Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Install dan Settings Contact Form 7 di WordPress

Jika Anda saat ini sedang membuat website atau blog dengan WordPress yang akan Anda gunakan untuk bisnis tentu saja Anda akan membutuhkan sebuah formulir kontak atau akan membuat beberapa formulir dengan tujuan berbeda-beda maka Anda bisa menggunakan Contact Form 7.

Contact Form 7 adalah salah satu plugin WordPress yang paling populer diinstal pada jutaan situs. Pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap tentang Contact Form 7, saya akan membahas dari cara install, fitur-fitur Contact form 7, cara menggunakannya dan masih banyak lagi. Namun, sebelum Anda membaca pada inti dari artikel ini sebaiknya Anda baca dulu penjelasan dibawah ini.

Mengapa Anda Perlu Contact Form?

WordPress memang sudah hadir dengan sistem yang kuat untuk mempublikasikan konten dan untuk berinteraksi dengan pengguna Anda, WordPress juga sudah membawa fitur kolom komentar. Namun, pada WordPress tidak dibawakan secara default untuk contact form secara built-in. Tapi Anda tidak perlu kawatir karena masalah ini sudah dipecahkan oleh plugin.

cara-menggunakan-contact-form-7

Dengan adanya Contact Form menjadikan mudah bagi pengguna atau pengunjung situs Anda untuk berkomunikasi dengan Anda sebagai pemilik situs secara pribadi. Kita semua mengetahui bahwa Email adalah bentuk paling mudah sebagai media komunikasi di internet. Dengan menambahkan Contact Form ke website Anda tidak hanya memudahkan pengguna Anda dalam berkomunikasi dengan Anda, tetapi juga bisa menjadikan peluang bisnis dan kesempatan kerja baru dari pihak lain.

Memiliki halaman kontak di website Anda adalah penting dan tidak boleh Anda abaikan, dan memiliki halaman kontak akan sangat kurang lengkap jika tidak ada formulir kontak (Contact Form).

Dengan menggunakan WordPress Anda akan dengan mudah menemukan beberapa plugin Contact Form tersedia untuk WordPress. Ada plugin contact form berbayar dan juga banyak yang gratis. Dan Contact Form 7 adalah plugin gratis untuk membuat formulir kontak yang paling populer yang bisa Anda temukan untuk WordPress. Ini benar-benar merupakan plugin form yang paling banyak di download.

Dan mari kita lanjutkan untuk pembahasan mengenai fitur dan cara menggunakan plugin Contact Form 7 ini.

Baca : 6 Plugin Contact Form Terbaik Gratis Untuk WordPress

Membuat Formulir Kontak dengan Contact Form 7

Untuk membuat contact form dengan plugin Contact Form 7, silahkan terlebih dahulu download dan install Contact Form 7. Setelah itu silahkan aktifkan plugin tersebut. Contact Form 7 dibangun dengan praktik WordPress standar dan terintegrasi dengan baik dan indah ke admin area WordPress Anda. Contact form juga sudah membawakan form demo yang dapat Anda lihat dan gunakan untuk percobaan sehingga Anda bisa membuat form yang lebih lengkap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

contact-form-7

Sekarang silahkan klik menu baru bernama “Contact” di menu sidebar WordPress Anda. Pada area pembuatan form, Contact form 7 memiliki antarmuka yang terlihat mirip dengan editor teks pada editor WordPress. Ini memiliki tombol sederhana pada menu atas yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan elemen-elemen form.

Setelah Anda selesai membuat form Anda, cukup klik pada tombol “Save” Dan formulir Anda sudah siap untuk Anda gunakan. Contact Form 7 akan memberikan Anda shortcode yang bisa Anda gunakan untuk di taruh di mana saja di situs WordPress Anda.

Contact Form 7 adalah plugin yang kuat. Setiap form yang dibuat dengan Contact Form 7 dapat memiliki pengaturan yang berbeda dapat dikonfigurasi dari Mail, Messages, dan tab Advanced Settings.

Pengaturan Mail di Contact Form 7

Pada menu tab “Mail“, Anda dapat menentukan alamat email untuk mengirim pesan-pesan yang dikirim melalui Contact Form. Secara default, Contact Form 7 akan mengirimkan pesan ke alamat email admin (email yang Anda gunakan saaat install WordPress). Anda dapat mengubah ke alamat email Anda yang lain yang Anda inginkan dengan sangat mudah.

mail-settings

Pada tab ‘Messages‘ Anda dapat mengubah pesan standar yang akan dimunculkan oleh Contact Form 7 untuk Anda dan pengunjung Anda. Maksud pesan disini adalah pesan kesalahan yang akan muncul jika terjadi kesalahan validasi, kesalahan input, keberhasilan dan pesan kegagalan pada saat pengiriman formulir.

Pada tab “Additional Settings” Anda dapat mengirim kode tertentu dalam format yang telah ditentukan, Anda bisa melihat contohnya disini.

Membuat Form yang lebih Komplek dengan Contact Form 7

Menciptakan form-form yang lebih kompleks dengan Contact Form 7 juga sangat mungkin untuk Anda lakukan tetapi tidak cukup mudah karena untuk membuat form yang lebih kompleks Anda diharuskan untuk paham dengan kode HTML. Dan untuk membuatnya Anda dapat menggunakan tombol pada editor form untuk memasukkan jenis input dan elemen form.

Namun, karena ini adalah plugin pembuat form yang gratis jadi jangan harap Anda dapat menemukan fitur canggih seperti logika kondisional seperti yang terdapat pada plugin pembuat form berbayar seperti WPForms dan add-ons nya.

Saat Anda klik pada elemen maka akan memunculkan popup di mana Anda dapat memilih pilihan dasar untuk bidang atau field yang ingin Anda masukkan. Misalnya Anda ingin memasukkan pilihan dengan memunculkan pilihan dropdown, Anda dapat memilih drop-down menu, menambahkan teks placeholder, dan mengkonfigurasi mereka berdasarkan jenis masukan yang ingin Anda tambahkan sepeti contoh dibawah ini, dan kalau sudah selesai klik “Insert Tag”.

drop-down-menu-contact-form7

Pada bagian text editor Anda masih harus menulis HTML seperti memberikan keterangan teks dan tag pindah baris atau spasi agar form ditampilkan dengan benar di situs WordPress Anda.

Intinya dalam pembuatan form dengan Contact Form 7 adalah pengetahuan Anda tentang kode HTML, jika Anda menguasai HTML dengan baik maka Contact Form bisa Anda jadikan sebagai plugin pembuat form yang sangat baik dan lebih dari cukup untuk plugin yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Dalam form Contact blog ini, saya hanya menambahkan pertanyaan keamanan bernama “Quiz”, Anda bisa melihatnya di menu “Contact” atau disini.

Baca : Membuat Konfirmasi Pembayaran dengan Contact Form7

Styling Contact Form 7

Contact Form 7 secara otomatis menggunakan style atau tampilan dari tema WordPress yang Anda gunakan. Kebanyakan tema WordPress standar sudah datang dengan kode CSS yang ditetapkan untuk kolom formulir dan tombol.

Bahkan pada beberapa tema gratis modern dan tema premium WordPress datang dengan gaya yang telah ditetapkan terutama untuk Contact Form 7. Namun, jika Anda ingin membuat tampilan Contact Form sesuai dengan keinginan Anda sendiri, Anda juga dapat menambahkan kode CSS kustom Anda sendiri ke Contact form 7.

Contact Form 7 menambahkan kelas CSS dan ID untuk semua form. Anda dapat menggunakan dan mengganti Class-Class standar di WordPress melalui Theme atau child theme Anda.

Baca : Cara Merubah Desain Tombol Submit Contact Form7

Dan itulah penjelasan lengkap mengenai Contact Form 7 yang bisa Anda pelajari, Anda dapat menggunakan Contact form 7 untuk menambahkan fitur formulir di situs WordPress Anda secara gratis. Ini merupakan plugin yang menurut saya sudah cukup untuk pembuatan formulir standart, namun jika Anda ingin mempunyai form dengan fungsi lengkap Anda bisa mencoba menggunakan plugin lain yang berbayar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Mksh Bnyak ya Buat infonya. Sangat membantu. Yuk mari berbagi wktu utk mampir di http://seputarti.com 🙂 slm Kenal

    • Sama-sama gan semoga bermanfaat tutorialnya. 🙂

  • nikky

    Untuk membuat field foto dengan generate tags file upload bagaimana caranya? Karena stlh saya buat, tp hsl foto yg diupload tdk ada.

    • Sebenarnya masuk gan, contact form7 itu membuat folder sendiri, letak folder file upload itu di folder wp-content/uploads/wpcf7_uploads.

      • Dimana bisa saya dapatkan wp-content/uploads/wpcf7_uploads ????

        • Masuk ke c-panel agan. Lalu masuk ke menu file manager. Buka folder instalasi wordpress agan. Disitu akan terdapat folder wp-content/uploads/wpcf7_uploads

  • Thanks for share

  • Budiman

    Mas cara mendapatkan database yang sudah memasukkan data ke formulir dimana ya?? saya cari di DB kok gk masuk..

    • udah install plugin contact form db blm gan? databasenya nanti akan muncul disitu.

  • budi

    Mas. Bisa gag input nya jadi seperti tabel di excel jadi bisa disearch atau disortir gitu? Atau ada plugin db lain yg mendukung?

    Tks

    • Gunain Plugin contact Form db aja gan. 🙂

  • oo ternyata bisa dikustomisasi yah contact form 7 ini. pernah make tapi ribet cara setting-settingnya mas, oya salam kenal.

  • tinggal install aj. funsi dari contact from DB untuk nampilin inputan dari form c7 di admin wordpress

  • Anda bisa memasukkan code html pada email balasan di contact form. atau bisa menggunakan email template. cari tutorial nya di centerklik.

  • Thanks gan infonya, atas pencerahannya. sangat membantu untuk saya sebagai pemula wordpress

Must Read...!
Theme WordPress Enlightenment Responsive Gratis

Enlightenment adalah Theme Wordpress Responsive gratis yang ideal untuk membuat situs pendidikan seperti perguruan...

Cara Menggunakan iThemes Security (Better Wp Security) WordPress

Cara Menggunakan iThemes Security (Better Wp Security) Wordpress. Saat kita berbicara tentang Wordpress pasti...

Close