Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Apa itu Aplikasi Telegram, Cara Menggunakan Telegram?

Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel untuk anda semua yang keluar dari topik wordpress, yaitu membahas tentang aplikasi chatting yang membuat saya tertarik dan saat ini juga saya gunakan. Aplikasi chatting tersebut bernama Telegram, karena bisa digunakan di berbagai perangkat maka saya tertarik untuk menulisnya di blog ini.

Telegram adalah Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan. Dengan Telegram Anda juga dapat berbagi lebih dari sekedar gambar dan video, tapi Telegram juga memungkinkan Anda mentransfer dokumen atau mengirim lokasi Anda saat ini ke teman dengan mudah. Telegram merupakan aplikasi Terbaik dari semua, cepat, ringan, tidak ada iklan dan  benar-benar gratis. Silahkan kunjungi situs resminya disini.

Telegram mempunyai user interface yang bersih dan mempunyai berbagai fitur, dan karena itu Telegram sangat banyak digunakan orang di seluruh dunia saat ini. Tidak seperti aplikasi chat lainnya, Telegram adalah berbasis cloud, yang berarti Anda dapat dengan mulus memindahkan percakapan Anda antara smartphone, tablet, web dan bahkan di desktop Anda. Berikut beberapa cara menggunakan Telegram di berbagai perangkat :

Baca : Apa Kelebihan Telegram Di banding WhatsApp?

Cara Menggunakan Telegram di iOS dan Android

1. Install aplikasi Telegram. Buka App Store atau Google Play dan mencari Telegram. Cari aplikasi dengan logo pesawat kertas dan silahkan anda install.

start telegram

2. Masukkan nomor telepon Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda. Telegram akan segera mengirimkan pesan teks dengan kode empat digit untuk memverifikasi bahwa itu memang benar nomor Anda. Masukkan kode ke app untuk melanjutkan.

3. Tambahkan nama dan gambar. Telegram memungkinkan pengguna membuat profil anda sendiri, lengkap dengan nama dan gambar. Masukkan informasi ini untuk melanjutkan.

profil telegram ios

4. Cari teman dengan Telegram. Telegram otomatis dapat mencari kontak untuk teman-teman yang menggunakan Telegram jika Anda memberikan izin aplikasi untuk mengakses Address book Anda. Ketika Anda menekan tab Contact di bagian bawah kiri layar, Telegram akan menampilkan daftar teman yang menggunakan Telegram dan juga daftar Contact yang tidak mendaftar di telegram. Anda dapat mengirim undangan untuk bergabung ngobrol dengan menekan pada nama teman yang belum menggunakan Telegram.

5. Mulai obrolan. Pilih seorang teman yang memiliki akun Telegram untuk memulai obrolan baru. Mirip dengan WhatsApp dan aplikasi SMS lainnya, ada kolom teks di bagian bawah layar yang digunakan untuk mengetik pesan.

6. Kirim foto, gambar Web, video, dokumen, kontak atau lokasi Anda. Tidak seperti kebanyakan aplikasi messaging, Telegram memungkinkan Anda mengirim berbagai informasi kepada teman-teman Anda. Tekan ikon penjepit kertas atau paperclip di sebelah kolom teks chat dan memilih jenis informasi yang ingin Anda kirim. Anda dapat memilih untuk mengambil foto atau video, atau pilih salah satu dari file di perangkat Anda. Ada juga pilihan untuk mencari gambar melalui Web, yang membuka prompt pencarian yang hanya menunjukkan gambar results.

attachment photo

Jika Anda ingin mengirim lokasi Anda saat ini ke teman, pilih opsi Lokasi dan menyetujui bahwa akses aplikasi ke lokasi Anda saat ini. Teman Anda kemudian akan mengirim peta interaktif. Ada juga pilihan untuk berbagi dokumen dan kontak menggunakan Telegram.

7. Mulai chat Rahasia. Dari tab Kontak, pilih opsi New Secret Chat kemudian pilih nama teman anda. Setiap pesan yang dikirim di jendela ini akan dienkripsi, yang berarti bahwa tidak ada orang lain akan memiliki akses ke chatting ini. Anda dapat mengirim teks, media dan dokumen seperti chat biasa.

secret chat telegram

Anda juga dapat memilih untuk membuat rahasia pesan chat anda sendiri, yang berarti dapat terhapus setelah waktu yang ditetapkan. Dalam secret chat, tekan pada nama teman Anda di bagian atas layar » tekan tombol Info» dan masuk ke pengaturan Self-Destruct Timer. Pilih satu detik, dua detik, lima detik, satu menit, satu jam, satu hari atau satu minggu.

8. Background Chat. Di tab Settings di bagian bawah Anda dapat memilih gambar untuk menjadi background chat Anda. Telegram memiliki pilihan gambar yang sudah tersedia, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa dari chatting Anda. Ada juga pilihan untuk memilih gambar dari perangkat anda untuk digunakan sebagai background untuk sentuhan lebih pribadi.

Baca : Apa itu Aplikasi Google Duo, Cara Menggunakan Google Duo?

Cara Menggunakan Telegram pada Windows PC?

1. Download Telegram untuk Dekstop Windows PC dengan mengunjungi situs Telegram disini. Setelah itu lakukan install sepeti anda menginstall program windows lainnya. Jika sudah selesai maka akan muncul Tombol Start Messaging seperti dibawah ini :

telegram desktop version2. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan nomor handphone anda

masukkan nomor telegram

3. Masukkan 5 digit kode yang dikirim ke nomor handphone tersebut

masukkan kode telegram

4. Sekarang, mari kita lihat bagaimana menggunakan Telegram pada Windows, Untuk dapat mengirim pesan ke pengguna lain Telegram, pertama-tama Anda akan perlu untuk menambahkan  ke kontak Telegram Anda. Untuk menambahkan kontak baru, klik menu Contact di atas, klik pada Add Contact, dan kemudian masukkan rincian kontak. Ingat, nomor yang dimasukkan di sini harus dikaitkan dengan akun Telegram.

contacts

Menambahkan kontak baru.

add new contact

5. Setelah menambahkan kontak, Anda dapat klik pada kontak pada sisi kiri dan mulai mengetik pesan Anda. Setelah mengetik pesan Anda, klik Send untuk mengirimkannya. Jika Anda melihat salah satu centang hijau di sebelah pesan di layar chat, artinya pesan telah dikirim dari perangkat Anda, dan Jika Anda melihat dua centang hijau itu berarti pesan telah diterima oleh penerima.

chat telegram

6. Untuk mengirim file Menggunakan Telegram, Anda dapat mengirim foto, video, dokumen, dan jenis file lainnya yang sangat mudah. Untuk mengirim foto dalam sebuah pesan, klik pada ikon klip kertas dan cari file yang mau dikirim di perangkat anda.

Bagaimana mengedit atau menghapus kontak dalam Telegram?

Untuk mengedit atau menghapus kontak dalam Telegram pada Windows, pertama-tama pilih kontak di sisi kiri, kemudian klik pada area putih diatas area chat. Anda akan melihat link untuk mengedit dan menghapus kontak pada sisi kanan atas. Selain mengedit dan menghapus kontak, Anda dapat menghapus history obrolan yang berhubungan dengan kontak yang dipilih dengan mengklik Clear history di bagian bawah.

delete edit contact telegram

Untuk semua konfigurasi lainnya yang didukung oleh Telegram untuk desktop seperti mengubah foto profil Anda, mengubah ukuran layar, logout, dll, Anda bisa klik pada Settings di bagian kiri atas.

Cara menggunakan Telegram Web Browser

Setelah anda mengetahui cara untuk menggunakan applikasi chatting pada Smartphone dengan OS iOS dan Android, sekarang mari kita lanjutkan ke cara penggunaan Telegram pada Web Browser, Telegram support di berbagai media, dan anda tidak perlu menghubungkan smartphone anda untuk mengakses Telegram melalui web maupun PC Desktop.

Untuk memulainya anda hanya perlu untuk mengakses alamat Telegram untuk web Browser dengan mengunjungi alamat resminya dan memilih web browser atau langsung ke https://web.telegram.org/ , Saat anda mengakses alamat tersebut dan anda akan dimintai nomor ponsel Anda dan mengirimkan pesan teks (SMS) untuk memverifikasi. Jika SMS tidak datang ada juga pilihan untuk melakukan panggilan. Setelah diverifikasi, semua pesan dan kontak akan muncul di aplikasi ini. Manfaat yang jelas besar adalah bahwa Anda sekarang dapat chatting dengan orang lain menggunakan keyboard biasa.

menu telegram web

Untuk daftar contact ada di sebelah kiri, dan untuk menambahkan Contact, Settings,Group ada pada menu di sebelah atas kiri.

settings web browser telegram

Berikut cara lengkap menggunakan aplikasi chatting dengan Telegram, silahkan gunakan aplikasi tersebut jika anda tertarik, dan semoga bermanfaat. 🙂

Baca : Tutorial Cara Mudah Membuat Sticker Pack di Telegram

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host