Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

8 Tips Harus Dilakukan di situs WordPress Anda

tips menulis blogJika anda ingin membangun situs yang hebat dan bertujuan jangka panjang dengan platform wordpress, kadang Menyiapkan sebuah situs WordPress agar sepenuhnya berfungsi dan berjalan dengan baik bisa menjadi tugas berat. Dari memilih web hosting yang tepat, memilih sebuah theme yang baik, menerapkan proses instalasi wordpress, menambahkan plugin penting kemudian menempatkan konten Anda. Kesemuanya itu harus anda pertimbangkan dengan baik dan matang, jika kesemuanya sudah anda siapkan dengan segala macamnya itu maka situs anda memang sudah siap untuk diluncurkan.

Selain Hal diatas tadi, hal yang perlu anda lakukan saat situs wordpress anda sudah berjalan adalah melakukan 8 hal berikut :

  • Mengoptimalkan pengaturan umum situs
  • Memperkuat keamanan situs
  • Kata kunci / keyword pada optimasi SEO
  • Mencegah komentar spam
  • Rencanakan jadwal penerbitan artikel
  • Periksa pengaturan RSS Feed
  • Melacak kinerja situs
  • Back up situs

1. Optimalkan pengaturan umum

Pada pengaturan bagian panel admin WordPress Anda, berikut adalah beberapa pilihan yang harus anda beri perhatian khusus :

  • Judul
  • Tagline
  • Timezone
  • Mengatur Permalinks / pretty Links

Judul dan tagline mengidentifikasi brand situs Anda dan biarkan pembaca serta mesin pencari mengklasifikasikan blog Anda ke dalam bidang yang tepat. Oleh karena itu, menjadi pemilih ketika memilih “nama dan profil” blog Anda karena mereka juga akan mempengaruhi hasil SEO Anda.

Zona waktu di WordPress diset ke UTC (Coordinated Universal Time) secara default. Ingatlah untuk mengubah pengaturan ini jika Anda tinggal di daerah lain.

Baca : Struktur URL SEO Friendly WordPress

Tidak ada yang suka URL jelek sebagai http://example.com/?post=1.  ubah menjadi  http://example.com/cara-install-wordpress-lengkap jauh lebih cantik dan lebih terbaca oleh pengunjung. Anda dapat mengubah bagaimana URL Anda terlihat dengan menavigasi ke Settings >> Permalinks kemudian mengisi struktur link pilihan Anda dalam bidang struktur kustom. Kategori dan tag juga dapat ditambahkan ke dalam link.

2. Memperkuat keamanan Situs

Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki situs Anda di hack orang yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, langkah-langkah pengetatan keamanan adalah hal pertama dalam daftar prioritas. Anda dapat menerapkan banyak teknik untuk mengamankan situs Anda. Namun tugas yang paling mendesak adalah mengubah path admin URL Anda. Default dari url admin adalah domain-anda.com/wp-admin dan account administrator sebagai “admin” yang terlalu mudah ditebak. Ubahlah dengan nama lain sehingga lebih sulit untuk ditebak.

Selanjutnya, membatasi jumlah usaha login gagal mencegah hacker dari berulang kali menebak password Anda. Lebih lanjut tentang pendekatan keamanan lainnya dapat dibaca di blog rinci kami tentang Tips untuk meningkatkan keamanan situs WordPress Anda. Dan memilih untuk mulai belajar bagaimana menangani serangan keamanan WordPress dan mempersiapkan situs yang benar-benar siap.

Baca : Cara menggunakan Better wp Security

3. Bekerja pada SEO Situs

Menarik lalu lintas organik ke situs Anda dari awal adalah taktik yang tepat untuk membuat situs anda terkenal. Semakin banyak blog Anda dioptimalkan untuk SEO, betterweb crawler / spider mengevaluasi konten Anda dan semakin tinggi Anda akan tinggal di SERP (Search Engine Result Page). Kami akan sangat menyarankan plugin SEO by Yoast atau All in one SEO untuk setiap situs WordPress anda karena berguna dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula.

Di antara daftar fitur keren, membantu mengoptimalkan judul dan deskripsi meta untuk posting, halaman, kategori, tag dan jenis posting kustom lainnya, taxonomi kustom. Plugin ini juga membuat dan mengirimkan XML Sitemap dari blog Anda ke berbagai mesin pencari, termasuk Google, Bing, Yahoo dan Ask.com. Peta Situs yang memberikan daftar halaman dan metadata di situs Anda untuk memastikan mesin pencari tahu blog Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Cara Install dan Setting Plugin Yoast dan Tutorial Menggunakan All in one SEO .

4. Mencegah komentar spam

Komentar spam membuat situs Anda terlihat buruk, terutama untuk blog yang baru diluncurkan yang masih dalam perjalanan untuk mencari pengakuan masyarakat. Jadi pastikan semua komentar di blog Anda secara menyeluruh disaring. Akismet adalah plugin untuk WordPress yang bisa diandalkan untuk tujuan anti-spam. Hal ini terintegrasi secara default dalam paket instalasi WordPress. Yang harus Anda lakukan adalah aktifkan plugin ini dan menikmati pekerjaannya. Setiap komentar, trackback atau pingback dikirim ke layanan Akismet untuk pengujian dan analisis. Ini menghemat dari beban monitoring dan secara manual menghapus setiap komentar spam di blog Anda.

Baca : Apa dan Bagaimana meggunakan Plugin Akismet?

5. Rencanakan jadwal penerbitan Artikel

Kebanyakan blogger lebih memilih untuk menjadwalkan posting mereka untuk waktu yang tepat daripada penerbitan artikel setelah selesai dibuat. Untungnya, WordPress memiliki opsi posting terjadwal yang sangat berguna untuk ini. Selain dari itu Manfaat dari pendjadwalan blog adalah pengunjung setia anda sudah hafal kapan waktu blog anda sudah update, dan mereka selalu menunggu update postingan anda diwaktu yang tepat.

Baca : Cara menjadwal Postingan di WordPress

6. Periksa pengaturan RSS Feed

Beralih pengunjung menjadi pembaca setia sangat penting untuk blog apapun, terutama yang situs baru. RSS Feed adalah pilihan di WordPress yang membantu pengguna dengan mudah melihat dan berlangganan artikel Anda. Pada pengaturan Membaca bagian panel admin, Anda bebas untuk mengoptimalkan pilihan RSS Feed Anda untuk berapa banyak posting yang ditampilkan, bagaimana rss ditampilkan(dalam teks penuh atau ringkasan), dll. Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan FeedBurner untuk Feed Anda.

7. Melacak kinerja situs Anda

Sangat penting untuk mendapatkan pembaruan rutin pada statistik blog Anda mengenai jumlah lalu lintas, di mana pengguna berasal, waktu, tampilan halaman mereka dan rincian pribadi lainnya seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dll Anda juga harus memperhatikan halaman yang paling / paling tidak populer untuk mendapatkan blog Anda disesuaikan dengan preferensi pengunjung yang ditargetkan.

Google Analytics biasanya akan direkomendasikan sebagai alat yang sempurna untuk pelacakan situs anda. Ini sangat kuat, kaya fitur dan mudah untuk digunakan. Jika Anda baru untuk ini, lihat tutorial ini untuk Bagaimana menambahkan Google Analytics untuk WordPress. Atau anda bisa menggunakan Jetpack Site Stats untuk melacak kinerja situs.

8. Back up Situs

Tugas seperti backup memang membosankan. Tapi Anda tidak boleh mengabaikannya. Karena segala sesuatu bisa terjadi pada situs anda, tapi jika anda punya backup tentunya anda masih bisa bernafas lega. Anda bisa melakukan backup secara terjadwal dengan menggunakan Backup to Dropbox atau bisa juga menggunakan VaultPress. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah pastikan Anda tahu cara mengembalikan WordPress dari cadangan sebelum melangkah lebih jauh.

Baca : Backup WordPress ke Dropbox Jadi Lebih Mudah

Kesimpulan :

Ini tidak memerlukan banyak kerja keras untuk mengelola website Anda selama Anda tahu caranya. Saya harap anda menerapkan semuanya agar situs anda berjalan dengan baik. Beberapa hal diatas perlu dilakukan setiap hari, sementara yang lain bisa dilakukan dengan jadwal teratur.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Nah kebetulan neh artikelnya ketemu,kebetulan saya lagi cari tutorial untuk worpres saya,trimaksih atas infonya

  • Enak gag sih,,
    bloging pakai wordpress itu ?

    • enak banget gan. 🙂 banyak keuntungan yang di dapat dari hanya sekedar ngeblog.

Must Read...!
Theme WordPress Wembley Responsive Free

Wembley adalah Theme wordpress responsive gratis yang di desain untuk portofolio, dengan layout yang...

Cara Memasang Live Chat Zopim di WordPress

Setelah sebelumnya saya membuat artikel yang membahas 5 Plugins Live chat terbaik untuk Wordpress,...

Close