Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

12 Langkah Wajib Optimasi SEO WordPress

WordPress adalah Content Management System yang sangat Fantastis, Gratis, dan open source. Meng-install WordPress hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan anda sudah bisa mempunyai sebuah situs. Dengan menggunakan wordpress kebutuhan bisnis online anda terbantu. Baik itu untuk blogging, toko online, portal berita, forum maupun Company Profile.

Namun pada kenyataanya anda tidak hanya cukup untuk menginstall dan menggunakannya begitu saja untuk hasil yang optimal, WordPress memang di kenal sebagai platform yang SEO Friendly (apa itu SEO?), tapi anda juga harus mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk mencapai hal tersebut.

Pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada anda langkah-langkah yang diperlukan untuk mengoptimalkan website WordPress anda, dengan fokus pada modifikasi yang berlaku untuk SEO. Artikel ini sebenarnya sudah saya bahas pada artikel sebelum-sebelumnya, namun kali ini saya akan mengelompokkanya sehingga memudahkan bagi anda yang ingin mengoptimalkan SEO pada wordpress dengan mudah dan teratur.

Berikut adalah 12 Daftar Link Cepat Optimasi SEO:

Langkah 1: Pengaturan Privasi selama pengembangan
Langkah 2: Permalink Settings – URL SEO Friendly
Langkah 3: Ubah nama kategori Uncategorized
Langkah 4: Sesuaikan judul halaman & meta tag pada All in One SEO Plugin Pack
Langkah 5: Masukkan Daftar URL Ping Services
Langkah 6: Buat Gambar SEO Friendly
Langkah 7: Install Plugin XML Sitemaps
Langkah 8: Google Analytics untuk WordPress
Langkah 9: Theme Responsif
Langkah 10: Cek & Optimalkan Theme WordPress
Langkah 11: Mengoptimalkan file .htaccess
Langkah 12: Mengoptimalkan file robots.txt

Langkah 1: Pengaturan Privasi Selama Pembangunan

Salah satu pengaturan wordpress yang harus anda lakukan adalah pada privacy settings, Jika situs anda baru dan masih dalam tahap pengembangan maka lebih baik anda mencentang pengaturan ini, dengan mencentang pengaturan ini maka google tidak akan mengindeks situs anda. Dan jika sudah siap untuk di launching situs anda secara resmi maka hilangkan centang pada pengaturan Search Engine Visibility tersebut.

search-engine-visibility

Pengaturan Search Engine Visibility ini terdapat pada Settings » Reading

Baca : Mengatasi Website WordPress Tidak Terindex Google

Back to Top

Langkah 2: Permalink Settings – URL Search Engine Friendly

Anda dapat mengkonfigurasi URL wordpress menjadi lebih ramah untuk mesin pencari (SEF URL) dengan memilih opsi Custom Structure dan menambahkan parameter berikut dalam kotak teks.

permalink settings wordpress seo

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Back to Top

Langkah 3: Ubah nama Kategori Uncategorized

Pada wordpress secara default setelah anda melakukan penginstallan, maka akan ada kategori yang bernama uncategorized, kategori ini jika tidak anda ganti dengan kategori yang sesuai dengan situs anda maka jika anda lupa saat publish artikel akan otomatis berada pada kategori uncategorized.

Tidak merubah nama kategori Uncategorized adalah merupakan hal yang fatal, karena itu juga akan berpengaruh pada search engine. Untuk mengubahnya anda hanya perlu masuk ke Menu Post » Categories, klik Quick Edit dan Ganti nama dengan yang anda inginkan.

category uncategorized

Baca : Cara Hapus atau Rename Kategori Uncategorized WordPress

Back to Top

Langkah 4: Sesuaikan Judul Halaman & Meta Tags Dengan All in One Pack Plugin SEO

Secara default, WordPress akan menggunakan judul halaman atau posting sebagai judul tag HTML dan tidak ada setingan untuk meta tag deskripsi atau meta tag keyword. Ada beberapa plugin yang dapat membantu anda menyesuaikan tag ini, seperti plugin Yoast, namun, saya lebih suka menggunakan plugin All in One SEO SEO Pack pada beberapa situs saya.

all in one seo pack mengoptimalkan SEO wordpressSetelah anda menginstall plugin All in One SEO Pack akan ada menu baru, itu adalah menu untuk anda melakukan konfigurasi pada plugin tersebut. Seperti untuk menentukan judul halaman, meta description, dan meta keyword tag untuk situs anda secara khusus.

Mengatur Homepage settings all in one seo packUntuk Lebih jelasnya lagi silahkan baca tutorial saya yang membahas penggunaan All in One SEO

Baca : Tutorial Menggunakan All in One SEO Pack WordPress

Back to Top

Langkah 5: Memasukkan Daftar URL Ping Otomatis

cara update services ping wordpressPing pada wordpress berfungsi untuk mempercepat artikel anda untuk di index di berbagai mesin pencari, dan jika anda melakukan perubahan lagi pada artikel anda maka secara otomatis ping juga akan bekerja untuk memberitahukan sesuatu yang baru terjadi di situs anda. Hal ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan situs anda pada peringkat di pencarian. Untuk melakukannya anda perlu untuk mencopy daftar update service URL ping pada kolom update service. pada menu Settings » Writtings »Update Services

Baca : Daftar Update Services URL Ping WordPress

Back to Top

Langkah 6: Buat Gambar SEO Friendly

setting atribute title, atribute alt seoPencarian tidak hanya berfokus pada artikel saja, namun gambar juga harus anda optimasi. Untuk optimasi gambar atribute Title dan Alt harus anda isi, karena mesin pencari membaca alt atribute untuk menemukan gambar. Anda bisa menggunakan plugin SEO Friendly images untuk mengisi atribute Title dan Alt secara otomatis. Ini akan memudahkan anda jika lupa mengisi saat upload gambar. Anda bisa membaca artikel saya di tautan dibawah ini untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan plugin SEO Friendly Images.

Baca : SEO Friendly Images Plugin optimasi SEO Gambar wordpress

Back to Top

Langkah 7: Install Plugin XML Sitemaps

google xml sitemapsUntuk mendapatkan index pencarian yang lebih cepat, selain dengan cara ping diatas tadi anda juga harus memberikan crawler atau bot akses ke HTML dan XML Sitemaps. Saya sarankan plugin Google XML Sitemaps untuk menghasilkan peta situs XML.

Untuk melakukan setting pada plugin Google XML Sitemap tersebut sangatlah mudah, anda bisa membacanya pada artikel saya sebelumnya.

Baca : Pentingnya Plugin Google XML Sitemap WordPress

Setelah anda melakukan setup pada XML situs anda, anda bisa memasukkan sitemap tersebut pada webmaster tools terkenal milik google dan bing.

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster tools
Baca : Meningkatkan SEO dengan Bing Webmaster tools

Back to Top

Langkah 8: Google Analytics untuk WordPress

remove google analyticsGoogle analytics sangat penting untuk situs wordpress anda, karena dengan menggunakan google analytics anda bisa melihat pengunjung anda dan melihat apa kata kunci yang paling sering di gunakan pengunjung sehingga mendarat di situs anda. Google analytics setiap hari memberikan informasi kepada anda tentang lalu lintas situs. Anda bisa menganalisa kinerja situs anda melalui produk google gratis ini. Silahkan baca tautan dibawah ini untuk cara mendapatkan code google analytics dan penerapanya.

Baca : Cara Daftar dan Memasang google Analytics
Baca : Cara Menghapus Google Analytics Website

Back to Top

Langkah 9: Theme Responsif

Saat anda membangun situs anda sangat diharuskan untuk menggunakan Theme wordpress yang Responsive, entah itu anda menggunakan theme wordpress gratis atau mungkin anda membeli theme wordpress di Elegant Themes. Karena Theme responsive secara otomatis menyesuaikan berbagai macam layar dari pengguna, baik itu Dekstop, tablet maupun smartphone.

responsive theme wordpressGoogle menyarankan desain responsif untuk mendorong pengalaman online yang lebih baik (dan mereka akan memberikan dorongan dalam SERPs jika anda melakukannya). Google juga telah menguji tambahan pada SERPs. Ketika pengguna mencari di perangkat mobile, Google akan menampilkan ikon mobile menunjukkan kepada pencari bahwa situs tersebut adalah mobile friendly. Pastikan website anda menggunakan desain responsif.

Download: Download 100+ Theme wordpress Responsive Gratis

Back to Top

Langkah 10: Review & Optimalkan Code Theme

Setelah Anda telah memilih theme wordpress anda, sebaiknya anda juga melakukan test terhadap theme yang anda gunakan untuk optimasi SEO nya. Saya menggunakan add-on SEO Doctor Firefox  untuk melakukan cek terhadap theme yang saya gunakan. Hasilnya nanti dapat anda lihat seperti gambar dibawah ini.

SEO ScoreDiatas adalah hasil dari screenshot SEO Score dari centerklik. Dengan add ons Firefox ini, anda dengan cepat bisa mendapatkan laporan apa saja yang perlu anda perbaiki. Karena belum tentu theme dengan desain yang menakjubkan terbangun dengan SEO yang baik. Keselahan biasanya di tunjukkan dengan tanda merah, jika tanda sudah berubah menjadi hijau seperti di atas berarti theme seudah layak untuk anda pakai.

Back to Top

Langkah 11: Mengoptimalkan File Htaccess

Htaccess adalah set pertama dari kode server yang dibaca sebelum beban halaman web. Di sini anda dapat menentukan beberapa aturan. File ini sangat sensitif dan juga bisa mengakibatkan situs anda tidak bisa di akses jika anda melakukan kesalahan dalam kode, jadi hati-hati, backup dan tes.

Canonicalization: Pulih gunakan www atau non-www untuk URL anda

Pastikan bahwa website anda tidak dapat memuat kedua versi www dan versi non-www. Google akan menghitung setiap halaman web, meskipun mereka secara teknis sama, sebagai dua halaman yang berbeda dan memberikan hukuman situs anda sebagai duplikat konten. Anda bisa menggunakan salah satu versi dengan menambahkan beberapa baris kode di file htaccess.

www-non-www-wordpressMeningkatkan Kecepatan Situs dengan Caching File

 Tingkatkan kecepatan situs anda dengan mengurangi waktu membuka halaman. Modul open source server Apache HTTP ini secara otomatis berlaku praktek kinerja web terbaik ke halaman, dan terkait (CSS, JavaScript, gambar) .

Periksa server hosting yang anda gunakan, apakah mendukung mod_pagespeed ? dan jika iya, aktifkan. Dengan tambahkan kode berikut ke file tsb.

mod-pagespeed-htaccess-wordpress speed

Back to Top

Langkah 12: Mengoptimalkan file robots.txt Anda

robots txt wordpress seoCrawler atau bot akan memindai halaman web di situs anda untuk dimasukkan dalam indeks pencarian, tetapi mesin pencari akan memeriksa file robots.txt anda terlebih dahulu untuk mendapatkan petunjuk. User-agent: * menetapkan bahwa semua crawler dipersilakan.

Anda dapat membantu crawler mengetahui tentang semua halaman di situs anda dengan memberi tahu kepada mesin pencari di mana peta situs atau sitemap anda berada. Anda juga dapat memberitahu crawler mana saja halaman dan direktori yang tidak ingin dimasukkan dalam indeks pencarian.

Untuk melihat code robots.txt untuk mengoptimalkan SEO silahkan baca tautan dibawah ini.

Baca : Cara Optimalkan Robots.txt SEO Friendly WordPress

Back to Top

Diatas adalah beberapa Tips Optimasi SEO pada wordpress yang harus anda lakukan untuk situs anda, semoga artikel diatas membantu situs anda nangkring di page one mesin pencari. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Zed

    Mas, maaf oot ada tutorial cara mencantumkan sumber artikel ketika orang lain copy paste tulisan web kita (untuk web berbasis wp) gak? kalo belum di buatin dong mas saya udah cari susah juga, banyaknya blogger

  • nice artikel patut di coba nih thanks ya gan, sudah mau berbagi tentang cara optimasi, saya akan coba praktekan cara caranya secara bertahap
    jangan lupa kunjung balik jika bersedia ya gan

    • Silahkan gan, semoga tips nya bekerja dengan baik. 🙂

  • Komplit. Kalau baru mulai membuat blog langkah2 diatas harus diikuti sbg langkah awal.

  • gan saya masih stuck di nomor 11, itu bisa di jelasin lagi gak. soalnya udah cari” di google juga malah tambah bingung. terimakasih gan

    • untuk nomor 11 itu secara default sudah menggunakan non-www gan, jadi g perlu di rubah ke www, tp klo pengen merubah ke www caranya di tambahkan kode trsebut di file htaccess, baca artikel ini untuk edit htaccess : http://www.centerklik.com/cms/wordpress/cara-edit-htaccess-via-wordpress-dengan-wp-htaccess-editor/

  • Situs agan John Mamad sangat informatif buat saya yang sedang belajar membuat blog platform WP. Pertanyaan saya, apa pertimbangannya lebih suka memakai All in One Pack daripada Yoast? Sementara ditempat lain banyak yang merekomendasikan Yoast. Terima kasih gan..

    • ane suka all in one karena sederhana gan. gtu aj alasanya. klo mau makek seo by yoast ya bagus banget.

  • gunain copy scape gan.

  • jika gunain yoast bisa lihat di menu tools > file editor
    atau langsung lihat di folder root file wordpress di hosting agan

  • bisa menggunakan plugin Comments Evolved for WordPress

  • Rizaldi Maulidia Achmad

    Keren tutorialnya om. sangat bermanfaat. Terimakasih banyak.

Must Read...!
Theme WordPress Writr Minimalis Responsive Gratis

Writr adalah theme wordpress resposnive gratis yang di desain dengan gaya minimalis, konten berorientasi...

Tutorial Cara Menggunakan Content Lockers WordPress

Siapapun yang ingin sukses di bisnis online tentunya membutuhkan trafik yang besar yang berasal...

Close