Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Apa Kelebihan Telegram Di banding WhatsApp?

WhatsApp memang aplikasi pesan instan yang lahir lebih dulu di banding dengan telegram, ini membuat whatsapp hampir dimiliki oleh setiap pemilik smartphone. Dan telegram masih sangat baru bagi setiap orang bahkan telegram masih sangat digunakan oleh sedikit orang terutama di indonesia.

kelebihan Telegram vs Whatsapp

Pada februari kemarin Telegram baru saja mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan dan masih jauh dengan WhatsApp yang sudah digunakan 1 miliar pengguna aktif bulanan. Meskipun pengguna telegram masih sangat kecil dibanding whatsapp tapi saya pribadi tetap mengatakan bahwa telegram jauh lebih baik dibanding whatsapp. WhatsApp memiliki pengguna lebih dari Telegram hanya karena memang whatsapp lahir lebih dahulu dan sudah lebih terkenal dibanding telegram di dunia messaging, selain itu juga mendapatkan kemudahan dari penggunaan Facebook karena whatsapp telah di akuisisi oleh facebook, dan whatsapp mempunyai antarmuka yang bersih dan proses sign up yang mudah.

Baca : Apa itu Aplikasi Telegram, Cara Menggunakan Telegram?

Berikut alasan yang lebih lengkap mengapa Telegram lebih baik daripada WhatsApp?

Telegram

Telegram adalah pesan instant gratis untuk di download dan di install, aplikasi ini merupakan platform open-source tanpa iklan, antarmuka yang bersih, cepat dan tidak ada biaya apapun, telegram juga mengadopsi teknlogi awan atau cloud.

Mendaftar dan menggunakan Telegram sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan nomor telepon Anda sebagai ID Anda dan sangat mudah untuk berinteraksi dengan pengguna lain dengan kontak dalam dafatr buku telepon di smartphone Anda (selama mereka menggunakan aplikasi telegram juga). Inilah yang sebenarnya membuat pesan aplikasi ini sangat mirip dengan WhatsApp. Namun, Telegram menawarkan lebih pada aspek ini.

Tidak seperti WhatsApp, dengan telegram Anda dapat menggunakan username untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya meskipun Anda tidak memiliki kontak nomor telepon pengguna tersebut yang digunakan untuk mendaftar di Telegram. Jadi, pengguna lain tidak akan melihat nomor Anda meskipun sudah terhubung, yang mengapa aplikasi messaging ini sering dianggap sangat aman daripada whatsapp.

Ketika kita membandingkan ke User Interface, maka tidak ada perbedaan besar antara dua aplikasi tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, sangat mudah untuk mengirim dan menerima pesan, manajemen kontak juga tidak berbeda, emoji standart juga sama antar kedua aplikasi.

Hal terbesar yang di tawarkan Telegram adalah pada keamanan. Selain menjadi sebuah platform open-source, aplikasi messaging ini juga membuat penggunaan MTProto yang memiliki 256-bit enkripsi simetris, DH mengamankan pertukaran kunci serta enkripsi RSA 2048. Inilah yang membuat telegram disebut sebagai aplikasi yang sangat aman, bahkan para pengembang telah mendorong dengan menawarkan uang sebesar $200.000 bagi setiap hacker yang dapat menemukan celah dalam sistem telegram.

Sama seperti WhatsApp, Telegram adalah platform lintas aplikasi. Ia bekerja dengan baik pada Android, iOS, Windows Phone, Chrome, Mac dan Windows OS. Anda dapat mengakses aplikasi messaging ini dari berbagai platform bahkan di web browser. Hal ini juga memungkinkan untuk login ke semua perangkat yang didukung pada waktu tertentu tanpa masalah dan pesan akan muncul sama pada semua platform, karena memang telegram adalah aplikasi berbasih cloud sehingga proses sinkronisasi berjalan sangat. Kelebihan lain yaitu apabila Anda sedang menggunakan aplikasi telegram melalui desktop, aplikasi Telegram pada samrtphone Anda tidak perlu aktif, begitu juga di web browser.

Kecepatan aplikasi Telegram juga di akui sangatlah cepat dan lancar dan jarang mengalami gangguan. Berbagi file di telegram juga mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar daripada di whatsapp yang hanya dibatasi 16 MB, bahkan berbagai jenis file di perbolehkan di telegram. Dan memang aplikasi telegram ini tidak cocok untuk Anda yang suka berganti-ganti status, karena telegram tidak terdapat fitur status.

Jika Anda menikmati mengobrol dalam kelompok atau group, Anda akan menikmati aplikasi ini bahkan lebih baik karena menawarkan kapasitas ganda seperti yang WhatsApp miliki. Anda dapat mencakup hingga 200 peserta dalam group Telegram bahkan dapat di upgrade sampai 1000 pengguna sekaligus beda dengan whatsapp yang hanya 100 pengguna. Dan juga memungkinan bagi Anda untuk menggunakan fitur bot untuk mengintegrasikan dengan API canggih milik Telegram, sesuatu yang Anda tidak akan temukan di WhatsApp.

Baca : Cara Menambahkan Tombol WhatsApp Share di WordPress

WhatsApp

WhatsApp tidak gratis. Anda harus membayar dalam penggunaan whatsapp pada tahun kedua, tetapi memang biaya yang diminta sangat kecil yaitu $0,99 per tahun. Tidak ada keraguan bahwa dalam hal kemudahan penggunaan dan fungsionalitas, WhatsApp tidak berbeda dari Telegram. Mendaftar whatsapp memerlukan nomor telepon dan Anda dapat berinteraksi dengan orang dalam buku telepon Anda selama mereka menggunakan WhatsApp juga.

Ketika datang ke keamanan, tidak ada yang bisa meyakinkan pada WhatsApp, karena whatsapp bukan sebuah platform open source, hal ini menyebabkan banyak pelanggaran keamanan terjadi pada aplikasi messaging ini.

WhatsApp juga merupakan aplikasi cross-platform yang akan bekerja pada Android, iOS, Windows Phone dan platform mobile lainnya. Seperti disebutkan sebelumnya, ia memiliki WhatsApp klien Web PC yang dapat diakses melalui web browser. Namun, menggunakan klien web mengharuskan bagi Anda tetap menyambungkan dengan aplikasi di smartphone Anda yang aktif dan smartphone Anda juga harus terhubung ke internet.

WhatsApp juga cukup cepat, tapi biasanya tidak konsisten. Selanjutnya, meskipun aplikasi ini memungkinkan berbagi file, ada keterbatasan pada jenis dan ukuran file yang bersangkutan. Misalnya, hanya memungkinkan ukuran file 16MB dan tidak dapat mengirim jenis file seperti PDF, .doc, .exe dan masih banyak lainnya. Anda juga tidak bisa menggunakan fitur Replies, Mentions, Hashtags, Forwards seperti pada telegram.

Baca : Tutorial Cara Mudah Membuat Sticker Pack di Telegram

Kesimpulannya

Berdasarkan fakta-fakta di atas tentu Anda sudah dapat menentukan sendiri bahwa Telegram adalah aplikasi yang lebih baik, memiliki kemampuan sinkronisasi besar, opsi keamanan yang lebih baik dan sangat cepat. Meskipun WhatsApp juga sederhana dan cukup cepat, tapi whatsapp tertinggal dalam aspek-aspek kunci tertentu yang telah dimiliki oleh Telegram.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Enliven Responsive Free

Enliven adalah theme wordpress responsive gratis yang serbaguna dengan desain yang indah dan modern,...

Liburan Lebih Mudah Dengan Fitur Google Destinations

Baru-baru ini Google sang raksasa teknologi mesin pencari telah menerbitkan fitur yang sangat keren...

Close