Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

6 Faktor Kunci Dalam Desain Logo untuk Branding

Perlu Anda ketahui bahwa logo Anda adalah simbol visual dari brand atau merek Anda. Logo merangkum identitas Anda dan menciptakan rasa percaya dan keakraban di benak audiens Anda. Apakah Anda memulai bisnis baru atau saat ini sedang ingin melakukan pembaharuan logo pada merek Anda. Dalam mendesain logo, penting bagi Anda untuk melihat apakah logo tersebut sudah memenuhi 6 faktor penting berikut ini sehingga menjadi identitas dari merek Anda secara keseluruhan. Berikut 6 Faktor Kunci Dalam Desain Logo untuk Branding :

logo branding

1. Apakah sudah tepat?

Desain logo Anda harus menjadi bagian keseluruhan dari merek Anda dan harus konsisten dengan semua aset visual lainnya. Serta menjadi tepat sebagai simbol perusahaan dan juga harus merasa otentik dengan industri Anda. Dalam memilih simbol atau logo harus hati-hati, karena ini akan terhubung antara audiens dan persepsi mereka tentang produk atau jasa Anda.

Baca : Apa itu Branding? Brand, Logo dan Identitas Brand

2. Minimalis

Dalam membuat logo untuk brand Anda, tidak perlu mencoba untuk menjejalkan terlalu banyak aksen kedalam logo Anda, karena hal tersebut akan terlihat berantakan dan membingungkan, terutama bila digunakan dalam ukuran yang lebih kecil. Hindari foto atau gambar yang berisi teks atau banyak rincian halus, karena akan mengakibatkan logo menjadi tidak jelas bila digunakan dalam dimensi kecil dan juga dapat menjadi tidak relevan dengan bisnis Anda. Cobalah untuk menempel satu bentuk sederhana dengan kejelasan maksimum, berpikirlah untuk membuat logo untuk jangka panjang.

3. Clear

Buat logo Anda dengan grafis yang jelas dan bersih tanpa menerapkan efek khusus seperti drop shadow, bevelling atau pola. Efek halus mungkin akan terlihat bagus pada ukuran yang besar dan mungkin juga hanya akan cocok untuk di padukan dengan media tertentu, tapi akan terlihat buruk dan mengganggu jika di tempatkan pada perangkat atau platform tertentu,Ā  dan dapat mengurangi efektivitas dari desain logo itu sendiri.

4. Warna

Warna membawa arti dan dapat menciptakan kesan pada merek Anda secara langsung. Misalnya, oranye dan kuning memberikan perasaan menyenangkan dan energi, sementara biru dan abu-abu menginspirasi kepercayaan dan otoritas. Intensitas warna juga bisa menyampaikan makna, dengan warna pastel yang lembut tradisional sering dipilih dalam industri kecantikan dan kesehatan dengan warna neon digunakan oleh merek-merek yang ingin membuat kesan yang berani. Blok warna datar akan menjadikan visual terlihat lebih efektif daripada bayangan dan efek gradasi halus.

Baca : Psikologi Warna Untuk Pemasaran Bisnis yang Efektif

5. Multi-purpose

Desain logo Anda harus dapat bekerja dalam berbagai dimensi yang berbeda. Logo harus tetap terlihat besar ketika dimensi berubah menjadi kecil seperti di media sosial. Sebuah vektor grafis profesional dibuat dengan skala yang diperhitungkan sebelumnya, sehingga di mana file grafis dapat menjadi terdistorsi ketika diubah ukurannya. Demikian juga, banyak detail dan teks juga di pertimbangkan sebelumnya dengan tepat sehingga akan membuat logo Anda tetap terbaca ketika diperkecil agar sesuai dengan dimensi kecil.

6. Lindungi Brand

Jika Anda telah bekerja keras untuk membuat logo yang bisa dibanggakan, Anda perlu melindungi logo tersebut dengan mengambil waktu untuk menulis pedoman merek yang ditujukan baik kepada karwyawan, afiliasi, media dan pihak ketiga lainnya bagaimana menggunakan logo Anda. Pedoman dapat mencakup CMYK tepat atau rincian RGB dari masing-masing warna, skala dan jarak antara masing-masing elemen dari logo Anda serta penggunaan setiap line yang Anda miliki.

Jangan lupa salah satu elemen kunci terakhir dari desain logo Anda: Anda perlu menyukainya! Mencoba beberapa variasi yang berbeda dengan desainer logo Anda sampai Anda benar-benar merasa puas dengan logo tersebut. Logo Anda adalah salah satu elemen yang paling terlihat dari bisnis Anda, dan Anda perlu merasa bangga setiap kali Anda melihatnya.

Baca : Cara Memilih Warna Yang Tepat Untuk Desain Web

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress GeneratePress Responsive Free

GeneratePress adalah theme wordpress responsive gratis yang ringan dibangun dengan load yang cepat, SEO...

Cara Mudah dan Cepat Melakukan Ping dengan Pingler

Aktivitas ping pada kalangan blogger tentunya bukanlah hal yang baru, bisa jadi kegiatan ping...

Close