk melanjutkan.

server type

Selanjutnya Anda perlu memberikan nama untuk key yang akan Anda gunakan.Isi dengan nama yang sesuai dengan keinginan Anda dan kosongi untuk kolom IP Address dan klik tombol Create dan API key Anda sekarang sudah jadi

name api

Sekarang Copy API key yang sudah Anda buat untuk di masukkan dalam pengaturan plugin dan jangan lupa untuk mengklik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Baca : Cara Memasang Google Trends di Blog atau Website?

Membuat Google Calendar Anda untuk Umum

Jika Anda ingin berbagi Calender Google, maka Anda perlu untuk mengubah pengaturan Calendar untuk public. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Calender Google Public.

Silahkan masuk ke Google Calendar dan klik pada menu drop down di samping Calendar yang ingin Anda publikasikan.

google calendar

Ini akan membawa Anda ke pengaturan Calendar public. Anda harus mencentang Make Calendar Public dan kemudian klik tombol save.

public calendar

Hal terakhir yang Anda butuhkan adalah untuk mendapatkan ID Calendar yang unik. Anda akan perlu ID ini untuk menampilkan Calendar di WordPress. Cukup klik pada tab Calendar Detail di sebelah menu share this calendar seperti gambar diatas.

Scroll ke bawah ke bagian Calendar Address. Di sana Anda akan menemukan ID Calendar. Anda harus menyalin ID ini dan paste di file text. Anda akan membutuhkan ID Calendar ini pada langkah berikutnya.

calendarid

Menambahkan Calendar Baru di WordPress

Anda telah berhasil menghubungkan situs WordPress Anda dengan Google Calendar Anda. Langkah selanjutnya adalah menambahkan Google Calendar di WordPress.

Cukup masuk ke menu ke Calendar » Add New Page. Anda akan melihat layar seperti saat membuat Post atau Page pada layar editing di WordPress.

newcalendarwp

Dan buat judul Calendar. Anda akan melihat bahwa plugin telah menambahkan beberapa shortcode dan teks dalam textarea. Selanjutnya Scroll ke bawah ke kotak pengaturan kalender di bawah editor text. Klik pada tab Google Calendar dan paste ID Calendar Anda tadi.

calendarsettings

Anda juga dapat mengklik tab lainnya di dalam Google Calendar Seetings untuk menyesuaikan bagaimana kalender akan ditampilkan di situs WordPress Anda. Dan klik tombol publish untuk menyimpan dan menampilkan kalender Anda.

Google Calendar yang baru saja dibuat masih belum terlihat di situs WordPress Anda. Anda masih perlu menambahkan Calendar tersebut untuk di tampilkan di Post atau Page WordPress.

Cukup membuat atau mengedit Post atau Page WordPress. Pada layar post editor, Anda akan melihat tombol baru Attach Calendar. Ini akan memunculkan sebuah popup di mana Anda dapat memilih kalender yang sudah Anda buat tadi dari menu drop down.

Jika Anda ingin menampilkan kalender Google Anda di widget sidebar, maka Simple Calendar plugin sudah secara otomatis menambahkan widget untuk menampilkan Calendar.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Jika sudah sekarang silahkan untuk melihat Calendar Anda ditampilkan di situs WordPress atau Anda bisa melihat demonya disini, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Indibiz Responsive Free

Indibiz adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang sederhana dan minimalis untuk usaha kecil dan...

Cara Menambahkan Fitur “Click to Tweet” di Post WordPress

Menambahkan beberapa icon sosial media yang jika di klik maka artikel Anda akan dibagikan...

Close